WISATA AIR AVROS – BALAIKOTA

MEDAN (Berita): Pemko Medan dalam waktu dekat melalui Dinas Bina Marga akan mengeruk Sungai Deli.  Pengerukan itu rencananya akan dimulai dari kawasan Avros di Kecamatan Medan Polonia  sampai seputaran Balai Kota Medan.  Selain langkah antisipasi  terjadinya banjir, pengerukan ini juga dilakukan dalam rangka menjadikan  kawasan  itu sebagai wisata air.

Rencana pengerukan ini disampaikan Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM ketika menerima audiensi pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut di Balaikota Medan, Kamis (30/8). “Salah satu upaya untuk mengantisipasi banjir, Sungai Deli akan kita keruk. Kita rencanakan pengerukan itu dimulai dari kawasan Avros sampai Balaikota,” kata Rahudman.

Menurut Walikota, salah satu pemicu terjadinya banjir selama ini karena sejumlah sungai  yang mengaliri  Kota Medan, termasuk Sungai Deli  mengalami pendangkalan akibat terjadinya sendimentasi. Kondisi itu menyebabkan apabila terjadi hujan deras, sungai tidak mampu lagi menampung debit air  sehingga meluap dan menggenangi rumah warga.

“Untuk itu kita lakukan pengerukan. Walaupun  sebenarnya ini wewenang  Balai Wilayah Sungai (BWS)  namun berhubung menyangkut kepentingan masyarakat, maka kita lakukan pengerukan. Apalagi BWS  tidak memiliki peralatan pengerukan seperti yang kita miliki saat ini. Sebagai langkah awal, pengerukan kita mulai dari Avros sampai Balaikota dulu,” ungkapnya.

Dengan dua unit ponton (alat pengerukan) yang dimiliki Dinas Bina Marga, Walikota optimis proses pengerukan akan berjalan lancar. Sekali keruk, lumpur maupun tanah yang diangkut  sampai satu pick-up.  Karenanya, pendangkalan yang terjadi sepanjang  jalur  Avros sampai Balaikota bisa diatasi. “Semoga pengerukan yang kita lakukan nanti mampu mengantisipasi banjir,” harapnya.

Setelah dilakukan pengerukan, Walikota ingin menjadikan jalur Avros sampai Balai Kota sebagai lokasi wisata air. Hal ini didukung dengan air Sungai Deli yang kini mulai terlihat bersih. “Di Thailand aja, air sungainya  yang terlihat busuk masih bisa digunakan  untuk wisata air.  Jadi saya yakin kalau kawasan  Avros sampai  Balaikota dijadikan wisata air pasti  menarik perhatian warga,” paparnya optimis.

Apalagi, Walikota  pernah menelusuri alur Sungai Deli mulai dari Avros sampai Balaikota menggunakan perahu karet. Selama penelurusuran, banyak pemandangan menarik yang bisa dilihat.  Hanya saja untuk menjadikannya sebagai lokasi wisata air, tidak cukup hanya dilakukan pengerukan. Sampah-sampah yang ada di dalam maupun pinggiran sungai harus dibersihkan sehingga pemandangan yang dinikmati lebih menarik.

“Untuk itu kawasan Avros  akan kita jadikan tempat warga untuk memulai mengarungi Sungai Deli dan berahir di kawasan Balaikota. Supaya lebih menarik lagi, saya berencana akan menambah beberapa fasilitas sehingga warga  benar-benar merasa terpuaskan. Karenanya, saya harapkan dukungan penuh dari seluruh masyarakat untuk mewujudkannya.
Keinginan Wali Kota  mendapat dukungan penuh dari  PMI Sumut. Zulkifli selaku sekretaris bersama dua pengurus lainnya menyatakan kesiapan untuk membersihkan Sungai Deli. “Kita siap mendukungnya dengan ikut membersihkan Sungai Deli. Apalagi kita memiliki orang-orang terlatih,” ungkap Zulkifli. (irh)
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to WISATA AIR AVROS – BALAIKOTA

  1. Pingback: psilocybe cubensis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *