ANAK CACAT MENTAL HARUS DIPERHATIKAN

MEDAN – Gaya hidup modern yang merasuki masyarakat tidak selalu memberi imbas positif. Alih-alih menjaga keseimbangan hidup, pola tersebut mulai mengancam kesehatan generasi penerus bangsa, anak-anak.

Demikian dituturkan konsultan Yayasan Anak Kita (Yakita), Dhini Nasution, menanggapi kasus kelainan mental anak yang cenderung meningkat.

“Sebenarnya tidak cuma anak-anak, bahkan mereka yang berusia dewasa juga rentan mengidap kelainan tersebut. Ini dapat diketahui dari emosi yang sulit dikendalikan, daya ingat yang tidak tajam serta turunnya tingkat konsentrasi,” terang Dhini, menambahkan bahwa kelainan ini menjadi subjek perhatian disiplin ilmu Neuroscience Behavior.

Meskipun masalah kesehatan ini berpulang dari bijak tidaknya masyarakat menjalani pola hidupnya, pemerintah hendaknya dapat mengambil peran. “Dengan tidak lelah memberi penyuluhan bahwa makanan panas yang dibungkus plastik beresiko merusak kesehatan,” ujar Dhini, sore ini.

Menurutnya, hasil studi menunjukkan imbas kelainan mental dan tingkah laku didominasi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang dibungkus plastik. “Akibatnya, zat beracun semisal Mercury pun turut masuk ke dalam tubuh.”

Dia menganjurkan, pemerintah dan dinas terkait dapat melakukan aksi penyuluhan agar mengurangi pola makan yang tidak baik ini, atau dapat mengimbanginya dengan asupan vitamin dan gizi yang mencukupi.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas kota Medan, Edwin Effendy, mengakui kasus kelainan mental anak juga menanjak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kasus ini memang telah menjadi perhatian Dinkes kota Medan,” sahut Edwin, sore ini. “Sejauh ini, upaya yang dapat kita lakukan ialah menggelar penyuluhan bagi masyarakat agar dapat menanggulanginya secara bijak.”

Dalam catatannya, agenda penyuluhan telah dilaksanakan ke sejumlah sekolah, organisasi masyarakat dan juga langsung menyasar kalangan keluarga.

“Fokus utamanya adalah agar masyarakat bijak dalam melakoni gaya hidup yang berkenaan dengan makanan, perilaku dan lingkungan,” pungkasnya.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to ANAK CACAT MENTAL HARUS DIPERHATIKAN

  1. Pingback: journey inspirational quotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *