ASTAGA ! TERNYATA PEMBUNUH ALDI SIBARANI AYAHNYA SENDIRI

SiantarNews|Humbahas-Misteri kematian Aldi Sibarani (10), yang jasadnya ditemukan di Desa Aeklung, Kec Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan (Humbahas) Jumat (17/2/2017) lalu terungkap sudah. Aldi ternyata tewas setelah dianiaya ayahnya sendiri, Mangasa Sibarani.

Mangasa sudah diamankan sejak Senin (20/2/2017) dan ditetapkan sebagai tersangka esok harinya. Sementara, Aldi diyakini sudah meregang nyawa sejak Minggu (12/2/2017) atau lima hari sebelum mayatnya ditemukan.

Kapolres Humbahas AKBP Nicholas Lilipaly menjelaskan, pelaku kesal dengan anaknya yang disuruh membeli rokok ke warung, namun tak kunjung pulang.

“Saat itu korban diyakini pelaku sempat bermain-main dengan temannya hingga tak kunjung pulang,” kata Nicholas dalam siaran persnya di Mako Polres Humbang, Rabu (22/2/2017) pagi.

Kemudian, kata Nicholas, pelaku bersama anak bungsunya menyusul ke warung tempat korban membeli rokok dengan mengendarai sepeda motor yang dipinjam dari tetangga.

“Saat itu pelaku tidak menemukan anaknya, sementara pemilik warung mengaku jika korban telah pulang dan membawa rokok yang dibeli,” ujar Nicholas.

Setelah pelaku pulang dan mengembalikan sepeda motor tetangganya, pelaku bersama anak bungsunya mencari Aldi dengan menggunakan angkotnya.

Saat di tengah jalan sekira 500 meter dari rumahnya, pelaku menyakini Aldi bersembunyi di semak pinggir jalan. Namun saat angkot pelaku melintas, tiba-tiba Aldi keluar dari semak-semak dan sempat terserempet angkot bapaknya.

Lokasi itu sepi dari pemukiman warga. Pelaku kemudian memarkirkan angkotnya dan pergi ke belakang angkot dan mendapati jika ternyata itu adalah anaknya.

“Pelaku lalu bertanya kenapa korban tak kunjung pulang, saat itu pelaku sudah emosi ditambah beban pikiran kecemburuan terhadap istrinya,” ujarnya.

Pelaku lalu meninju kepala dan mencekik leher korban hingga beberapa kali dan korban akhirnya tersungkur dan duduk tersandar ke bagian belakang angkot.

Lalu apa yang terjadi?

Belum puas, pelaku lalu membenturkan kepala korban ke bagian bumper mobil yang terbuat dari besi. “Pelaku masih terus menendangi bagian perut korban,” ujarnya.

Usai menendang perut korban beberapa kali, pelaku lalu tersadar dan buru-buru membawa korban ke Pos Kesdes, sekira 300 meter dari lokasi.

Sampai di Pos Kesdes, pelaku lalu memutar angkotnya dan berniat menurunkan korban.

“Namun saat masih di dalam angkot, pelaku memegang nadi korban dan tidak merasakan denyut nadinya lagi,” ujarnya.

Curiga jika anaknya sudah meninggal, pelaku lalu membakar rokok yang dibeli anaknya dan menyulut api rokok itu ke tangan kanan dan kiri korban. Namun, saat itu, korban tak lagi bereaksi.

Pelaku yang yakin jika anaknya sudah meninggal lalu panik. Dia kemudian menggendong korban di depan sementara anak bungsunya digendong di belakang.

“Pelaku lalu membawa korban ke semak-semak dan menyembunyikan korban di semak sekira 200 meter dari pemukiman warga,” ujarnya. (Snw-Btgl)
sumber: siantarnews

Posted in Berita | Leave a comment

JUAL SENJATA KE SAUDI, KROASIA RAUP UNTUNG

[ZAGREB] Kroasia telah meraup keuntungan besar selama puluhan tahun dari penjualan senjata dan amunisi ke Arab Saudi. Penjualan dan pengiriman senjata yang diselewengkan ke Suriah itu tetap berlangsung meskipun melanggar hukum internasional dan Uni Eropa. Saudi bahkan tercatat menjadi importir senjata kedua terbesar di dunia pada tahun 2016.

Seperti dilaporkan situs globalresearch, Selasa (21/2), meskipun memiliki salah satu peralatan militer terbaik dan paling mahal di Timur Tengah, Arab Saudi mengimpor amunisi, peluru, mortir senilai US$ 81,7 juta. Persenjataan lain yang dimpor adalah roket dan peluncur granat senilai US$ 5,8 juta sejak 2016.

Jumlah transaksi ekspor Kroasia ke Arab Saudi itu berlipat ganda selama empat tahun-tahun sebelumnya. Bahkan nilai akhirnya mungkin akan lebih tinggi, karena angka untuk kuartal terakhir belum dipublikasikan.

“Hal ini sangat mungkin bahwa ekspor berasal dari amunisi tua. Mungkin dari persediaan logistik bekas Yugoslavia dan produksi Blok Timur,” kata Igor Tabak, analis pertahanan Kroasia,yang menegaskan bahwa Kroasia tidak memproduksi amunisi, baru-baru ini.

Sementara Kroasia telah secara konsisten menolak untuk mengakui bahwa mereka mengambil keuntungan dari melikuidasi logistik lama di medan perang Suriah, dokumen kementerian pertahanan yang diperiksa oleh Jaringan Pemberitaan Investigasi Balkan (BIRN) dan Proyek Pemberitaaan Korupsi dan Kejahatan Terorganisasi (OCCRP) menunjukkan lonjakan besar dalam penjualan dari persediaan yang bertepatan dengan dimulainya perang sipil Suriah pada tahun 2012.

Menurut laporan tersebut, Kementerian Pertahanan, yang memiliki cadangan sekitar 18.000 ton, menjual setidaknya 5.000 ton surplus amunisi pada tahun 2013 dan 2014. Jumlah aunisi sebanyak itu juga telah dijual dalam dekade sebelumnya.

Departemen Pertahanan Kroasia tidak menanggapi permintaan untuk informasi tambahan pembelian persenjataan dan apakah penjualan tambahan terjadi pada tahun 2015 dan 2016. Namun Kroasia adalah salah satu negara pertama untuk memasok senjata kepada pemberontak Suriah pada musim dingin 2012. Menurut penyelidikan 2013 oleh New York Times, pengiriman itu dialihkan melalui Yordania dengan dukungan logistik dari CIA dan dibayar oleh Arab Saudi. [globalreseacrh/U-5]
sumber: sp.beritasatu

Posted in Berita | Leave a comment

DIDUGA HASIL KORUPSI, KANTOR DPC DEMOKRAT MADIUN DISITA KPK

Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah tanah dan bangunan yang diduga hasil tindak pidana korupsi yang dilakukan Wali Kota Madiun, Bambang Irianto.

Jubir KPK, Febri Diansyah membenarkan adanya penyitaan sejumlah aset ini. Penyitaan tersebut, kata Febri, terkait penyidikan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Bambang sebagai tersangka. “Ada sejumlah tanah dan bangunan yang kita sita hari ini. Penyitaan terkait dengan penyidikan TPPU,” kata Febri saat dikonfirmasi, Rabu, (22/2).

Berdasar informasi, sejumlah tanah dan bangunan yang disita di antaranya, Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Madiun di Jalan A. Yani, Madiun; tanah, bangunan, dan tempat usaha seperti peternakan dan kebun di Jalan Tanjung Raya; serta aset lainnya. Disinggung mengenai hal ini, Febri masih enggan menjelaskan aset-aset Bambang yang disita. Febri berjanji akan segera menyampaikan dalam konferensi pers. “Kami akan update segera,” katanya.

Sebelumnya, KPK telah menyita sejumlah uang milik Bambang yang disimpan di sejumlah rekening di BTPN, Bank Madiun, dan BTN. Meski belum diketahui jumlahnya, uang tersebut disita penyidik dengan mentransfernya ke rekening penampungan KPK. Tak hanya itu, KPK juga sudah menyita empat unit mobil yang terdiri dari Hummer, Mini Cooper, Range Rover, dan Jeep Wrangler dari rumah dinas Wali Kota Madiun, rumah pribadi Bambang Irianto dan anak Bambang.

Diketahui, Bambang telah dijerat dalam tiga kasus berbeda. Terakhir, Bambang ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU), Jumat (17/2). Dalam kasus ini, Bambang diduga telah menempatkan, mentransferkan, mengalihkan, menghibahkan, membawa keluar negeri, atau perbuatan lain terhadap harta kekayaan yang dimilikinya untuk menyamarkan asal-usul pengalihan hak kepemilikan yang diduga hasil korupsi. Atas tindak pidana yang diduga dilakukannya, Bambang dijerat dengan Pasal 3 dan atau Pasal 4 Undang-undang nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU.

Sebelumnya, Bambang telah menyandang status tersangka kasus dugaan korupsi turut serta dalam proyek pengadaan atau menerima hadiah atau janji terkait pembangunan Pasar Besar Madiun yang menelan anggaran sekitar Rp 76,5 miliar. Dalam kasus ini, BI dijerat Pasal 12 huruf i atau Pasal 12B atau Pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Tak hanya itu, Bambang juga menjadi tersangka dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi sebesar Rp 50 miliar. Uang yang berasal dari sejumlah SKPD, dan pengusaha ini diterima Bambang sehubungan dengan jabatannya, atau berlawanan dengan tugasnya sebagai Wali Kota Madiun periode 2009-2014 dan 2014-2019. Untuk kasus ini, Bambang dijerat dengan Pasal 12B UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
sumber: beritasatu

Posted in Berita | Leave a comment

KPU FOKUSKAN AKURASI DATA PEMILIH DI PILKADA DKI PUTARAN KEDUA

Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Rizkiyansyah, menegaskan, KPU Pusat dan KPU DKI Jakarta berkomitmen untuk menyediakan data pemilih yang akurat pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang berpotensi berlangsung dua putaran. Dengan data pemilih yang akurat, semua orang yang berhak memilih bisa menggunakan hak pilihnya.

“Ya, kemarin kita koordinasi dengan KPU DKI dan ada beberapa poin dibahas pertama soal daftar pemilih, komitmen kita data pemilih akurat sehingga nantinya DPT pilgub plus DPTb, plus orang yang berhak memilih tapi tidak bisa memilih pada hari H, plus pemilih berumur 17 tahun dan yang menggunakan surat keterangan, seluruhnya kita gabungkan,” ujar Ferry di Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (22/2).

Selain itu, kata Ferry, KPU juga akan melakukan rasionalisasi data pemilih dan pembersihan data pemilih sehingga orang yang sudah meninggal atau sudah pindah alamat dikeluarkan dari DPT. KPU juga, kata dia akan fokus melakukan pendataan di daerah yang pada saat pemuktahiran data dulu tidak maksimal, seperti di apartemen dan rumah mewah.

“Kita juga berharap profaktif masyarakat, tidak bisa dong tanpa ada partisipasi. Jadi dalam tahapannya itu menginformasikan kepada publik ini DPS putaran kedua, baru nanti dikritisi oleh masyarakat, nanti setelah itu baru bisa ditetapkan sebagai DPT,” ungkap dia.

Pada putaran kedua ini, lanjut Ferry, tidak ada lagi pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih ke lapangan. KPU, kata dia, hanya melakukan setengah pemuktahiran data pemilih karena waktunya tidak sampai satu bulan.

“Ini hanya mengkompilasi data yang ada termasuk tadi data yang belum terdaftar. Termasuk kita berharap sentra apartemen dan setidaknya mengecek-lah ke web kita bahwa itu ada atau tidak. Kalau tidak, kan harus segera direspon ke petugas PPS kita,” tambahnya.
sumber: beritasatu

Posted in Berita | Leave a comment

AHOK MINTA KENDALI PINTU AIR DAN POMPA AIR DISERAHKAN KE DKI

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) merencanakan akan meminta seluruh pintu air dan pompa air yang ada di Jakarta dapat dikendalikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Karena, selama ini, sebagian pompa air dan pintu air dikendalikan oleh Badan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

“Kita lagi bilang ke BBWSCC, tolong pintu air dan dan pompa semuanya, kami kendalikan saja,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (22/2).

Alasannya mengajukan permintaan seperti itu, karena kawasan Cawang, Jakarta Timur yang sempat terendam banjir diakibatkan keterlambatan pembukaan pintu air.

“Nah itu di Cawang juga ada terlambat buka. Kemarin dia lupa buka, Cawang kena. Kan ada beberapa lokasi yang sudah tidak banjir terus kena. Ini masalah pintu. Karena sebagian ada di BBWSCC dab sebagian di kami. Nah sekarang semua di kami saja. Jadi ada CCTV, semua dikontrol dengan baik,” terangnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan tidak merasa kecolongan dengan terjadinya banjir di 54 titik. Karena memang, hujan yang melanda Kota Jakarta beberapa hari ini memang debit airnya sangat besar.

“Enggak (kecolongan). Memang hujan kemarin debitnya besar. Memang kalau dibandingkan dengan dulu, kemarin jauh lebih besar karena La Nina kan,” tuturnya.

Mengenai banjir yang terjadi di kawasan Sunter dan Cipinang Muara, Ahok mengungkapkan hal itu diakibatkan adanya tanggul Kali Sunter yang jebol. Karena tidak mampu menahan arus deras air yang dikirim dari hulu.

“Yang di Sunter itu ada tembok yang jebol. Ada kasus-kasus kayak kemarin, kan ada yang di Bekasi Jebol. Kalau ada kasus yang jebol, itu sesuatu ynag memang kita lagi perbaiki,” jelasnya.
sumber: beritasatu

Posted in Berita | Leave a comment

TELEPON PRIBADI HITLER LAKU DIJUAL US$ 243.000

[MARYLAND] Sejarah itu sangat bernilai. Itulah sebabnya satu pesawat telepon milik Adolf Hitler laku terjual seharga US$ 240.000 atau senilai Rp 3,24 miliar. Menurut rumah lelang Alexander Historical Auctions, pesawat telepon itu telah dibeli oleh seorang penawar anonim, baru-baru ini.

Pesawat telepon pribadi itu telah digunakan Hitler alias Fuehrer untuk mengarahkan perintah-perintah komando dalam Perang Dunia II. Telepon Bakelite warna hitam itu terukir dengan nama Hitler. Benda peninggalan ini ditemukan dalam bunker pemimpin Nazi itu pada tahun 1945 setelah kekalahan rezim Hitler.

Rumah lelang Alexander tidak mengungkapkan identitas pemenang lelang yang menawar antara US$200.000 hingga US$ 300.000. Penawaran awal untuk pelelangan yang digelar pada Minggu (19/2) itu telah ditetapkan pada angka US$100.000.

Perusahaan lelang di Maryland, Amerika Serikat ini melelang lebih dari 1.000 benda termasuk telepon dan sebuah porselin pahatan berbentuk anjing Alsatian senilai US$ 24.300. Pemenang lelang melakukan penawaran lewat telepon.

Alexander menyatakan telepon itu diterima Hitler dari Wehrmacht, angkatan bersenjata Nazi Jerman. Pesawat telepon itu boleh dibilang menjadi benda paling menghancurkan dari semua senjata, yang mengakibatkan jutaan orang menemui ajal.

Dengan umur lebih dari 70 tahun, telepon putar Siemens telah ditandai dengan lambang swastika dan burung rajawali yang melambangkan Nazi.

Seorang petugas Rusia memberikan perangkat telepon itu untuk Brigadir Inggris Sir Ralph Rayner saat kunjungan ke bunker segera setelah Jerman menyerah. Anak Rayner, yang mewarisi telepon itu lalu menjualnya lewat lelang.

Kurator Rumah lelang Alexander, Andreas Kornfeld memperkirakan benda itu menjadi mahal karena sejumlah faktor, termasuk kelangkaan dan keunikan. [AFP/U-5]
sumber: sp.beritasatu

Posted in Berita | Leave a comment

SADIS…. JANDA ASAL BANDUNG TEWAS DIGOROK DI KANTIN KEBUN PERCOBAAN BALITBANG PERTANIAN TONGKOH

KaroDaily,TONGKOH – Sadis…,seorang wanita berstatus janda asal Bandung, Wikirana (36) warga dusun Tongkoh, desa Dolat rakyat, kecamatan Dolat Rakyat, Senin (21/02/2017) sekira pukul 12.00 WIB, ditemukan tewas dengan kondisi leher digorok di kantin Koperasi Pegawai Negeri Rosa Kebun Percobaan Berastagi milik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbang Pertanian).

Hingga terakhir, pelaku pembunuh korban yang lehernya hampir putus belum diketahui.Menurut saksi mata penemuan mayat Wikirana, Ita Br Simanjorang (32), penduduk dusun Tongkoh, korban ditemukan di dalam kamarnya dengan posisi terlentang dan kamar acak-acakan.Ketika itu, Ita berencana menjual sayur sayuran ke kedai kelontong milik Wikirana.

“Saya heran karena biasanya siang dia sudah buka, makanya saya panggil panggil. Baru saya mengetuk pintu yang sedikit terbuka”ujar Ita.

Tak merasa puas, Ita pun coba mendorong pintu kedai sampai kemudian berusaha melihat keberadaan orang yang ia cari.

” Setelah itu saya dorong pintunya dan saya mencoba masuk hingga melihat kamar tidur korban. Terkejut sekali aku melihat korban terlentang berdarah darah ditempat tidur. Gugup kali aku dan berlari keluar sambil melaporkannya kepada pegawai kantor Kebun Percobaan Berastagi milik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbang Pertanian)”, tambahnya.

Lantas bersama pegawai kantor langsung balik menuju TKP yang berjarak 20 meter. Kemudian merekapun melaporkannya kepada Kepala Desa Tongkoh yang berikutnya menginformasikan ke Pos Polisi Lau Gendek.

Dalam waktu singkat Ka Pos Polisi Dolat Rayat Aiptu B.Tarigan langung melaporkan kejadian tersebut kepada Kapolsek Tigapanah dan dibantu Personil dari Polres Tanah Karo dan Identifikasi untuk melakukan olah TKP. Setelah dilakukan olah TKP korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Kabanjahe untuk divisum et repertum.

Kapolsek Tiga Panah AKP Dearma Munthe ketika dikonfirmasi Selasa (21/02/2017) membenarkan kejadian tersebut.Namun soal penyebab kematian korban, Dearma mengaku masih tahap penyelidikan.

“Sembari mengamankan sejumlah barang bukti antara lain parang, ember, cutter, dan pakaian milik korban, kita juga sudah mintai beberapa keterangan dari saksi. Dan beberapa saksi telah dimintai keterangan,” tegas AKP Dearma Munthe.

Sementara itu, kabar terakhir menyebutkan, jenazah korban masih berada di RSU Kabanjahe. Diketahui kalau korban tidak memiliki sanak famili di Kab Karo, seluruh keluargnya tinggal di Bandung.

Sejak beberapa tahun terakhir, Wikirana selama ini mengontrak kedai koperasi di jalan masuk menuju vihara Lumbini. Hal ini diakui Kepala Kebun Percobaan UPT Teknis Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Badan Litbang PertanianEdison Bangun, SP.

“Ya benar selama ini korban mengontrak rumah Koperasi Pegawai Negeri Percobaan Berastagi sejak tahun 2014 milik UPT Badan Litbang Pertanian, “ujarnya.(karodaily/iwan).
sumber: karodaily

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo | Leave a comment

AHLI: TIDAK DIPERBOLEHKAN TUNTUT LARANG PEMIMPIN NONMUSLIM

“Itu melanggar ketentuan karena Indonesia bukan negara yang secara langsung berlandaskan hukum Alquran maupun hadits”

Jakarta (ANTARA News) – Ahli agama Islam dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yunahar Ilyas menyatakan bahwa tidak diperbolehkan umat Islam menuntut dibuatkan Undang-Undang yang melarang nonmuslim menjadi pemimpin.

“Itu melanggar ketentuan karena Indonesia bukan negara yang secara langsung berlandaskan hukum Alquran maupun hadits,” kata Yunahar dalam sidang kesebelas kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa memilih pemimpin adalah hak dan kewajiban bagi umat Islam.

“Hak itu seperti kriteria seorang pemimpin yang akan dipilih sedangkan kewijabannya adalah memilih pemimpin itu sendiri. Misalnya soal kriteria apakah itu satu kampung, satu etnis maupun satu agama itu sepenuhnya urusan seseorang,” ucap Yunahar.

Ia pun menegaskan apabila seseorang memilih pemimpin berdasarkan agama pun tidak akan melanggar konstitusi dan memecah belah negara dan bangsa.

Sebelumnya, ahli agama Islam dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftachul Akhyar juga telah memberikan keterangan dalam sidang lanjutan Ahok.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga dijadwalkan memanggil ahli pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII) Mudzakkir.

Ahok dikenakan dakwaan alternatif yakni Pasal 156a dengan ancaman 5 tahun penjara dan Pasal 156 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.(Ant)

Posted in Berita | Leave a comment

KUNJUNGI INDONESIA, RAJA ARAB BAWA 1.500 ORANG DAN 25 PANGERAN

Jakarta – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Raja Salman akan membawa seribuan orang dalam kunjungannya ini.

“Kunjungan ini akan membawa rombongan terbesar, kurang-lebih 1.500 orang, 10 menteri, dan 25 pangeran,” kata Seskab Pramono Anung di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/2017).

Kunjungan ini disebut Pramono bersejarah karena terakhir kali Raja Arab Saudi ke Indonesia adalah pada tahun 1970. Selain itu, Presiden Jokowi akan memberikan bintang kehormatan kepada Raja Salman.

“Kunjungannya memang panjang, yaitu dari tanggal 1 sampai tanggal 9 Maret 2017, tetapi yang kunjungan secara kenegaraan tanggal 1 sampai tanggal 3. Tanggal 4 sampai dengan tanggal 9, beliau akan ada di Bali untuk beristirahat,” imbuh Pramono.

Presiden Jokowi diagendakan menjemput Raja Salman di bandara nantinya. Hal yang sama dilakukan oleh Raja Salman ketika Presiden Jokowi berkunjung ke Arab Saudi pada September 2015.

“Dalam kunjungan ini, nanti akan ditandatangani investasi Arab Saudi di Indonesia, Aramco di Cilacap senilai USD 6 miliar. Kemudian juga akan ada proyek lain yang akan ditandatangani kurang-lebih USD 1 miliar dan proyek-proyek lainnya. Tadi Bapak Presiden mengharapkan investasi Arab Saudi ini secara keseluruhan diharapkan bisa sampai USD 25 miliar,” sebut Pramono.(bag/rvk)
sumber: detik

Posted in Berita | Leave a comment

KORUPSI DI P2KTRANS, KPK TELUSURI INDIKASI ALIRAN DANA DI DPR

Jakarta – KPK akan terus menelusuri jika ada alokasi dana yang menyimpang di Komisi IX DPR RI dalam kasus korupsi di Direktorat Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dirjen P2KTrans). Saat ini KPK masih terus mendalami proses pembahasan anggaran dana dan optimalisasi di DPR yang kala itu menjadi mitra Kemenakertrans.

“Kalau memang ada alokasi anggaran atau pembahasannya menyimpang atau termasuk ada indikasi aliran dana ke sejumlah pihak tentu saja kita akan telusuri, namun kita belum bisa katakan apakah dalam pemeriksaan anggota DPR RI saat ini, kita juga mengklarifikasi terkait informasi aliran dana tersebut,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2017).

KPK akan terus menelusuri informasi yang relevan terkait adanya indikasi aliran dana di DPR RI. Penggalian aliran dana pada sejumlah pihak termasuk anggota DPR merupakan concern KPK.

“Jadi tidak tertutup kemungkinan beberapa informasi yang relevan kita dalami dalam perkara yang lain,” lanjut Febri.

Hari ini KPK memeriksa 3 orang mantan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI periode 2009-2014 atas tersangka CJM (Charles Jones Mesang). Mereka adalah Soepriyatno, Irgan Chairul Mahfiz, dan Novi Riyanti Yusuf (Noriyu). Usai diperiksa penyidik KPK selama 5 jam, Noriyu mengaku telah menyampaikan pada penyidik tentang adanya bagi-bagi uang di dalam kasus itu.

“(Masalah bagi-bagi fee) Itu sudah disampaikan semua. Pokoknya saya transparan apa yang saya tahu sudah saya sampaikan termasuk bukti-bukti berkas,” ucap Noriyu di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2017).

Charles merupakan anggota DPR RI Fraksi partai Golkar. Ia disangka menerima suap dalam pengembangan kasus mantan Dirjen P2KTrans pada Kemenakertrans Jamaluddien Malik.

“Penyidik KPK telah menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan CJM, anggota DPR RI periode 2009-2014, sebagai tersangka,” kata Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (5/12/2016).

Charles saat ini bertugas di Komisi IX DPR RI. Namun sangkaan kasus itu ditujukan pada Charles saat bertugas di Komisi II DPR RI periode 2009-2014.(dhn/elz)
sumber: detik

Posted in Berita | Leave a comment