75 TITIK API TERDETEKSI BERKOBAR DI SUMATRA

PADANG–MICOM: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang, Sumatra Barat, mendeteksi 75 titik api atau hospot berada di Pulau Sumatra.

“Berdasarkan pantauan kami, empat hari yang lalu terdapat 533 titik api. Namun sekarang terdeteksi 75 titik api berada di Sumatra,” kata Kasi Observarsi dan Informasi BMKG Ketaping Syarizal di Padang, Sabtu (8/9).

Menurutnya, titik api itu paling banyak terdapat di Provinsi Sumatra Selatan, Provinsi Jambi, serta Provinsi Lampung. Hanya sebagian titik api yang berada di Provinsi Riau, sementara di Sumbar belum terdeteksi berapa jumlah titik api tersebut.

Titik api yang berada di beberapa provinsi di Sumatra memicu terjadinya kabut asap hingga ke Sumatra barat (Sumbar). “Titik api itu diduga berasal dari kebakaran hutan atau aktivitas masyarakat yang sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan,” kata Syafrizal.

Ia mengatakan, kabut asap yang menyelimuti wilayah Kota Padang dirasakan sejak empat hari lalu dan merupakan kabut asap kiriman dari provinsi tetangga. “Kabut asap yang menyelimuti wilayah Kota Padang terpantau masih aman, pada siang maupun malam hari,” katanya.

Syafrizal mengatakan, hingga saat ini jarak pandang berkisar enam hingga delapan kilometer, atau masih aman untuk penerbangan, transportasi luat, muapun darat. (Ant/OL-01)
sumber: http://www.mediaindonesia.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

2 Responses to 75 TITIK API TERDETEKSI BERKOBAR DI SUMATRA

  1. Pingback: DevOps Consulting Service

  2. Pingback: Online casino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *