NELAYAN DAPAT AGUNKAN KAPAL KE BANK

MedanBisnis – Jakarta. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan aset kapal perikanan akhirnya dapat menjadi agunan tambahan bagi nelayan untuk memperoleh kredit dari perbankan.
Agunan kapal ini telah berlaku di samping agunan bagi nelayan yang sebelumnya yakni Sertifikat Hak Atas Tanah (SeHAT) nelayan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif Cicip Sutardjo mengemukakannya dalam sambutannya pada workshop prospek pembiayaan industri perikanan tangkap di Gedung BI, Jakarta, Rabu (26/10).”Kita akhirnya telah merintis penjaminan aset kapal perikanan sebagai agunan tambahan. Sebelumnya, kapal perikanan merupakan aset yang tidak dapat diterima sebagai agunan oleh perbankan,” ungkapnya.

Cicip menjelaskan bagi usaha penangkapan ikan pembiayaan formal masih sangat sulit diakses. Hal ini, sambungnya, disebabkan oleh kurangnya informasi yang diperoleh perbankan terkait usaha penangkapan ikan sehingga menimbulkan image usaha penangkapan sebagai usaha risiko tinggi.”Di samping itu keterbatasan informasi mengenai skim pembiayaan mengakibatkan pelaku usaha menganggap prosedur perbankan rumit,” jelas Cicip.

Menurut Cicip, sulitnya akses pembiayaan formal oleh pelaku usaha penangkapan ikan utamanya disebabkan oleh keterbatasan penyediaan agunan tambahan dari pelaku usaha penangkapan ikan.”Pada akhirnya Dirjen Perikanan Tangkap menginisiasi pelaksanaan program SeHAT. Dengan program ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan legalitas aset tanah,” terangnya.

Sekarang, katanya, aset kapal perikanan sebagai agunan tambahan. Namun, Cicip menjelaskan berdasarkan peraturan BI maka kapal perikanan berukuran 20 M3 (Meter Kubik) atau setara dengan 5 GT yang diikat hipotek secara regulasi sah untuk dijadikan agunan tambahan. “Dengan persyaratan bahwa kapal tersebut telah dilindungi asuransi dengan Banker”s Clause,” jelas Cicip.

Cicip mengharapkan melalui inisiasi maka diharapkan akan bermuara pada terciptanya kemandirian dari aspek pembiayaan serta terlepas dari pinjaman dengan bunga tinggi dari para pelepas uang, mengingat masih banyak nelayan yang mendapatkan pembiayaan dari pemodal setempat alias “lintah darat” ketimbang industri perbankan. (dtf)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

4 Responses to NELAYAN DAPAT AGUNKAN KAPAL KE BANK

  1. Pingback: Pink Runtz

  2. Pingback: buy ketamin powder online for sale overnight delivery in usa canada uk australia cheap legally

  3. Pingback: psychedelic online store

  4. Pingback: dumps cc sites

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *