18. GUNUNG SIBAYAK

Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung kecil yang masih aktif di Kabupaten Karo dengan ketinggian 2.212 meter (7.257 kaki), yang menghadap ke kota Berastagi, yang berlokasi di Garis Lintang 3° 12′ 0″ U dan Garis Bujur 98° 31′ 0″ T yang berjarak sekitar  58 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari arah Barat Daya kota Medan  ke kota Berastagi. Bagi mereka yang  ingin mendaki gunung Sibayak yang terletak didataran tinggi Karo dengan ketinggian yang keadaan puncaknya yang sudah porak poranda karena letusan di masa lalu ini bisa dicapai dari dua tempat yaitu: dari desa Raja Berneh (Semangat Gunung) dan dari daerah Penatapen tersebut di atas.Untuk mendaki gunung Sibayak diperlukan waktu lebih kurang 3 jam perjalanan dari Penatapen dan selama perjalanan kita bisa menikmati pemandangan dan kekayaan alam yang indah di pegunungan hutan lindung tersebut baik flora maupun fauna di sekitar hutan tersebut.

Gunung Sibayak merupakan gunung merapi yang masih aktif, dan mempunyai kawah yang cukup landai untuk dituruni dan tampak tidak terlalu berbahaya asalkan jangan terlalu dekat. Gunung ini tidak begitu sulit untuk didaki bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Seperti halnya Gunung Gede di Jawa Barat, gunung ini selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki lokal dimalam minggu.

Mereka biasanya mulai mendaki sekitar jam 02.00 dini hari untuk  mendapatkan pemandangan matahari terbit dipuncak gunung ini. Dari puncak gunung ini kita bisa menyaksikan pemandangan kota Medan di kejauhan.

Faktor kondensasi di gunung ini sangat tinggi yang menyebabkan seringnya terlihat kabut yang bergerombol didaerah puncak.Dinding kawah pada sisi puncak gunung Sibayak ini akan dapat mendengarkan suara ledakan gas suphur dari lubang angin/gas yang terlihat kecil dari atas sini, lubang ventilasi gas tersebut sebenarnya besar tapi itulah gunung merapi. Gunung Sibayak terakhir kali meletus pada tahun 1881 sehingga puncak kawah sekarang agak rata dan berantakan, tapi anda bisa melihat secara historical bagaimana lava-lava itu pernah mengalir disini. Gunung ini adalah salah satu gunung yang paling mudah untuk diakses di Indonesia, jadi jika anda mencintai gunung berapi, pergilah kesini dan lihatlah.

This entry was posted in Informasi Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

4 Responses to 18. GUNUNG SIBAYAK

  1. I like this short article quite much, wish you can compose more about this.

  2. Pingback: genuine online pharmacy

  3. Pingback: Fortune games

  4. Pingback: track mobile location by imei number

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *