AKTIF DI RUMAH, MENGURANGI RISIKO KANKER

Aktif melakukan berbagai pekerjaan rumah dapat mengurangi 13 persen risiko kanker payudara.

JAKARTA –  Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa aktivitas di rumah baik untuk kesehatan. Namun, peneliti menemukan bahwa perempuan yang menghabiskan enam jam sehari untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, jalan cepat, atau berkebun, 13 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker payudara. Ini dibandingkan dengan mereka yang tidak bergerak sama sekali.

Bahkan, hanya dua jam melakukan pekerjaan rumah tangga sudah dapat mengurangi delapan persen risiko kanker, mengutip Daily Mail, Selasa (4/9).

Studi yang yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer berdasarkan data dari European Prospective Investigation of Cancer ini menunjukkan, aktivitas fisik sedang adalah kunci untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Para peneliti yang didanai oleh Cancer Research, melihat tingkat aktivitas dan diet lebih dari 8.000 orang dengan kanker payudara, ini adalah studi sejenis yang terbesar.

Profesor Tim Key, epidemiologi di Cancer Research Inggris yang berbasis di University of Oxford, mengatakan: “Studi besar ini menyoroti lebih lanjut manfaat menjadi aktif – bahkan dalam jumlah sedang. Ada juga banyak bukti bahwa olahraga mengurangi risiko kanker usus. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk jenis kanker  lain, dan untuk menyelidiki mekanisme yang bisa menjelaskan hubungan ini.”

Pemerintah Inggris menganjurkan warganya melakukan aktivitas fisik sedang 150 menit seminggu, seperti jalan cepat. Tapi, hanya 39 persen pria dan 29 persen perempuan yang melakukan saran ini.

Penelitian sebelumnya memperkirakan lebih dari tiga persen kasus kanker payudara, lima persen lebih kanker usus besar, dan sekitar empat persen kanker rahim di Inggris pada 2010 ada kaitan dengan orang orang yang melakukan aktivitas fisik kurang dari 150 menit, setidaknya aktivitas dengan intesitas fisik sedang per minggu.

Menurut Sara Hiom, Direktur Informasi Cancer Research UK, mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi alkohol masih tetap dua cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker payudara. ”Menjadi aktif jelas dapat pula berperan – tapi, tidak memakan biaya dan waktu yang terlalu banyak.”

Anda tidak perlu untuk berlatih seperti atlet Olimpiade, kata Hiom,  Tetapi, lanjut dia, kegembiaraan menonton tim Inggris membawa pulang begitu banyak medali emas mungkin telah mengilhami sebagian dari kita untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di sofa. Apalagi, penelitian ini menegaskan, olahraga yang mencakup apa pun, yang membuat Anda sedikit terengah-engah seperti berkebun, berjalan dengan anjing atau pekerjaan rumah tangga, bermanfaat untuk mencegah kanker.

Perubahan kecil dalam rutinitas harian Anda, ucap Hiom, dapat bermanfaat. Sebut saja, menaiki tangga, bukan lift atau berjalan kaki ke kantor, sekolah, atau toko-toko dan menambahkan aktivitas lain selama seminggu.

‘Tetap aktif dapat membantu mencegah lebih dari 3.000 kasus kanker di Inggris setiap tahun, dan memiliki efek positif terhadap kesehatan Anda.”
sumber : http://www.shnews.co

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

2 Responses to AKTIF DI RUMAH, MENGURANGI RISIKO KANKER

  1. Pingback: Replica rolex ladies datejust price watches

  2. Pingback: Pair Programming in Software Engineering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *