HARGA MEMBAIK, KLUET TIMUR SENTRA PRODUKSI KAKAO

Tapaktuan, (Analisa). Harga komoditi coklat (kakao) di Aceh Selatan dalam beberapa pekan terakhir ini semakin membaik hingga mencapai Rp23 ribu s/d Rp24 ribu/kg. Tetapi, harga biji kakao tersebut akan kembali berfluktuasi selain disebabkan oleh proses produksi yang belum bagus, harga juga masih ditentukan para penampung yang sengaja menjemput “bola” ke kawasan sentra produksi.
Komoditi dominan yang dijual petani dalam kondisi basah (80 persen), berkisar antara Rp18 Ribu s/d Rp20.000/Kg. Menurut petani di Kluet Timur Aceh Selatan, kenaikan harga kakao ini memberikan kegembiraan bagi mereka. Pasalnya, hasil produksi seluruhnya dapat tertampung dengan harga yang lumayan.

Semula harga coklat petani di Acerh Selatan, sangat rendah sehingga ketika kenaikan harga beberapa pekan terakhir sangat gembira dan berharap kondisi ini terus bertahan. “Semakin baik harganya, semakin optimis kami mengelola kebun coklat yang rata-rata sudah berbuah,” ujar sejumlah petani.

Data diperole Analisa dari Kantor Dinas Perdagangan UKM dan Koperasi Aceh Selatan, harga kakao sedang “boming”, sehingga para petani giat mengusahakan tanamannya. “Harga komoditi kakao, pinang, pala dan nilam saat ini relatif baik, dimana Kluet Timur sebagai sentra prosduksi dengan hampir semua petani setempat memiliki kebun coklat.

Kluet Timur, disebut sebagai sentra produksi kakao di Aceh Selatan karena baik luas lahan maupun produksinya jauh lebih banyak dibanding dengan kecamatan lain. Tidak kurang 5.000-an ha kebun coklat terdapat di kecamatan yang memiliki sebanyak 9 gampong itu, terutama di Lawesawah dan Pucuk Lembang. Selain kakao, Kluet Timur juga dikenal sebagai pemasok pisang barangan.

Di sebuah kawasan sentra produksi Gampong Lawesawah, dilaporkan pemuda setempat yang berjumlah 30-an orang, semua memiliki kebun coklat yang mampu menghasilkan ratusan ribu rupiah/minggu. “Jumlah terbesar hasil produksi coklat di Aceh Selatan adalah Kluet Timur sehingga perlu mendapat perhatian dari Pemkab,” ujar Rasyidin. (m)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to HARGA MEMBAIK, KLUET TIMUR SENTRA PRODUKSI KAKAO

  1. Pingback: Buy Glo Extracts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *