CALON HAJI EMBARKASI BATAM DIBEKALI ABON IKAN

Batam (ANTARA News) – Calon haji yang berangkat ke Makkah, Arab Saudi, dari Embarkasi Hang Nadim, Batam, mendapatkan bekal abon ikan yang dikemas dalam kotak plastik agar tahan lama.

“Tahun ini kami menyiapkan abon ikan yang sudah dikemas sedemikian rupa untuk 9.888 calon haji Embarkasi Batam,” kata Kepala Biro Kesejahteraan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Rakyat Dimyath di Batam, Kamis.

Menurut dia, pemerintah Kepulauan Riau menyiapkan dana Rp300 juta untuk pengadaan abon ikan bagi jamaah calon haji Provinsi Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat yang berangkat ke Tanah Suci melalui Embarkasi Batam.

“Pengadaan abon itu kami lelang juga,” kata Dimyath.

Ia mengatakan, pemerintah sengaja memilih bekal abon ikan karena identik dengan makanan laut asal Kepulauan Riau. Makanan itu diproduksi oleh usaha kecil menengah di wilayah itu.

Tahun sebelumnya, kata dia, pemerintah provinsi menyiapkan ikan bilis kering untuk bekal penganan calon haji. “Ternyata orang-orang tua kita tidak bisa makan ikan bilis… makanya tahun ini kami ganti menjadi abon ikan,” kata dia.

Selain memberi bekal makanan, ia menjelaskan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga memberikan bantuan dana untuk pelayanan domestik bagi calon haji yang berangkat dari Embarkasi Batam.

“Dana itu diberikan kepada jamaah calon haji untuk biaya bus, angkut barang, keamanan, biaya perhubungan dan makanan,” katanya.

Ia menambahkan total dana yang disediakan untuk membantu calon jemaah haji Rp2,03 miliar. “Itu juga termasuk untuk pengadaan Al Quran khusus untuk jamaah yang diberikan setelah para haji melaksanakan ibadahnya,” katanya.

Calon haji dari Provinsi Kalimantan Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau yang berangkat ke Tanah Suci melalui Embarkasi Hang Nadim, Batam, sebanyak 9.888 orang.(Ant)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to CALON HAJI EMBARKASI BATAM DIBEKALI ABON IKAN

  1. Pingback: click here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *