BANJIRNYA PRODUK HORTIKULTURA IMPOR HARUS DISIKAPI DENGAN CERMAT

MedanBisnis – Berastagi. Sekretaris Asosiasi Pedagang dan Eksportir Sumatera Utara (Sumut) Joy Harlim Sinuhaji mengatakan, dari sisi perdagangan masuknya beberapa produk pertanian luar negeri ke Sumut seperti kentang, jeruk, cabai, bawang merah, bawang putih dan bawang bombai, harus bisa disikapi dengan cermat.
“Jika produk pertanian dari negara Cina, Korea, Pakistan, dan Thailand itu bisa masuk ke tempat kita, maka produk kita juga harus bisa masuk ke negara mereka. Bagaimana caranya, ini yang harus kita pelajari,” kata Joy kepada MedanBisnis, Selasa (29/11) di Berastagi.

Joy yang juga eksportir ini mengatakan, tahun-tahun sebelumnya ada tiga kota di luar negeri yang menjadi tujuan hasil pertanian dari Sumatera, seperti Penang, Kuala Lumpur dan Singapura. Namun, terlepas dari itu produk Tanah Karo tetap menjadi unggulan. “Saya berkeyakinan, bila petani bijak menghasilkan produk yang berkualitas, maka semua negara di Asia ini bisa kita terobos untuk memasarkan produk-produk hortikultura unggulan kita,” jelasnya.

Joy melihat, masuknya produk luar itu, bisa menjadi motivasi bagi petani untuk bisa menghasilkan produk yang lebih baik lagi, bukan malah menyesali masuknya produk-produk tersebut. “Saya berharap pemerintah bisa lebih cepat lagi membenahi infrasutruktur yang memadai, terutama kondisi di pelabuhan. Karena selama ini yang menjadi keluhan kita adalah lamanya produksi pertanian kita sampai kepada pembeli,” ungkap Joy Harlim Sinuhaji. (edi Sofyan)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to BANJIRNYA PRODUK HORTIKULTURA IMPOR HARUS DISIKAPI DENGAN CERMAT

  1. Pingback: click this site

  2. Pingback: opioid medicine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *