CABAI MERAH NAIK DI SIDIKALANG

Dalam tempo sepekan, harga cabai merah di Sidikalang naik dari Rp3.000/kg menjadi Rp5.000/kg.Kecenderungan ini membuktikan kebenaran prediksi bahwa menjelang bulan Ramadan, harga cabai yang merupakan formula esensial dari tatanan bumbu dapur, itu akan mengalami kenaikan seperti lazim terjadi.

Menurut pantauan wartawan, Selasa, (12/7) di Sidikalang, perselisihan cabai merah terbilang mencukupi, namun kenaikan harga sebagaimana diakui para pedagang disebabkan oleh meningkatnya harga beli.Peningkatan harga beli ini diiringi pula dengan jumlah pasokan yang berkurang dibanding sebelumnya, kata Sartika Br Capah, seorang pedagang cabai di pasar Sidikalang.

Hal senada diakui para pedagang lainnya dengan menambahkan bahwa kenaikan terjadi sepanjang sepekan terakhir secara berangsur dibarengi dengan kian berkurangnya pasokan. Sebelum cabai merah diakui masih bisa dijual dengan harga berkisar dari Rp3.000-Rp4.000/kg.

Meskipun begitu sampai hari ini persediaan masih dalam batas mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, kata pedagang lainnya, kecuali para pedagang dengan asumsi ini memperkirakan bahwa harga cabai bakal terus naik.

Trauma Petani Cabai

Menurut keterangan yang dihimpun, kenaikan harga cabai merah juga terjadi di pasar-pasar kecamatan sebagai rentetan daripada kecenderungan menurunnya produksi setelah beberapa bulan yang lalu harga cabai merah betul-betul anjlok mencapai Rp2.000-Rp3.000/kg. Situasi buruk ini menimbulkan trauma para petani sehingga gairah menanam cabai menurun, ujar Biker Sihombing, Cirus Silalahi dan beberapa petani cabai di Desa Kalang Dairi, Selasa, (12/7).
sumber: http://medan.jurnas.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to CABAI MERAH NAIK DI SIDIKALANG

  1. Pingback: cheap watches replica brand name

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *