ANTISIPASI SERANGAN HAMA, PETANI LAKUKAN TANAM SERENTAK

MedanBisnis – Panyabungan. Melihat curah hujan yang masih tinggi saat ini, sejumlah petani di Aek Matondang Desa Pintu Padang Julu, Pintu Padang Jae Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melakukan tanam serentak. Tanam serentak ini juga untuk menghindari serangan hama.
Darma Nasution, salah seorang anggota Kelompok Tani Makmur di areal pertanian Aek Matondang, Kamis (24/11) mengatakan, selama ini mereka banyak mendapat pengarahan dari pe_tugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) agar melakukan tanam serentak. “Salah satu keuntungan tanam serentak ini untuk menghindari serangan hama,” jelasnya.

Selain musim tanam, kata dia, mereka juga telah melakukan tanam legowo seperti yang dianjurkan oleh Dinas Pertanian serta memakai bibit unggul varietes yang dijagokan saat ini. “Kami telah banyak menyerap ilmu moderen terhadap tata cara penanaman padi hingga masa perawatan sampai nanti tiba masa panen agar hasilnya memuaskan,” sebutkan Darma.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Madina, Taufik Zulhendra Ritonga kepada MedanBisnis mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap sejumlah petani padi untuk melakukan tanam serentak untuk menghindari hama yang selama ini menggangu tanaman.“Kalau kita melakukan penyemprotan pestisida kepada tanaman yang tidak melakukan tanam serentak akan terjadi perpindahan hama yang akan meyerang tanaman lainnya.” jelasnya.

Taufik juga mengharapkan peran aktif sejumlah UPT Pertanian yang ada di daerah masing-masing untuk melakukan sejumlah kegiatan programnya dalam rangka meningkatkan hasil pertanian. “Kita juga memacu penyuluh pertanian lapangan agar tidak hanya duduk di kedai kopi dan memantau dari jarak jauh sebab hal tersebut tidak memaksimalkan hasil capaian yang diharapkan,” ujarnya.PPL kata dia, sebagai garda terdepan untuk melakukan sosialisasi pertanian mulai dari masa tanam, perawatan, pasca panen, hingga pemasaran. PPL harus lebih mengenali wilayahnya dan selalu terjun langsung ke lapangan untuk melihat dari petak ke petak pertanian masyarakat. ( henri)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to ANTISIPASI SERANGAN HAMA, PETANI LAKUKAN TANAM SERENTAK

  1. Pingback: psilocybe cubensis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *