ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN PERLU PERATURAN DESA

LANGKAT–MICOM: Alih fungsi lahan pertanian di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, perlu dibuat peraturan desa, guna mengantisipasi agar lahan pertanian tetap terjaga, sehingga swasembada pangan dapat terus berkelanjutan.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat perlu mendorong desa untuk segera membuat peraturan desa, tentang alih fungsi lahan pertanian,” kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Langkat, Arbai Fauzan, di Stabat, Senin (17/9).

Ia mensinyalir alih fungsi lahan pertanian di Langkat, sungguh sangat menghawatirkan bila tidak ada peraturan desa, akan membawa dampak besar bagi ketahanan pangan di daerah ini, katanya.

Ada sekitar tiga persen alih fungsi lahan pertanian menjadi perkebunan kelapa sawit, perumahan maupun untuk diperuntukkan lainnya.

Akibatnya bisa berdampak, terutama semakin berkurangnya areal pertanian tanaman padi, palawija, maupun yang lainnya.

Untuk itu, ungkap Arbai Fauzan perlu dorongan dari pemerintah kabupaten Langkat, agar setiap desa membuat peraturan desa, agar lahan petanian ini tidak beralih fungsi.

Anggota DPRD Langkat dari Fraksi Partai Amanat Nasional itu menambahkan akan berakibat fatal bila daerah tidak benar-benar serius dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pada bahagian lain Arbai Fauzan juga menyoroti belum diterapkannya akumulasi penyusutan dan data base aset.

Padahal jelas tercantum PSAP nomor 07, tentang penghitungan aset ini sangat penting sehingga bisa tercatat di neraca, katanya.

Untuk itu dirinya berharap agar Pemkab Langkat, segera melengkapi data base, agar bisa menghitung nilai penyusutan aset tetap.

Sementara terpisah Ketua Penegak Amanat Reformasi Rakyat (PARRA) Sumatera Utara, Surkani berharap agar pemkab Langkat lebih serius menyelamatkan lahan-lahan tidur untuk diolah menjadi lahan pertanian baru.

“Banyak lahan tidur di Langkat yang bisa diolah untuk pembukaan lahan pertanian baru,” katanya.

Kejelian dan kecermatan Dinas Pertanian Langkat membuka lahan pertanian baru, akan memberikan kontribusi besar bagi peningkatan swasembada pangan, katanya. (Ant/Ol-3)
sumber: mediaindonesia

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

2 Responses to ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN PERLU PERATURAN DESA

  1. Pingback: http://thepsychedelics.net/

  2. Pingback: buying synthetic weed online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *