ATRAKSI BUDAYA SEMARAKKAN HARI JADI KABUPATEN TAPUT

Tarutung, Sumut ( Berita ) :  Pentas seni budaya dan berbagai atraksi olahraga tradisional akan menyemarakkan hari jadi ke-67 Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara, pada 5 Oktober 2012, guna menghibur masyarakat setempat.

“Kegiatan tersebut akan dimulai sejak 28 September hingga 7 Oktober 2012 dan akan diisi berbagai perlombaan seni budaya serta olah raga tradisional yang sudah jarang dipertandingkan,” kata Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Humisar Silalahi di Tarutung, Kamis [06/09]

Juru bicara Pemkab Taput itu menyebutkan, berbagai pertunjukan kesenian daerah dan  permainan rakyat, seperti “marjalengkat” dan “margala” (sejenis ketangkasan olahraga berkelompok bersifat gembira), merupakan aset budaya bangsa yang perlu digali dan ditumbuhkembangkan untuk kemudian dilestarikan.

Sebab, kata dia, atraksi budaya tradisional tersebut, juga sangat berpotensi untuk membantu meningkatkan kualitas jasmani bagi pelakunya, sehingga berbagai jenis olahraga yang dimiliki dengan keanekaragaman dimaksud memerlukan pengelolaan dan pembinaan yang serius.

Di samping itu, olahraga dan pentas seni budaya sangat berpotensi untuk dikembangkan dalam menarik minat para wisatawan yang berkait dengan industri pariwisata, sehingga pada  gilirannya akan dapat menambah devisa serta mengangkat nama bangsa di tingkat dunia.

Memang, kata dia, perlu adanya koordinasi dan sinkronisasi antara Pemerintah dan para pegiat budaya tardisional tersebut, sehingga diharapkan mampu memfasilitasi kegiatan lomba dengan melakukan standarisasi teknik olahraga tradisional yang berkembang di masyarakat hingga mempunyai peraturan permainan yang berlaku secara nasional.

Selain itu, kata Humisar, di sepanjang jalan protokol di Jalan Singamangaraja akan digelar pameran pembangunan dengan menampilkan berbagai produk unggulan, berupa hasil pertanian dan sejumlah industri kerajinan.

Kemudian, juga akan diselenggarakan pelayanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan golongan darah serta proses pengurusan akte perkawinan, Kartu Tanda Penduduk dan kartu keluarga secara gratis.

Menurut Humisar,  seluruh instansi terkait dari setiap kecamatan akan dilibatkan serta mengundang sejumlah Pemerintah Kabupaten Tetangga yang berdekatan.

“Bersama membangun Tapanuli Utara akan diangkat sebagai tema dalam memperingati hari jadi ke-67 Kabupaten berpenduduk sekitar 280.677 jiwa tersebut,” katanya.  (ant )
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

4 Responses to ATRAKSI BUDAYA SEMARAKKAN HARI JADI KABUPATEN TAPUT

  1. Pingback: replica rolex 16013

  2. Pingback: Glo Carts

  3. Pingback: buy grams of weed online

  4. Pingback: Pair Programming Best Practices

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *