PENGANGGURAN DI LANGKAT CAPAI 42.424 ORANG

LANGKAT – Data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi langkat, Sumatera Utara, menyebutkan bahwa jumlah pengangguran akibat ketiadaan lapangan kerja di daerah setempat tercatat 42.424 orang.

“Hingga Agustus 2012, jumlah pengangguran tercatat ada 42.424 orang,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Syaiful Abdi di Stabat, hari ini.

Sementara jumlah angkatan kerja mencapai 232.294 orang, yang tersebar di 23 kecamatan yang ada dari mulai Bahorok hingga ke Pematang Jaya.

Syaiful Abdi juga menjelaskan bahwa untuk tahun 2011 yang lalu, jumlah pencari kerja yang terdaftar ada sekitar 1.966 orang.

Bila dilihat dari karakteristik pencari kerja yang terdaftar masih di dominasi lulusan SMA mencapai 1.224 orang

Kadisnakertrans juga mengungkapkan bahwa jumlah penempatan antar kerja lokal sekarang ini ada 49 orang, antar kerja antar daerah ada 78 orang dan antar kerja antar negara ada sekitar 633 orang.

Minimnya jumlah penempatan antar kerja lokal yang terdaftar ini karena sulitnya menghasilkan enaga kerja yang terampil, atau tenaga yang siap pakai yang berkualitas untuk dapat memasuki pangsa kerja, katanya.

Hal itu disebabkan sarana da prasarana yang ada di biang pelatihan masih memakai sarana yang ada, yang usianya sudah cukup lama mencapai 26 tahun.

Untuk itulah, agar tenaga kerja Langkat bisa terampil, perlu revitalisasi peralatan dan pelatihan, sehingga dapat menghasilkan pencari kerja yang siap pakai di masa mendatang.

Sementara untuk pembinaan perusahaan dari kecelakan kerja, dari waktu ke waktu terjadi peningkatan. Untuk tahun 2012 ini ada 43 perusahaan yang mendapatkan penghargaan zero accident (kecelakaan nihil), yang merupakan perusahaan terbanyak se kabupaten dan kota yang ada di Indonesia ini.

Sehingga Bupati Langkat Haji Ngogesa Sitepu menerima penghargaan peringkat sau nasional sebagai pembina keselamatan dan kesehatan kerja, yang diberikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar baru-baru ini di Jakarta, katanya.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to PENGANGGURAN DI LANGKAT CAPAI 42.424 ORANG

  1. Pingback: Alrasheed University College |rasheed|alrasheed college

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *