PERTUMBUHAN PDB LEBIH DISEBABKAN KENAIKAN HARGA KOMODITAS

Jakarta, (Analisa) : Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) M Said Didu menyatakan, tingginya pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia saat ini lebih disebabkan kenaikan harga komoditas, bukan karena nilai tambah ekonomi, karena itu sangat rawan.

“Perbandingan data antara PDB Indonesia 2005-2008 atas dasar nilai sekarang dan nilai konstan menunjukkan itu,” kata Said Didu pada Rapat Pimpinan Nasional PII 2011 yang juga dihadiri Wakil Ketua Dewan Penasihat PII yang juga Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Jakarta, Rabu (20/7).

Pertumbuhan ekonomi yang berdasarkan komoditas primer, lanjut dia, justru hanya memberi nilai tambah kepada orang lain karena ketika mengekspor komoditas mentah untuk diproses negara lain menjadi barang jadi, Indonesia harus kembali mengimpornya dengan harga yang jauh lebih mahal.

“Pertumbuhan ekonomi yang berdasarkan komoditas primer juga sangat berbahaya karena sangat mudah terguncang oleh situasi dunia, berbeda dengan pertumbuhan ekonomi yang berbasis pada manufaktur yang kuat,” katanya.

Karena itu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, ujarnya, PII mengusulkan lima agenda, yakni menata ulang strategi pembangunan nasional, memantapkan kebijakan jangka panjang di bidang infrastruktur, energi dan pangan.

Juga meningkatkan jumlah dan kualitas SDM iptek dan percepatan penguasaan teknologi, penyempurnaan indikator pembangunan nasional dan menyelesaikan perangkat hukum profesi insinyur, ujarnya.

Laporan dan prediksi banyak lembaga asing misalnya The Economist, kata Said Didu, PDB Indonesia tahun ini akan mencapai 806 miliar dolar AS yang menempatkan Indonesia sebagai kekuatan 16 besar ekonomi dunia, dengan PDB per kapita 3.280 dolar AS.

Sementara itu, Ketua Dewan Pakar PII Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, saat ini Indonesia adalah negara yang paling diminati untuk investasi khususnya yang bersifat jangka panjang.

Kuntoro juga menegaskan, meski dunia perpolitikan Indonesia sangat gaduh, ternyata tidak berpengaruh pada kondisi ekonomi Indonesia yang terus tumbuh. “Ini menunjukkan negara yang sudah dewasa di mana kegaduhan politik tak berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi,” katanya. (Ant)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to PERTUMBUHAN PDB LEBIH DISEBABKAN KENAIKAN HARGA KOMODITAS

  1. Pingback: กล่องอาหาร

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *