PENGUSAHA WARNET MENGAKU DIPUNGLI OKNUM KOMINFO

MEDAN (Berita): Sejumlah pengusaha warung internet (Warnet) di Medan ‘menjerit’ karena disebutkan ada oknum Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Medan yang meminta Rp800 ribu sampai Rp1 juta untuk biaya pengurusan rekomendasi pengurusan izin warnet.

“Ada oknum Dinas Kominfo Medan, Boru Purba, yang mengutip dana dengan dalih untuk biaya rekomendasi pengurusan izin warnet. Awalnya dia meminta Rp750 ribu, tapi kemudian disepakati Rp650 ribu. Saya sudah kasih panjar Rp100 ribu ,” ujar salah seorang pengusaha warnet di P. Brayan  kepada wartawan, Kamis (13/9).

Dijelaskannya, sebagai pengusaha kecil, kutipan ini baginya sangat memberatkan. “Saya heran, warnet saya cuma 13 unit dan hasilnya juga alakadarnya. Tapi diperlakukan seperti ini. Padahal, saya tahu persis, ada warnet berkapasitas besar dengan 50 unit lebih, tapi dibiarkan. Ada pilih-kasih,” ujarnya.

Dia mengaku makin tidak habis pikir dengan kutipan ini, karena dia tahu rekomendasi pengurusan izin warnet, justru seharusnya tidak dikutip apa-apa. Karena, seharusnya, pengusaha warnet mau mengurus izin saja di tengah begitu banyaknya warnet tidak memiliki izin, ini seharusnya diapresiasi Pemko Medan.

“Kenyataannya, kami pengusaha kecil ini, justru seperti dipersulit. Kita mau mengikuti aturan dengan mengurus izin, juga seperti dipersulit dengan membebani kutipan yang sangat memberatkan begitu. Ini tidak benar, ini harus dihentikan. Keluhan ini juga dialami banyak pengusaha warnet di Medan,” ujarnya.

Ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kadiskominfo Medan Ir Zulkifli Sitepu membantah pihaknya melakukan kutipan pengurusan rekomendasi izin warnet. Namun, dia juga mengungkapkan, akan terus melakukan pembinaan kepada stafnya.

“Tidak benar ada pengutipan rekomendasi izin warnet. Kan, rekomendasi izin warnet ini memang gratis,” ujar Zulkifli Sitepu.

Namun dia mengungkapkan, saat razia, Dinas Kominfo butuh biaya untuk wartawan. “Kalau kita melakukan razia, kita butuh biaya untuk wartawan,” ujarnya.

Sejumlah wartawan di Pemko Medan yang dimintai komentarnya justru kaget luar biasa. “Kami tak pernah menerima uang dari Dinas Kominfo saat razia warnet,” ujar wartawan salah satu terbitan Medan yang berpos di Pemko. (irh)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

3 Responses to PENGUSAHA WARNET MENGAKU DIPUNGLI OKNUM KOMINFO

  1. Pingback: gitlab.tue.nl

  2. Pingback: high quality replica vintage submariner straps

  3. Pingback: Embedded Credit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *