WARGA DUKUNG PERGANTIAN NAMA JALAN BOGOR

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Wali Kota Medan Rahudman Harahap meninjau Jalan Bogor di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Medan Kota, Rabu (19/9) siang. Peninjauan dilakukan untuk meminta pendapat langsung  dari masyarakat sekitar terkait adanya permintaan agar Jalan Bogor  yang dulunya  bernama Jalan Tjong Yong Hian dikembalikan lagi namanya menjadi Jalan Tjong Yong Hian.

Ketika melakukan peninjauan, Wali Kota mendatangi sejumlah warga, terutama etnis Tionghoa yang bermukim dan membuka usaha di sepanjang Jalan Bogor.

“Sejumlah masyarakat yang kita minta pendapatnya tidak ada yang keberatan. Umumnya mereka, terutama warga Tionghoa,  sangat mendukung pergantian nama jalan tersebut. Inilah yang akan menjadi salah satu dasar kita untuk mengajukan kepada DPRD Medan. Mudaha-mudahan disetujui dewan,” kata Wali Kota.

Kemudian, Wali  Kota menjelaskan, usulan perubahan nama jalan ini terkait adanya usulan permintaan keluarga Tjong A fie yang merupakan abang kandung Tjong Yong Hian. Sebelumnya, Wali Kota pun telah meresmikan makam  Tjong Yong Hian di Jalan Kejaksaan Medan yang telah menjadi objek wisata.

Tjong Yong Hian, lanjut Wali Kota, berdasarkan sejarahnya merupakan tokoh masyarakat Tionghoa yang banyak berpartisipasi membangun hubungan antara etnis Tionghoa dengan warga pribumi. Selain itu pria berpangkat mayor yang hidup di era 1850-1911 ikut memajukan perekonomian Kota Medan.

“Untuk itu pihak kelurga berharap pengusulan pergantian nama Jalan Bogor  menjadi Jalan Tjong Yong Hian sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa yang telah dilakukan beliau,” ungkapnya.

Salah seorang warga Jalan Bogor yang mengaku bernama Hali, sangat mendukung pergantian nama itu. Walaupun tidak mengenal secarat detail sejarah Tjong Yong Hian, namun pria berdarah Tiong Hoa itu menilai pergantian nama jalan akan membuat nama-nama jalan di Kota Medan semakin bervariasi.

Ia pun meyakinkan pergantian nama jalan itu tidak akan mengganggu bisnis yang digelutinya. “jadi kita mendukungnya,” aku Halim.
sumber: medan.tribunnews

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

2 Responses to WARGA DUKUNG PERGANTIAN NAMA JALAN BOGOR

  1. Pingback: buy dmt bulk order

  2. Pingback: LSD blotters for sale in bulk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *