2014, POLISI DITEMPATKAN DI 70.403 DESA

PONTIANAK – Pemerintah menargetkan seluruh desa di Indonesia akan ditempatkan minimal satu personel anggota polisi, dan pada 2014 target ini sudah harus tercapai. Dari 70.403 desa di seluruh Indonesia, ada 1.776 di antaranya berada di Provinsi Kalimantan Barat.

Hal itu dikemukakan Kepala Bagian Pemeliharaan Keamanan Polri Komisaris Jenderal Imam Sujarwo dalam pencanangan program satu polisi di satu desa di tingkat Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, di Auditorium Universitas Tanjungpura, Pontianak, Rabu (7/12).

Polisi yang ditempatkan di seluruh desa tersebut berstatus Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), demi memberikan rasa aman bagi masyarakat. “Di tingkat desa atau kelurahan, basis kejahatan terjadi. Kalau di tingkat desa atau kelurahan sudah aman, akan aman seluruh Indonesia,” ujar Imam.

Setelah pencanangan program itu, acara dilanjutkan dengan sarasehan yang diikuti Babinkamtibmas, Babinsa, kepala desa, dan lurah di wilayah Kalimantan Barat.

Imam mengingatkan, sebisa mungkin kejahatan kecil bisa diselesaikan secara musyawarah di tingkat desa atau lurah. “Kasihan kalau hanya kejahatan kecil lalu harus ke pengadilan. Kalau bisa diselesaikan secara musyawarah. Sudah ada contoh,” ujarnya.

Imam mengaku sudah melihat contohnya di Bekasi, Jawa Barat. Itu karena Babinkamtibmas secara proaktif bersosialisasi dengan masyarakat. Ada seorang Babinkamtibmas, kata Imam, yang sudah mengunjungi semua rumah di wilayahnya, 3.000-an rumah. Itu patut dicontoh.

‚ÄúSetelah saya telusuri, tingkat kejahatan di wilayah itu menurun drastis. Saat ini sekitar 56 persen desa di Indonesia telah ditempatkan personel polisi,” ujar Imam.
sumber: http://www.sinarharapan.co.id

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

4 Responses to 2014, POLISI DITEMPATKAN DI 70.403 DESA

  1. Pingback: vice city market url

  2. Pingback: a reliable dmt pharmaceutical

  3. Pingback: dried magic mushrooms

  4. Pingback: https://lewebmag.com/community/profile/robertevalenzuela/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *