BERITA DUKA CITA

RESMOND SEMBIRING

Telah berpulang ke rumah Bapa di surga adik bungsu kami tercinta RESMOND SEMBIRING GURUKINAYAN (manager operasional PO. SINABUNG JAYA) pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2016 jam 14.10 di RS THAMRIN Medan dalam usia 60 tahun. Rumah duka Jl. Sedap Malam No. 15 Jalan Ngumban Surbakti Medan. Akan dikebumikan pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2016 dengan acara adat Karo dan liturgi gereja dilaksanakan di Gedung JAMBUR NAMAKEN Jl. Jamin Ginting Padang Bulan Medan.

Mazmur 23:1-6,

” TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;

Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.”

Haleluya, Amin.

Ya Bapa kami di surga, kehendak-MU lah jadi karena kami yakin dan percaya Bapa lebih menyayangi adik kami.

Selamat jalan adikku dan sampai kita bertemu kembali di rumah Bapa di surga, kami sangat menyayangimu.

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Berita Pilihan, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

DJAROT YAKIN PDIP DUKUNG AHOK DI PILGUB DKI

Merdeka.com – Politikus PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan ada indikasi partainya mengusung petahana Basuki T Purnama bersama dirinya di Pilgub DKI mendatang. Namun keputusan ini masih di tangan sang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Ya memang indikasinya ke sana, tapi kita tunggu saja dulu, kita lihat ke depan kan masih banyak perubahan-perubahan,” kata Djarot di Museum Satriamandala, Jakarta Pusat, Minggu (21/7).

“Pokoknya kita akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Jakarta, nanti kita akan sampaikan, batas waktunya kan (pendaftaran) masih 23 September,” imbuh Djarot.

Lebih lanjut mantan wali kota Blitar ini mengingatkan untuk tidak membahas pilgub secara perseorangan. Sebab berbicara Pilkada di DKI itu seharusnya membicarakan visi yang akan dicapai.

“Untuk DKI jangan hanya terjebak bicara orang perorang tetapi kita ngomong visi bsar ke depan,” ujar Djarot.

Saat dikonfirmasi DPD PDIP DKI dan DPRD yang tak ingin mengusung Ahok, Djarot mengatakan di partai ada mekanisme. “Kita punya instansi, partai, semangat gotong royong yang sama, hubungan ideologis. Jadi jangan hanya melihat orang perorang dengan hubungan yang biasa, tapi kita juga punya ideologi yang sama Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika,” tambah Djarot.

Wakil Gubernur DKI itu juga menepis adanya kabar tentang dibutuhkannya dukungan dari ormas Islam bila pasangan Ahok-Djarot maju di Pilgub DKI. Sebab saat ini dirinya hanya fokus pada tugasnya sebagai wakil Gubernur DKI.

“Saya enggak tahu, fokus saya saat ini bekerja dan melayani masyarakat. Kalau buat politik itu sudah ada yang mengurusi di DPP dan DPD partai, tentang keputusan partai ada di Sekjen partai,” tutur Djarot.

“Saya fokus di masyarakat sehingga konsentrasi kita tidak habis ngurusin hal-hal yang sebetulnya sudah diurus partai,” tutup Djarot.[did]
sumber: merdeka

Posted in Berita | Leave a comment

ROMA DOWNEY: KITA AKAN MENGENAL YESUS LEBIH DALAM DI BEN-HUR TERBARU

Roma Downey kembali tampil memperlihatkan film produksi terbaru garapannya Ben-Hur. Bersama suaminya Mark Burnett, Downey berhasil membuat versi terbaru film klasik yang pertama kali muncul tahun 1959 itu.

Downey bahkan memberikan sedikit bocoran tentang perubahan konten yang dia sematkan di dalam film adaptasi dari novel karya Lew Wallace (1880) itu. “Ini adalah film besar di tahun 59. Dan sudah waktunya memperbaharuinya 55 tahun kemudian. Kami mengonsep ulang perubahan dari film aslinya dimana film ini bukanlah film tentang balas dendam, tapi tentang pemulihan dan pengampunan, dan masih ada adegan kereta besar dan pertempuran di laut,” terang Downey, seperti disampaikan kepada CNS News.

Dia menambahkan, film ini akan berisi pertemuan Yehuda Ben-Hur dengan Yesus. Momen itu menyiratkan pemahaman tentang memaafkan dan belajar untuk memilih berdamai daripada balas dendam.

“Kita melihat Yesus dalam film ini. Ini berbeda dengan film yang dibuat di tahun 59 dan kita benar-benar bisa melihat wajahnya (Yesus). Kita berjumpa dengan Dia. Kita melihat Dia terhubung dengan orang-orang. Tetapi kita benar-benar belajar dari Dia, kita belajar tentang Yesus lewat kebaikan hati Yehuda Ben-Hur,” jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa pertemuan Ben-hur dengan Yesus mungkin saja telah mengubahkan hidup pemain utama film ini. Karakter Ben-Hur menggambarkan tentang pribadi Yesus yang sesungguhnya.

Film kolaborasi peraih Emmy Awards ini pun dianggap akan menampilkan sesuatu yang baru. Seperti diketahui Burnett telah diakui sebagai produser handal lewat karya-karya terbaik yang banyak mendapat penghargaan, sebut saja Survivor, The Voice, dan Shark Tank.

Downey berharap film yang mulai dirilis sejak 19 Agustus 2016 ini akan menarik jutaan penonton. Dia juga berharap film-film yang berkaitan dengan kekristenan seperti telah mereka buat akan meningkatkan peminat film-film Kristen. “Ben-Hur saya pikir adalah kesempatan bahkan melebihi dari itu. Saya harap penonton Kristen akan maju dan mendukung. Anda tidak akan sering melihat Yesus tampil di layar lebar. Tidak sering pula bagi Anda menyaksikan film yang mengandung nilai-nilai seperti ini. Ini adalah kesempatan yang mungkin untuk bisa berbagi cerita dengan banyak teman dan kami berharap hal itu akan terjadi,” tandas Downey.
sumber : CNS News/jawaban.com/ls

Posted in Berita | Leave a comment

KOPI, KOMODITAS KEBANGGAAN RI DI TINGKAT GLOBAL

MedanBisnis – Jakarta. Komoditas kopi merupakan salah satu yang layak menjadi kebanggaan Republik Indonesia (RI) di tingkat global karena telah lama dikenal bahwa produk kopi asal nusantara memiliki kualitas tingkat tinggi.
“Kopi Indonesia berkelas internasional dan semestinya bisa lebih dibanggakan masyarakat Indonesia,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron di Jakarta, Senin (15/8).

Politisi Partai Demokrat itu juga mengemukakan, berdasarkan data yang dihimpun Komisi IV DPR, penghasil terbesar dari komoditas tersebut terletak di area Perhutani.

Apalagi, di Indonesia juga dikenal memiliki sekitar dua juta petani kopi dan merupakan salah satu penyumbang komoditas pertama sektor pertanian.
Namun, ada sejumlah permasalahan yang ditemui terkait pengembangan kopi antara lain adalah tingkat konsumsi yang terus meningkat namun produksinya menurun.

Untuk itu, Herman menginginkan adanya peta jalan yang tepat dalam menjabarkan rencana strategis ke depannya dalam menyosialisasikan kopi nusantara.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno menyatakan, penyelenggaraan festival kopi Indonesia di luar negeri memberikan dampak positif tidak saja pada sektor perdagangan produk tersebut, namun turut mendorong peningkatan pariwisata daerah-daerah penghasil perkebunan.

“Memperkenalkan aneka produk kopi Indonesia ke mancanegara tentu diharapkan ekspornya dapat meningkat. Bahkan turut pula mempromosikan sektor pariwisata di Tanah Air kepada masyarakat dunia,” kata Herman saat membuka “Indonesia Coffee Festival” di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/8).

Disampaikannya, “Indonesia Coffee Festival” yang pertama ini adalah usaha untuk memperkenalkan kopi Indonesia yang beragam kepada masyarakat Malaysia dan korps diplomatik.

Kopi Gayo dari Provinsi Aceh, Kopi Malabar dari Jawa Barat, Kopi Bali dan Kopi Toraja dari Sulawesi, serta Kopi Flores dari Nusa Tenggara Timur merupakan kopi yang diperkenalkan kepada para tamu dan pengunjung yang hadir dalam dua hari kegiatan Indonesia Coffee Festival tahun ini.

Menurut dia, melalui festival ini, masyarakat dunia tidak saja disuguhkan aneka produk kopi terbaik yang diproduksi dari sejumlah daerah dari bagian barat hingga bagian timur Indonesia.

Tapi juga dikenalkan lokasi perkebunan kopi terbaik di Tanah Air. Apalagi nantinya para penikmat kopi Indonesia dapat melakukan perjalanan wisata ke sentra produsen kopi di Tanah Air. (ant)
sumber : medanbisnisdaily

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

USAIN BOLT MASIH MANUSIA TERCEPAT DI DUNIA

Rio de Janeiro (SIB)- Usain Bolt menunjukkan bahwa dirinya masih merupakan manusia tercepat di dunia. Di Olimpiade Rio 2016, sprinter Jamaika itu kembali meraih medali emas di nomor lari 100 meter putra.

Bolt paling awal menyentuh garis finis dalam final di Olympic Stadium, Rio de Janeiro, Brasil, Senin (15/8) pagi WIB. Dia mencatat waktu 9,81 detik.

Medali perak jadi milik sprinter Amerika Serikat, Justin Gatlin, yang finis dalam waktu 9,89 detik. Sementara perunggu direbut atlet Kanada, Andre de Grasse, yang mencatat waktu 9,91 detik.

Bolt sebenarnya mengawali perlombaan dengan kurang mulus. Atlet berusia 29 tahun itu tertinggal di belakang Gatlin pada 30 meter pertama.

Akan tetapi, Bolt kemudian menambah kecepatannya dan sukses mengambil alih posisi terdepan hingga menyentuh garis finis.

Bagi Bolt, ini adalah medali emas Olimpiade ketiganya secara berturut-turut di nomor lari 100 meter. Dia juga memenangi nomor yang sama di Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

Bolt kini akan berupaya untuk memenangi dua nomor lainnya, yaitu lari 200 meter putra dan lari estafet 4×100 meter putra. Di Beijing dan London, dia juga meraih emas di dua nomor tersebut. (detiksport/l)
sumber: hariansib

Posted in Berita | Leave a comment

WARGA MEDAN NIKMATI KARNAVAL KEMERDEKAAN RI

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71

Analisadaily (Medan) – Ratusan peserta karnaval memeriahkan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Medan. Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pun ikut serta meramaikan acara tahunan ini, Rabu (17/8).

Salah satu pengunjung, Asri mengaku menikmati tontonan rakyat di sekitar Kantor Gubernur Sumatera Utara di Jalan Diponegoro Medan. Walaupun sangat padat, tapi Asri merasa senang dan bangga bisa mengikuti prosesi karnaval sejak pembukaan.

“Banggalah dengan pertunjukan oleh dinas-dinas di Sumut. Semuanya ada, pakai gaya masing-masing. Ada yang bermobil besar, ada anak sekolah main musik. Banyaklah,” ucap lelaki berambut cepak ini.

Asri sengaja mengajak seluruh anggota keluarganya duduk dan menyaksikan pagelaran walaupun harus berpadat-padatan. Sementara itu Sona, membawa dua anak dan ibunya melihat pesta rakyat tahunan ini.

“Ramai sih, senang ya senang. Tapi satu yang kurang. Kenapa anak sekolahnya cuma sedikit, kan kita suka melihat anak-anak polos bisa ikut serta ramaikan 17-an,” ungkap perempuan berjilbab itu.

Pantauan wartawan, ratusan SKPD di Sumut serta aparat TNI dan Polri tak ketinggalan ambil bagian dalam karnaval tersebut.(rdn/rts)
sumber: analisadaily

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima | Leave a comment

DITUDUH DOPING, PERAIH MEDALI EMAS OLIMPIADE INI BUAT PENGAKUAN BERANI

Dituduh doping dalam perlombaan internasional bisa berakibat atlit didiskualifikasi, tapi peraih medali emas ini tanpa malu mengakui bahwa ia memang doping! Namun tunggu dulu, ternyata dopingnya bukan sembarang doping loh.

Peraih medali emas dari cabang lari 10.000 meter bernama Almaz Ayana ini menghadapi tudingan doping dari saingannya. Wanita berusia 23 tahun tersebut belum keluar dari lapangan pertandingan saat pesaingnya melontarkan tuduhan doping kepada atlit dari Ethiopia tersebut.

“Saya sangat tidak percaya bahwa dia 100 persen,” demikian tudingan yang diberikan atlit Swedia, Sarah Lahti seperti dikutip koran Swedia, Expressen. “Ini seperti terlalu mudah untuknya.”

Memang sulit dipercaya karena belum ada wanita yang berhasil berlari dengan waktu dibawah 30 menit dalam acara ini selama lebih dari 7 tahun terakhir. Ayana berhasil menembusnya dengan 29:17:45, yaitu 15 detik lebih cepat dari rekor dunia sebelumnya.

Ayana sebelumnya sudah menjadi yang terbaik di jarak 5000 meter, tetapi dalam jarak 10.000 meter memiliki tantangan tersendiri karena jaraknya lebih jauh. Ia mengaku hanya memiliki sedikit pengalaman di jarak tersebut. Tetapi saat diminta menanggapi tuduhan pesaingnya dari Swedia, jawaban Ayana sangat mengejutkan.

“Saya sangat bersih (dari doping-red),” demikian pernyataan Ayana.

“No.1, saya telah berlatih secara khusus (untuk event ini). No.2, saya berdoa kepada Tuhan. Tuhan memberikan segalanya kepada saya, segalanya. Dan No.3, doping saya adalah Yesus. Itulah alasannya,” demikian ungkap wanita ini dengan bangga.

Sebuah pernyataan dan sanggahan yang luar biasa Ayana! Sesuatu yang patut dibanggakan karena selain latihan keras, dia juga tahu bahwa pencapaiannya semua bisa terjadi karena karya Tuhan dalam hidupnya.
sumber : CBN.com | Jawaban.com | Puji Astuti

Posted in Berita | Leave a comment

5 ATLET KRISTEN INI PERSEMBAHKAN MEDALI EMASNYA BAGI TUHAN

Para atlet di seluruh dunia berkumpul mewakili negaranya demi meraih medali emas di perhelatan akhbar Olimpiade Rio De Janiero 2016. Namun ada yang unik dari perhelatan ini, pasalnya sebagian besar atlet mengekspresi kemenangannya dengan cara yang berbeda, baik dengan sukacita maupun dengan ucapan syukur kepada Tuhan.

Seperti dirangkum Christian Post, terdapat lima atlet Kristen yang mengekspresikan kemenangannya kepada Tuhan, di antaranya adalah:

1. Simone Manuel, Perenang asal Amerika Serikat

Dua medali emas dan medali perak disematkan dileher Simone Manuel. Kemenangan ini mengukir sejarah baru dalam olahraga renang. Simone yang merupakan keturunan Afrika-Amerika ini dinobatkan sebagai juara renang pertama dari keturunan Afrika. Untuk hal itu pula, wanita muda ini bersyukur kepada Tuhan. “Yang bisa saya katakana adalah segala kemuliaan bagi Tuhan. Ini jelas merupakan perjalanan panjang sepanjang empat tahun terakhir ini. Saya sangat diberkati memperoleh medali emas. Saya sangat diberkati,” kata Manuel sembari menitikkan air mata.

Manuel berharap kemenangan ini bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, bahwa seorang perenang kulit hitam berhasil menjadi juara di Olimpiade 2016. “Menjadi sebuah kehormatan bagi saya untuk mewakili Amerika Serikat! Allah terus bekerja melalui saya. Saya sangat diberkati dan bersyukur. Terima kasih banyak atas dukungan kalian,” tulis Manuel dalam akun Twitternya.

2. Caeleb Dressel, Perenang asal Amerika Serikat

Caeleb Dressel pantas disebut beruntung. Sebab dirinya berhasil meraih medali emas kendati baru pertama kalinya tampil di Olimpiade. Perenang asal Universitas Florida yang kerap menghadiri ibadah ibadah di Campus Church of Christ di Gainesville ini bahkan telah bekerja keras untuk mendapatkan medali tersebut. Ini semacam hasil kerja keras yang dia lakukan setelah hampir berhenti dari dunia renang beberapa tahun lalu.

“Saya mulai berenang lagi dan benar-benar hanya menaruh semua kepercayaan saya kepada Tuhan dan meyakini bahwa Dia akan membereskan semuanya untuk saya, baik atau buruk,” ucap Dressel.

Dia mengaku hanya mengandalkan iman percaya bahwa Tuhan bekerja dalam hidupnya. Kepercayaan inilah yang menghantarkan dirinya menjadi juara renang gaya bebas bersama rekan setimnya Michael Phelps, Ryan Held, dan Nathan Andrian. Namun, kemenangan bukanlah tujuan utama Dressel. Dia mengaku yang terutama menjadi seorang juara adalah untuk menjadi inspirasi dan menunjukkan bahwa Tuhan memberikan kebahagiaan lewat apa yang dia miliki.

3. Laurie Hernandez, Pesenam asal Amerika Serikat

Perjalanan mendapatkan medali emas pertamanya ditempuh dengan melewati rasa sakit akibat tempurung lutut yang terkilir, patah siku, cidera pergelangan tangan dan tendon robek. Yang paling menyedihkan, pesenam berusia 16 tahun ini pernah mengalami cedera dibagian mulut dan membuat dia kesulitan makan hampir satu bulan.

“Saya hanya berusia 16 tahun, tetapi saya merasa seperti sudah melewati banyak hal. Sekarang semua (penderitaan) itu layak,” ucap Hernandez.

Menjadi pesenam adalah impian Hernandez dan berhasil menjadi anggota termuda dari The Final Five Amerika Serikat yang memenangkan medali emas dari tim perempuan. Setiap kali memulai pertunjukannya, dia tidak pernah lupa melafalkan doa terlebih dulu.

“Biasanya, sebelum saya menyapa hakim, saya bisa mengambil waktu dan berdoa. Untuk beberapa alasan, setelah saya melakukannya, saya bisa berpikir jernih dan tenang sebelum kompetisi,” terangnya.

Bagi Hernandez, kehadiran sang ibu membuatnya kuat dalam iman. “Dia (ibu) akan mengirim saya ayat-ayat Alkitab di pagi hari, dia selalu mengingatkan saya untuk tidak lupa berdoa,” ucapnya.

4. Osea Kolinisau, Pemain Rugby asal Fiji

Biasanya tim Fiji tidak pernah dipandang dikancah Olimpiade, tetapi atlet rugby yang percaya Tuhan telah mengubah pandangan itu. Kapten tim Fiji, Osea Kolinisau percaya bahwa iman mereka kepada Tuhan akan mendorong mereka untuk memenangkan medali emas pertama bagi negaranya.

Kemenangan tim ini disambut Kolinisau dengan mengekspresikan rasa syukurnya kepada Tuhan. “Pertama-tama, saya bersyukur kepada Tuhan. Ia adalah sumber kekuatan kami. Kami mengingatkan satu sama lain bagaimana Tuhan telah bekerja sepanjang dua tahun terakhir ini dan Tuhan yang kita sembah itu adalah Tuhan yang sama yang hadir di Rio,” ucapnya.

Kolinisau mengaku iman mereka benar-benar luar biasa dan Tuhan adalah sumber kekuatan hidup. Tanpa Tuhan mereka pasti tidak akan berhasil menyelesaikan kompetisi tersebut dengan kemenangan.

5. Anna Van Der Breggen, Pesepeda Asal Belanda

Setelah melewati cedera saat Kejuaraan Dunia dua tahun silam, Anna Van Der Breggen kembali tampil bugar dan siap memenangkan penghargaan sebagai pesepeda terbaik Belanda tahun ini. Dan saat ini, Breggen kembali berdiri di podium untuk menerima medali emas di Olimpiade Rio De Janiero.

“Di atas sepeda Anda akan sangat rentan. Terbukti saat saya mengalami patah panggul di Piala Dunia tahun lalu. Hal itu memiliki konsekuensi yang sangat besar. Namun, saya merasa tenang karena saya berpikir, Tuhan hadir. Bahkan ketika hal-hal semacam itu (cedera, red) terjadi,” ucapnya.

Bagi Breggen kepercayaan kepada Tuhan tidak hanya bisa dilakukan di gereja, tetapi juga di luar gereja. Berdoa dan menikmati perjalananhidup bersama Tuhan adalah hal yang penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah yang membuatnya melekat kuat bersama Tuhan.

Segala prestasi dan kebanggaan yang kita peroleh sudah seharusnya

kita persembahkan bagi kemuliaan Tuhan. Karena kita memperolehnya bukan karena kuat gagah kita sendiri, tetapi karena anugerah Tuhan.
sumber : CP/jawaban.com/ls

Posted in Berita | Leave a comment

EKSOTISME AIR TERJUN SAMPUREN EFRATA, AIR TERJUN YANG BERADA DI DALAM DANAU TOBA SUMATERA UTARA

Air Terjun Sampuren Efrata adalah sebuah destinasi wisata alam yang berada di Pulau Samosir, Sumatera Utara. Air Terjun yang memiliki panorama alam yang luar biasa indah dan alami ini berada di Desa Sosor Dolok, Kec. Harian atau dari pusat Kota Samosir Anda dapat menempuh dengan jarak + 20 Km.

Tak banyak wisatawan yang mengetahui destinasi wisata yang indah ini, ya mungkin lokasinya yang cukup jauh dan memang kebanyakan wisatawan yang berlibur wisata ke Pulau Samosir hanya singgah dibeberapa tempat wisata yang familiar saja seperti Tomok, dan Tuktuk.

Ketenangan dan keasrian alam yang dipancarkan oleh air Terjun Sampuren Efrata ini mampu memikat setiap pasang mata yang melihatnya, terlebih apabila Anda melihat deburan air Terjun yang jatuh dengan bebasnya menuju sungai yang langsung bermuara ke danau Toba. Air Terjun Efrata memiliki ketinggian mencapai 100 meter dengan lebar air terjun sendiri mencapai 10 meter.

Hal menarik lainnya juga dapat Anda rasakan disini, yaitu Anda juga dapat bermalam dengan menggelar tenda sebagai tempat berteduh dan serasa menyatu dengan alam sekitar. Tak ada kata-kata yang dapat terucap ketika kita sampai di destinasi wisata Air Terjun Efrata ini walaupun letih dalam perjalanan tetapi semua itu akan segera sirna oleh karena keindahan dari alam pepohonan dan Air Terjun Efrata ini. (Baca juga Pemandian Air Soda Hanya Ada Satu Di Indonesia)

Keindaha Air Terjun Sampuren Efrata ini juga sangat indah apabila dilihat dari atas bukit yang mengelilinginya, mantap dee

Posisi Air Terjun Efrata ini sendiri terbilang unik sebab destinasi wisatanya berada ditengah danau yang terbesar se-Asia Tenggara, yaitu Danau Toba. Memang unik dan membuat siapa saja terkagum-kagum tak terkatakan lagi. Untuk tarif yang dikenakan kepada setiap pengunjung sampai saat artikel ini dirilis pengunjung hanya dikenakan biaya tarif parkir saja sebesar Rp. 2000. Sekian dan selamat menikmati.
sumber: tempatberliburwisata

Posted in Berita | Leave a comment

4 CIRI UMUM TUBUH KEKURANGAN POTASSIUM, PUSING HINGGA KESEMUTAN

Jakarta – Potassium merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh. Mineral ini diperlukan untuk mengatasi kontraksi otot, mengatur perputaran cairan dan keseimbangan mineral di dalam tubuh. Potassium juga mengurangi efek negatif dari konsumsi sodium berlebihan, karena fungsi utama mineral ini adalah membantu mengeluarkan kelebihan sodium lewat urin dan keringat.

Selain itu potassium juga membantu meregangkan dinding pembuluh darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Meningkatkan asupan potassium dan mengurangi konsumsi garam, bisa mengurangi risiko stroke hingga 21 persen serta menurunkan risiko penyakit jantung, menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology.

Angka kecukupan potassium adalah 4.700 miligram per harinya. Lalu apa yang terjadi ketika tubuh kekurangan mineral yang banyak terdapat dalam buah pisang ini?

1. Selalu Lelah

Jika Anda sulit istirahat dan selalu merasa kelelahan, bisa jadi itu karena tubuh kekurangan potassium. Pakar diet Lauren Blake, RD, menjelaskan bahwa setiap sel di dalam tubuh membutuhkan potassium yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik.

“Jika tiba-tiba Anda mudah lelah padahal merasa sudah cukup tidur, kurang kalsium mungkin penyebabnya,” ujar Lauren seperti dikutip dari Health.

2. Otot Lemah dan Sering Kram

Potassium memegang peranan penting untuk melemaskan kontraksi pada otot, baik otot tubuh maupun jantung. Jadi jika kadar potassium dalam tubuh rendah, Anda mungkin akan mengalami nyeri atau kejang otot seharian atau ketika berolahraga.

3. Pusing dan Lemah

Penurunan kadar potassium di dalam tubuh bisa memperlambat detak jantung, membuat Anda serasa ingin pingsan. Jika sudah sampai tahap ini, berarti Anda sangat kekurangan potassium dan perlu diberi suplemen tambahan yang tidak cukup jika hanya berasal dari makanan.

“(Gejala) ini tidak umum, dan banyak faktor lain yang bisa menyebabkannya, tapi penting untuk menemui dokter jika Anda merasakannya. Tangan atau kaki yang sering kesemutan juga menjadi gejala yang tidak boleh Anda abaikan,” terang pakar diet dari The Ohio State University Wexner Medical Center ini.

4. Hipertensi atau Jantung Berdebar

Kurang potassium akan menyebabkan dinding pembuluh darah menyempit, yang bisa berakibat hipertensi. Waspadai juga jika jantung Anda berdebar. Itu tandanya otot jantung jadi sulit memompa ketika sodium dan potassium tidak seimbang.

Makanan Kaya Potassium

Untuk menjaga kadar potassium di dalam tubuh, Anda perlu gizi yang seimbang. Beberapa makanan yang diketahui kaya akan potassium diantaranya ubi dan buncis. Ubi yang berwarna oranye merupakan makanan paling tinggi kandungan potassium-nya. Satu butir ubi manis memiliki 694 miligram potassium. Selain itu ubi juga kaya akan serat, beta-karoten dan karbohidrat.

Sementara buncis, mengandungi 600 mg potassium dalam setengah cangkirnya. Selain buncis, hampir semua jenis polong-polongan merupakan sumber potassium yang baik. Sumber lainnya adalah saus tomat. Dalam seperempat cangkir pasta tomat mengandung 664 mg mineral penting ini, sedangkan puree tomat memiliki 549 mg. Pastikan saus tomat terbuat dari tomat segar dan Anda buat sendiri. Bukan tomat botolan atau kalengan yang sudah diberi banyak bahan dan perasa tambahan. Makanan kaya potassium lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah yoghurt, kerang, jus wortel, daging ikan, susu sapi segar dan jus jeruk segar. (hst/hst)
sumber: kancyl

Posted in Berita, Informasi Kesehatan | Leave a comment