CALON HAJI SUMUT LANSIA SEGERA LUNASI BPIH

Medan (Berita)  :   Kementerian Agama Wilayah Sumatera Utara memberi kesempatan bagi calon haji lanjut usia di daerah itu untuk segera melunasi biaya perjalanan ibadah haji tahun 2012, tahap ketiga yang  mulai dibuka, Rabu(12/09).

“para calon haji lanjut usia (lansia) hendaknya secepatnya melunasi biaya perjalanan haji (BPIH) dan jangan ditunda-tunda lagi, mengingat waktunya juga terbatas dan pendaftaran ditutup Jumat(14/9),” katanya di Medan.

Ia mengatakan bahwa calon haji lansia asal Sumut yang akan melunasi BPIH tersebut, menurut dia, hanya berjumlah sebanyak 46 orang, yakni 27 orang calon haji dan 23 orang pendamping.

Calon haji yang akan melunasi BPIH ke bank akan diberi surat pengantar dari Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

“Para calon haji lansia itu, minimal berusia 87 tahun. Namun ternyata ada calon haji lansia di Sumut yang diberikan kesempatan melunasi BPIH itu berusia maksimal 112 tahun,” ujarnya.

Rahman mengatakan, calon haji berusia 112 tahun itu, ada sebanyak tiga orang, yakni dua orang asal Medan dan satu orang lagi dari Kabupaten Asahan, katanya tanpa menyebutkan nama-nama mereka.

“Sebanyak 46 calon haji lansia yang diberi kesempatan melunasi BPIH itu, mereka telah lebih dahulu diberitahu Panitia Haji di kabupaten/kota,” ucap dia.

Dia menambahkan, calon haji lansia tersebut diperkenankan melunasi BPIH pada tahap ketiga, karena pada tahap kedua belum terpenuhi kuota dari Provinsi Sumut.

Bahkan, jelasnya, pada pelunasan BPIH tahap kedua itu, Jumat (7/9)  sebanyak 8.080 calon haji Sumut yang menyelesaikannya.

“Masih ada sekitar 150 orang calon haji Sumut yang belum melunasi BPIH tersebut,” ucap dia.

Pelunasan BPIH pada tahap kedua itu, dibuka Senin (3/9) dan ditutup Jumat (7/9).Sedangkan, pelunasan BPIH tahap pertama, Kamis (26/7) dan penutupan Jumat (31/8).

Jumlah calon haji Sumut tahun 2012 yang akan berangkat ke Mekkah sebanyak 8.234 orang terdiri atas 8.180 calon haji dan 54 petugas haji dan tim kesehatn.

Sedangkan, calon haji Sumut tahun 2011 yang berangkat ke tanah suci Mekkah, sebanyak 8.234 orang, jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan tahun 2010 sebanyak 8.330 orang.

Jumlah calon haji Sumut tahun 2010 yang berangkat ke Mekkah mencapai 8.330 orang, terdiri dari 8.240 orang calon haji dan 90  orang petugas haji dan tim kesehatan.(ant)
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to CALON HAJI SUMUT LANSIA SEGERA LUNASI BPIH

  1. Pingback: buy dmt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *