11 UNIT BANGUNAN DI MARELAN DIBONGKAR

MEDAN – Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan  membongkar  5 unit  bangunan rumah toko  (ruko) di Jalan Platina Raya Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan.  Selain tidak memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB), kelima bangunan itu  terbukti melanggar roilen.

Menurut Kabid  Pemanfaatan dan Tata Ruang Dinas TRTB, Ali Tohar,   pihaknya tidak dapat mentolerir tindakan pemilik bangunan. Meski sudah diperingati  atas pelanggaran yang telah dilakukan namun pemilik bangunan  tidak menanggapinya. “Untuk itu  kita tidak ada kompromi lagi, pembongkaran harus dilakukan,” kata Ali  Tohar, hari ini.

Apalagi tindakan pemilik bangunan,  jelasnya, cukup berani. Dari 6 unit bangunan yang dibangun, hanya 1 unit saja memiliki SIMB.  Sudah itu  5 unit bangunan  yang dibangun tanpa SIMB, juga melanggar roilen jalan.  Untuk jalan Platina  Raya, roilen yang dilanggar lebih kurang 8 meter. Sedangkan roilen Jalan Platina VIII/A  yang dilanggar sekitar 6 meter.

Karenanya, Ali Tohar didampingi Kasi Pengawasan  Darwin begitu tiba di lokasi langsung memerintahkan anggotanya melakukan pembongkaran. Seperti biasa  pembongkaran melibatkan sejumlah instansi terkait didukung petugas Polseklta dan Koramil setempat. Dengan menggunakan martil besar, dinding dan  kusen kelima unit bangunan itu pun dirubuhkan.

Proses pembongkaran berjalan dengan lancar. Baik pemilik maupun pemborong bangunan tidak berupaya menghalang-halangi proses  pembongkaran.  Tampaknya mereka menyadari atas pelanggaran yang telah dilakukan. Kondisi ini tentunya memudahkan petugas dalam rangka menegakkan perda No.9 Tahun 2002 tentang Izin mendirikan Bangunan.

Setelah dinding dan kusen  jendela dirubuhkan, barulah Ali Tohar memerintahkan anggotannya  untuk menghentikan proses pembongkaran.  Sebelum meninggalkan lokasi,  dia minta pembangunan dihentikan. Kemudian, Ali tohar me-warning agar kelima unit bangunan yang baru dibongkar tidak diperkenankan dibangun kembali.

“Kelima bangunan  itu terbukti melanggar  roilen Jalan Platina Raya dan  Jalan Platina VIII/A. Di samping itu juga melanggar jalur hijau sehingga tak mungkin Dinas TRTB mengeluarkan izin meski pemilik bangunan mengurusnya. Untuk itu kita akan terus mengawasinya. Jika pemilik bangunan ngotot membangun kembali, kita  pastikan langsung  dibongkar,” tegasnya seraya menambahkan pembongkaran yang dilakukan hari itu merupakan yang kedua kalinya.

Tak jauh dari  lokasi pembongkaran ini, Dinas TRTB juga membongkar 6 unit bangunan rumah toko di Jalan Rahmat Budin Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan. Keenam unit bangunan itu berada di dua lokasi yang saling berhadap-hadapan. Tiga unit bangunan pertama yang dibongkar karena terbukti melanggar roilen Jalan Rahmat Budin lebih kurang 13 meter. Sedangkan 3 unit lagi dibongkar akibat dibangun tanpa menggunakan SIMB.  Dalam pembongkaran itu, petugas merubuhkan dinding dan kusen  keenam bangunan tersebut.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to 11 UNIT BANGUNAN DI MARELAN DIBONGKAR

  1. Pingback: Fortune Games® Real Money Casino Slot Games Slots

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *