TIPS MEMILIH COKLAT TERBAIK

Coklat? Siapa yang tak suka? Produk pangan olahan ini kerap dipakai untuk pelengkap berbagai kudapan. Kue, roti, pastry, milkshake, atau olesan roti tawar sekalipun, akan semakin yummy bila ditambahkan coklat. Coklat juga bisa langsung dikonsumsi.
Coklat berdasarkan kandungan yang digunakan dipilah menjadi dua yaitu real chocolate (couverture chocolate) dan compound chocolate. Real chocolate menggunakan cocoa liquor (cocoa massa) dan cocoa butter. Sedangkan untuk compound chocolate menggunakan cocoa powder dan cocoa butter subtitute. Melihat ingredients yang digunakan, tentu saja real chocolate (couverture chocolate) lebih mahal dibandingkan dengan compound chocolate. Cara sederhana untuk kita mengenali coklat hanya dari melihat label adalah dengan melihat komposisinya. Selanjutnya coklat juga ada yang dinamakan handmade chocolates dan juga homemade chocolates.

Apabila menggunakan cocoa liquor dan cocoa butter dapat dikatakan coklat tersebut adalah real chocolate sedangkan apabila komposisinya tertulis cocoa powder dan cocoa butter subtitute (palm oil/fat), dapat dikatakan coklat tersebut adalah compound chocolate. Untuk bakery, umumnya mereka lebih menyukai jenis compound chocolate, karena pengerjaannya lebih mudah terutama untuk keperluan cetak ulang yang tidak memerlukan kondisi ruangan khusus. Jadi dengan begitu nyaris semua baking chocolate termasuk dalam compound chocolate. Industri coklat berkembang pesat. Ada yang homemade chocolates, di sisi lain terdapat handmade chocolates.

Dari segi penggunaannya, coklat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu eating chocolate (umumnya dijual untuk langsung dimakan, tanpa harus ditambahkan ke produk lainnya) dan baking chocolate (umumnya dijual untuk diaplikasikan ke produk lainnya, misalnya untuk roti, kue, biskuit, dekorasi, dan lain sebagainya).

Untuk memilih baking chocolate secara profesional dan bernilai tambah serta menentramkan umat, hendaknya dipilih baking chocolate yang memikliki kualitas prima. Kualitas di sini tentu saja kualitas yang sesuai dengan harapan pelanggan. Bicara mengenai kualitas, biasanya kita harus merelakan sedikit tambahan harga untuk membayar nilai terantar yang lebih tinggi. Kemudian pilihlah bakin chocolate yang memudahkan kita dalam mengaplikasikannya di produk. Pilihlah coklat yang bernilai tambah, misal coklat yang mengandung vitamin E dan tidak mengandung bahan tambahan yang tidak diperbolehkan. Selain itu untuk menentramkan umat, pilihlah coklat yang telah berlabel halal. (kamissore.blogsport)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Citarasa. Bookmark the permalink.

1 Response to TIPS MEMILIH COKLAT TERBAIK

  1. Pingback: Alrasheed University College |rasheed|alrasheed college

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *