RIBUAN WARGA TAPSEL DEMO PERUSAHAAN TAMBANG EMAS

Medan-andalas Aksi demonstrasi kembali dilakukan warga Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), terhadap perusahaan tambang G Resource, Selasa (4/9). Mereka menentang rencana pembuangan limbah perusahaan itu ke sungai.

Masyarakat yang berjumlah sekitar 1.000 orang, mulai mendatangi kawasan lokasi penanaman pipa pembuangan limbah perusahaan itu yang berada Pulo Godang, Kecamatan Batang Toru sejak pagi. Warga 11 desa dari Kecamatan Muara Batang Toru itu datang dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan.

Kedatangan mereka dimaksudkan untuk menggagalkan rencana pemasangan jaringan pipa pembuangan limbah G Resource, perusahaan penambangan emas yang beroperasi di wilayah tersebut. Pipa-pipa paralon ukuran besar itu mengarah ke Sungai Batang Toru, yang merupakan urat nadi kehidupan warga.

“Kita tidak ingin sungai ini dicemari limbah,” kata Segar Pardede, warga Mabang 1, salah seorang warga yang ikut dalam demo.

Aksi yang mendapat kawalan sejumlah aparat kepolisian ini, nyaris ricuh saat warga berusaha membakar pipa-pipa tersebut. Aksi saling dorong dengan polisi tak terhindarkan. Beruntung massa akhirnya mengurungkan niatnya, dan memilih mundur setelah diperoleh kepastian tidak ada pemasangan pipa pada hari itu.

“Kemungkinan besok massa akan datang lagi ke lokasi dengan jumlah yang lebih banyak jika penanaman pipa limbah itu tetap dilakukan,” kata Pardede.

Aksi penentangan terhadap perusahaan penambangan ini sudah beberapa kali dilakukan warga. Pada 12 Juni lalu, aksi demo itu diwarnai dengan aksi pembakaran mobil dan pipa limbah yang akan dipasang.(Dtc)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

3 Responses to RIBUAN WARGA TAPSEL DEMO PERUSAHAAN TAMBANG EMAS

  1. Pingback: order lsd blotters

  2. Pingback: Smart Money: The Online Gambling Industry – The Next Best Investment Frontier?

  3. Pingback: order micro dose magic mushroom online for sale overnight delivery in usa canada uk australia cheap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *