PRODUKSI PADI RAWANG PANCA ARGA CAPAI 7,5 TON PER HEKTARE

MedanBisnis – Kisaran. Produksi padi petani di Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan untuk masa panen Agustus-September 2012 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.
“Kalau sebelumnya produksi gabah petani hanya berkisar antara 5 ton-5,5 ton  per hektare, tetapi untuk panen Agustus-September tahun ini produksi gabah rata-rata naik menjadi 6,5 ton-7,5 ton per hektare,” kata Ketua Badan Permusyaratan Desa (BPD) Rawang Baru, Abdul Kahar Butarbutar, kepada MedanBisnis, Rabu (5/9).

Peningkatan produksi ini menurut dia, karena keseriusan dan komitmen dari Pemkab Asahan dalam memajukan sektor pertanian. Pembangunan yang telah direalisasikan Pemkab Asahan di daerah Rawang Baru yang memiliki lahan sawah seluas 600 hektare, di antaranya adalah pembangunan jalan usaha tani, pembangunan dam (pembagi air), tali air sekunder dan tali air tertier.

Selain itu ada juga pembangunan turap penahan tanah (TPT) jalan antardusun tahun 2011-2012 melalui dana PNPM dan CSR. “Dari pembangunan ini transportasi angkutan hasil petani langsung ke lokasi sawah dapat dilakukan sehingga harga padi bisa stabil,” jelas Kahar.

Pemkab Asahan juga, kata dia, telah menyalurkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani, seperti hard traktor, alat semprot, dan bibit unggul, sehingga lahan pertanian yang dikerjakan selalu tepat waktu serta bisa tanam serentak sehingga menekan perkembangan hama.(indra sikoembang)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to PRODUKSI PADI RAWANG PANCA ARGA CAPAI 7,5 TON PER HEKTARE

  1. Pingback: Vapes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *