KETELA BERPOTENSI SEBAGAI BAGIAN KETAHANAN PANGAN INDONESIA

YOGYAKARTA–MICOM: Ketela adalah bahan pangan lokal yang berpotensi menjadi bagian dari ketahanan pangan Indonesia. Negara tidak perlu lagi menggantungkan pangan dari luar negeri seperti yang terjadi selama ini.

“Indonesia adalah negara yang sangat subur dan kaya sehingga memiliki bahan pangan yang sangat bervariasi dan seharusnya tidak perlu melakukan impor bahan pangan lain, seperti beras, gula, bahkan daging sapi, dan produk susu lainnya,” kata Ketua Panitia FestiAll Tela Firmansyah Budi, di sela-sela pembukaan festival yang baru digelar untuk pertama kalinya tersebut di Yogyakarta, Minggu (17/7).

Menurut dia, impor berbagai bahan pangan yang sebenarnya dapat dipenuhi oleh Indonesia tersebut sangat memprihatinkan sehingga perlu gerakan bersama-sama dari seluruh elemen masyarakat untuk lebih mengutamakan pemanfaatan bahan pangan lokal.

Ia mengatakan ketela adalah bahan pangan yang ketersediaannya sangat melimpah sehingga bisa diolah menjadi berbagai macam produk olahan.

“Ketela seharusnya bisa menjadi bahan pangan yang berkelas dunia. Ketela juga bisa diolah sehingga menjadi makanan yang menarik. Di sini saja, ada lebih dari 200 jenis makanan yang ditampilkan,” katanya.

Festival Tela tersebut juga mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri) karena menampilkan 445 jenis makanan dari ketela, yaitu 209 jenis makanan dari Cokro Tela Cake dan 236 macam hasil olahan makanan yang ditampilkan oleh peserta festival.

Berbagai jenis bahan makanan yang dapat dihasilkan oleh ketela adalah es krim, nastar, keripik, cendol, dan juga makanan kering lainnya.

“Dari festival ini, ada istilah untuk ‘mendem’ ketela yang dalam bahasa Jawa bisa berarti dua hal, yaitu menanam atau mabuk ketela. Harapannya, masyarakat akan lebih mencintai ketela sekaligus memberdayakannya,” katanya. (Ant/OL-10)
sumber: http://www.mediaindonesia.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *