GIGI TANGGAL KINI BISA DITUMBUHKAN LAGI

APAKAH gigi Anda sudah ada yang tanggal atau memakai gigi palsu? Kini ada terobosan baru yang bisa membantu kita mendapatkan kembali gigi secara alami. Untuk pertama kalinya, ilmuwan dari Tokyo University of Science telah berhasil menemukan metode menumbuhkan gigi dari sel induk.

Tak seperti gigi palsu, gigi buatan ini mirip sekali dengan dengan yang asli karena sensitif terhadap rasa sakit dan bisa mengunyah makanan. Meskipun baru berhasil diterapkan pada tikus, terobosan ini bisa membuka jalan bagi mereka yang kehilangan gigi karena membusuk atau cedera.

Dua jenis sel induk, yang mengandung semua zat untuk membentuk gigi, dicampur bersama-sama dan ditumbuhkan di laboratorium dengan campuran bahan kimia dan vitamin. Setelah itu, dimulailah transformasinya.

Setelah lima hari, terbentuklah benih gigi kecil. Gigi muda itu kemudian ditempatkan dalam kotak yang terbuat dari plastik khusus yang ditempatkan di dalam tubuh tikus. Kotak itu memiliki akses ke cairan dan sinyal kimia yang dibutuhkan untuk perkambangan gigi lebih lanjut.

Selama 60 hari berikutnya, setelah terbentuk sempurna, gigi kemudian dikelurakan dari kotak lalu ditransplantasikan ke tulang rahang tikus. Enam minggu kemudian, gigi itu menyatu dengan tulang rahang.

Gigi ini memiliki hampir semua komponen gigi normal, termasuk enamel, mahkota dan akar, serta serat penghubung ke tulang. Gigi buatan ini juga berfungsi penuh dan tak memiliki masalah dalam menggigit dan makan makanan apa pun setelah transplantasi, jelas Masamitsu Oshima, asisten profesor di Institut Penelitian Sains dan Teknologi, Universitas Sains Tokyo, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (13/7). Hasil studi ini pun telah dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE edisi Juli 2011. (Pri/OL-06)
sumber: http://www.mediaindonesia.com

This entry was posted in Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *