KESADARAN MASYARAKAT MERAWAT GIGI MASIH RENDAH

[PONTIANAK] Kesadaran masyarakat Kalbar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut masih sangat rendah. Pada hal jika gigi kita tidak sehat atau rusak, akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh khususnya pencernaan.

Hal itu dikatakan Ngatman staf ahli  Gubernur Kalbar kepada wartawan usia pembukaan Musda ke III persaturan perawat gigi Indonesia (PPGI) cabang Kalbar Jumat (8/7).

Ia mengatakan, kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dijaga. Sementara kesadaran masyarakat untuk menjaga atau merawat kesehatan gigi dan mulut sangat rendah, hal ini dapat kita lihat jumlah masyarakat yang menggunakan gigi palsu dan yang mengalami kerusakan gigi.

Pada umumnya masyarakat datang ke dokter gigi atau tenaga kesehatan yang merawat gigi ketika giginya sakit. Jika giginya tidak sakit maka masyarakat tidak akan datang ke perawat gigi atau dokter gigi.

Seharusnya perawatan gigi dan mulut ini harus dilakukan secara terus menerus dari usia anak hingga dewasa. Sehingga kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga dengan baik.

Untuk itu diharapkan perawat gigi dapat mensosialisasikan kepada masyarakat agar melakukan perawatan gigi dan mulut secara berkala atau terus menerus. Sebab kondisi ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat secara umum.   Ia menambahkan, perawat gigi merupakan satu profesi dalam bidang kesehatan yang artinya perawat gigi adalah tenaga kesehatan yang profesional. Oleh sebab itu perawat gigi harus didukung dengan kemampuan dan pengetahuan teoritis tentang keperawatan gigi.

Terdidik dan terlatih dalam menghadapi masalah dan melakukan tindakan yang berkaitan dengan keperawatan gigi. Dalam melaksanakan tugasnya, hendaknya tidak melampaui kewenangan yang dimiliki.

Selanjutnya perawat gigi juga diharapkan dapat menerapkan misi pelayanan  untuk kepentingan orang banyak. Serta melaksanakan standar profesi sebagai batasan aktifitas dan kode etik sebagai batasan moral.

Untuk itu diharapkan persaturan perawat gigi dapat  bekerjasama  dengan pemerintah mensosialisasikan kepada masyarakat tentang perlunya kesehatan gigi dan mulut. Dengan sosialisasi itu diharapkkan tingkat  kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatahn akan mengalami pengingkatan. [146]
sumber: http://www.suarapembaruan.com

This entry was posted in Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *