MASKAPAI DELAY WAJIB BAYAR KOMPENSASI RP 300.000

MedanBisnis – Medan. Terhitung sejak 1 November 2011,   pemerintah telah menerapkan Keputusan Menteri (Kemen) Perhubungan No 77 Tahun 2011 tentang Asuransi Keterlambatan, Bagasi Hilang serta Kecelakaan.
Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilyah II, Razali Abubakar mengemukakannya kepada MedanBisnis saat dijumpai di VIP Room Polonia Medan, Senin (24/10). Menurutnya, dengan diberlakukannya KM tersebut maka pihak maskapai harus benar-benar memberikan pelayanan sebaik mungkin seperti halnya permasalahan delay dan bagasi hilang yang selama ini kerap terjadi.

“Sekarang tidak bisa main-main lagi, kalau terus saja melakukan pelanggaran seperti delay lebih dari empat jam, maskapai bisa bangkrut gara-gara harus membayar uang ganti rugi sebesar Rp 300.000 kepada tiap penumpang. Belum lagi dispensasi yang harus dikeluarkan sesuai dengan KM No 25 Tahun 2008,” ujar Razali.

Dia mengatakan, sejauh ini sosialisasi terhadap KM Perhub No 77 Tahun 2011 itu telah diberikan kepada pihak maskapai. Artinya, pihak maskapai harus benar-benar menekankan tanggung jawab pengangkut udara terhadap penumpang, termasuk keterlambatan, bagasi tercatat yang hilang atau rusak, hingga asuransi penumpang yang meninggal, luka-luka dan cacat tetap.

Sedangkan bagasi tercatat yang hilang, katanya, maskapai harus memberikan ganti rugi Rp 200 ribu per kilogram, maksimum Rp 4 juta. Sedangkan untuk kargo yang hilang, pengangkut wajib memberikan ganti rugi sebesar Rp 100.000 per kilogram, dan untuk kargo yang rusak wajib diberikan ganti rugi sebesar Rp 50.000 per kilogram.”Kalau ada penumpang meninggal ganti ruginya Rp 1,25 miliar. Kalau dulu kan tidak jelas. Sekarang minimumnya segitu. Dulu kan kecil dan tidak lengkap (asuransinya), sekarang kita lengkapi termasuk soal bagasi,” ujarnya. (irvan sugito)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

4 Responses to MASKAPAI DELAY WAJIB BAYAR KOMPENSASI RP 300.000

  1. Pingback: mail order weed online with worldwide shipping

  2. Pingback: buy weed online

  3. Pingback: replica cheap louboutin shoes replica

  4. Pingback: change strap panerai replica radiomir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *