LANGKAT PERTAHANKAN SWASEMBADA DAGING

LANGKAT – Dinas Peternakan Kabupaten Langkat Sumatera Utara untuk tahun 2012 ini menargetkan 39.800 dosis Inseminasi Buatan (IB), yang akan dilakukan kepada sapi, lembu, untuk mempertahankan swasembada daging di Sumatera Utara.

“Kita targetkan 39.800 dosis inseminasi buatan,” kata Kepala Bidang Produksi Dinas Peternakan Langkat, Agustawan di Stabat, hari ini.

Disampaikannya bahwa target tersebut sangat realistis, karena potensi sapi, lembu yang ada cukup menjanjikan di Langkat ini, katanya.

Dari target yang ada itu, hingga Juli 2012 yang lalu, sudah dilakukan pelaksanaan inseminasi buatan ini mencapai 20.100 dosis.

Sedangkan jumlah betina yang sudah diinseminasi buatan mencapai 16.539 ekor, ungkap Agustawan. “Bila hasil inseminasi buatan ini membuahkan anak, maka produksi sapi, lembu Langkat, untuk tahun 2012 ini akan terus semakin meningkat,” ujarnya.

Selain bisa mempertahankan swasembada daging untuk Sumatera Utara, juga bisa meningkatkan pendapatan peternak itu sendiri. Dicontohkan Agustawan, bila sapi, lembu, hasil insiminasi buatan ini, waktu kecilnya saja, harganya bisa mencapai Rp4 – Rp5 juta per ekornya.

Jelas ini sangat menjanjikan buat peternak, karena berbiaya murah, dan petugas bisa langsung datang ke kandang ternak milik peternak, katanya.

Terobosan yang dilakukan intansi Dinas Peternakan Langkat ini juga dalam rangka menyahuti visi dan misi Bupati Langkat Haji Ngogesa Sitepu, untuk menjadikan Langkat menjadi sentra ternak di Sumatera Utara.

Menyangkut dengan kelahiran anak lembu, sapi, dari hasil inseminasi buatan ini, hingga sekarang sudah mencapai 11.394 ekor, dari target sekitar 18.500 ekor, katanya.

Kegiatan inseminasi buatan ini berada di 76 lokasi ternak yang ada yang tersebar di berbagai kecamatan, yang diharapkan pada tahun 2013 mendatang akan kembali berkembang diberbagai tempat lainnya.

Salah seorang petugas Inseminasi Buatan, Suriono yang dihubungi secara terpisah menjelaskan sangat berharap perhatian dari pemerintah Langkat, terhadap tugas-tugas mereka.

“Selama ini kami melakukan suntik inseminasi buatan ini ke berbagai kelompok ternak, dengan mempergunakan kenderaan sendiri,” katanya.

Dirinya sangat berharap agar ada kenderaan dinas, karena lokasi kelompok ternak sangat jauh di berbagai pelosok desa yang ada. Itu yang kami harapkan sekarang, kalau peralatan lainnya kami sudah miliki untuk bertugas dilapangan.
sumber: waspada

 

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

4 Responses to LANGKAT PERTAHANKAN SWASEMBADA DAGING

  1. Pingback: Fortune Games® Real Money Casino Slot Games Slots

  2. Pingback: buy golden teacher magic mushroom online for sale overnight delivery in usa canada uk australia

  3. Pingback: buy psilocybe cubensis online

  4. Pingback: casio replica sport watch w735h 1avdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *