SERGAI LAKSANAKAN PROGRAM MINAPOLITAN

SERGAI – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mengembangkan program minapolitan perikanan berbasis tangkap dan budidaya.

“Program ini bertujuan mengembangkan kawasan ekonomi unggulan menjadi lebih produktif,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai Taufik Batara di Sei Rampah, hari ini.

Disebutkan, program minapolitan perikanan tangkap dipusatkan di Kecamatan Tanjung Beringin, sedangkan perikanan budidaya air tawar berpusat Kecamatan Perbaungan dan Kecamatan Tebing Tinggi.

Khusus untuk program minapolitan perikanan air payau diproyeksikan berpusat di Kecamatan Teluk Mengkudu.

Taufik mengatakan, program pengembangan kawasan minapolitan efektif meningkatkan penghasilan masyarakat pembudidaya ikan. “Melalui pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara optimal, berkelanjutan dan serta berwawasan lingkungan, Kita harapkan kesejahteraan masyarakat pembudidaya ikan akan lebih baik,” ujarnya.

Serdang Bedagai tahun 2012 merupakan satu-satunya kabupaten di Sumatera Utara yang melaksanakan program minapolitan perikanan berbasis budidaya.

Luas lahan produktif untuk budidaya perikanan di Serdang Bedagai saat ini mencapai 28 ribu hektare (Ha) lebih.

Namun lahan budidaya ikan tersebut masih belum dimanfaatkan secara optimal. Lahan budidaya ikan yang dimanfaatkan di daerah itu baru sekitar 8.258 Ha untuk budidaya ikan air tawar dan 6.292 Ha untuk pengembangan usaha ikan air payau.

Jenis ikan yang banyak dibudidayakan di daerah itu, antara lain ikan kerapu, kepiting, udang, gurami, ikan mas, ikan lele, ikan nila dan patin.

“Usaha budidaya ikan dapat memberi nilai tambah dalam peningkatan pendapatan masyarakat pembudidaya,” katanya.

Dikatakan, volume produksi ikan air tawar Serdang Bedagai mencapai 94 ribu ton lebih per tahun, sedangkan ikan air payau baru sekitar 17 ribu ton per tahun.

“Serdang Bedagai dengan panjang garis pantai sekitar 95 kilo meter sangat potensial untuk pengembangan usaha budidaya ikan melalui konsep minapolitan,” tambahnya.

Melalui konsep minapolitan, kata dia, pembangunan sektor kelautan dan perikanan dapat dilaksanakan secara terintegrasi, efisien, berkualitas, dan berakselerasi tinggi.
sumber: waspada

 

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

1 Response to SERGAI LAKSANAKAN PROGRAM MINAPOLITAN

  1. Pingback: Guns For Sale Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *