JOKOWI PRESIDEN RI KE-7

Rekapitulasi KPU : Prabowo-Hatta: 46,85%, Jokowi-JK 53,15%

Jakarta-andalas Komisi Pemilihan Umum Pusat menetapkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih untuk periode 2014-2019 dalam SK 536/Kpts/KPU/Tahun 2014 saat rapat pleno penetapan rekapitulasi suara secara nasional Pilpres di Jakarta, Selasa (22/7) malam.

Dalam pengintungan yang dilakukan KPU, pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa memperoleh 62.576.444 suara atau sebanyak 46.58 persen dari suara sah nasional. Sedangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Ir. H. Joko Widodo dan Drs. Muhammad Jusuf Kalla memperolehan suara 70.997.833 atau 53,15 persen dari total suara sah.

“KPU memutuskan, menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2014 nomor urut 2, Ir. H. Joko Widodo dan Drs. Muhammad Jusuf Kalla dengan perolehan suara 70.997.833 atau 53,15 persen dari total suara sah,” kata Ketua KPU RI Husni Kamil Manik.

Keputusan tersebut berlaku sejak ditetapkan pada 22 Juli 2014 di Jakarta, dengan tembusan kepada Pimpinan MPR, Pimpinan DPR, Pimpinan DPD, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono serta pimpinan parpol atau gabungan parpol pengusung pasangan calon.

Penetapan pasangan capres-cawapres terpilih oleh KPU tersebut tidak dihadiri Prabowo Subianto – Hatta Rajasa. Namun hal itu tidak mempengaruhi, karena KPU tetap melaksanakan kegiatan penetapan hasil rekapitulasi tersebut.

Presiden-wapres terpilih Jokowi-JK yang dikabarkan awalnya tidak memenuhi undangan akhirnya datang ke Kantor KPU tak lama Ketua KPU membacakan perolehan suara masing-masing calon di sejumlah provinsi. Proses pembacaan sempat terhenti ketika Jokowi-JK memasuki ruang rapat pleno KPU.

Jokowi mengenakan batik cokelat, didampingi JK yang mengenakan batik berwarna biru. Keduanya tampak tenang kendati telah mengetahui hasil rekapitulasi dari pemberitaan yang ramai sejak, Selasa (22/7) sore.

Sontak kedatangan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Gedung KPU Pusat menjadi perhatian para jurnalis. Para pekerja media yang berkumpul di bagian tengah ruang rapat, untuk mengambil gambar sempat saling dorong karena kedatangan Jokowi dan Kalla di tengah-tengah pembacaan hasil rekapitulasi perolehan suara pilpres.

Jokowi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang warna cokelat datang bersama wakilnya, Jusuf Kalla yang mengenakan kemeja batik lengan panjang warna ungu sekitar pukul 20.45 WIB.

Dilokasi terpisah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginginkan semua pihak menerima dengan baik dan tetap menjaga situasi yang kondusif terkait dengan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu Presiden 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum.

“Presiden ingin semua menerima proses ini menerima dengan baik,” kata Juru Bicara Kepresidenan RI Julian Pasha seusai menemui Presiden di kediaman pribadi Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Jawa Barat, Selasa malam (22/7).

Presiden juga menginginkan pihak pemenang juga bisa tetap menjaga sikap dan kegembiraan agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut Julian, Presiden Yudhoyono sepanjang Selasa terus memantau dan mengikuti secara langsung proses rekapitulasi perolehan suara pilpres yang dilakukan KPU.

Selain memantau proses rekapitulasi Pilpres 2014, SBY juga memantau para pimpinan di jajaran TNI dan Polri melalui fasilitas “video conference”. Julian mengemukakan bahwa Presiden menilai pada saat ini situasi masih dalam kondisi aman dan baik.

“Intinya agar semua pihak bisa menahan diri agar tercipta situasi yang aman dan tertib,” katanya.

Jokowi: Salam 3 Jari!

Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) meminta semua rakyat kembali bersatu serta melupakan sebutan maupun istilah ‘nomor 1′ dan ‘nomor 2.’
Ia mengatakan, inilah saat bergerak bersama! Mulai sekarang, petani kembali ke sawah.

Nelayan kembali melaut. Anak kembali ke sekolah. Pedagang kembali ke pasar. Buruh kembali ke pabrik. Karyawan kembali bekerja di kantor.

“Lupakanlah nomor 1 dan lupakanlah nomor 2, marilah kembali ke Indonesia Raya. Kita kuat karena bersatu, kita bersatu karena kuat! Salam 3 Jari, Persatuan Indonesia!” cetus Jokowi sambil mengacungkan tiga jari tengahnya diikuti oleh JK yang berdiri mendampinginya.

Permintaan itu disampaikan Jokowi dalam pidato politik kemenangannya dari atas kapal phinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, usai KPU RI resmi mengumumkan hasil real count Pilpres 2014.

Pasangan nomor 2 Jokowi-JK dinyatakan unggul dengan mendapat jumlah suara sebesar 70.997.883 atau 53,15 persen, sedangkan pasangan nomor 1 Prabowo-Hatta memperoleh 62.576.444 suara atau 46,85 persen.

Jumlah suara sah sebesar 133.574.277, sedangkan jumlah suara tidak sah sebesar 1.379.690, sehingga total jumlah suara sah dan tidak sah sebesar 134.953.967.

Jokowi dalam pidatonya juga meminta dengan kerendahan hati untuk kembali ke takdir sejarah sebagai bangsa yang satu bangsa Indonesia. Yakni, mempererat hubungan keluarga dengan keluarga, teman dengan teman, tetangga dengan tetangga.

“Kita ingin bertanggung jawab membuktikan kepada diri kita bangsa lain dan terutama cucu kita bahwa politik penuh keriangan bahwa ada kegembiraan politik itu kebijakan politik itu suatu kebebasan,” ujar Jokowi.(BBS)
sumber : harianandalas

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

TRANSASIA GAGAL MENDARAT, 40 TEWAS

Taiwan-andalas Belum tuntas penyelidikan penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17 yang menewaskan 298 penumpang di perbatasan timur Ukraina-Rusia, dunia penerbangan kembali dikejutkan dengan peristiwa kecelakaan pesawat TransAsia Airways di Taiwan yang diperkirakaan menewaskan sekira 40 orang.

Informasi yang dirangkum menyebutkan, pesawat maskapai berbiaya murah TransAsia jatuh setelah gagal melakukan pendaratan darurat di Taiwan, Rabu (23/7). Pesawat TransAsia Airways mengangkut 58 orang termasuk empat awak pesawat dan jatuh di dekat bandara di Penghu.

Kepala Administasi Aeronautika Taiwan Jean Shen mengatakan TransAsia Airways dengan nomor penerbangan GE222 membatalkan pendaratan darurat di Pulau Magong, kawasan Penghu. Setelah gagal melakukan pendaratan, pilot meminta izin kepada menara pengawas untuk berputar-putar.

Namun pesawat ATR 72 itu kemudian kehilangan kontak dengan menara pengawas Bandara Magongsekitar pukul 19:00 waktu setempat. Kepala Pemadam Kebakaran setempat memperkirakan jumlah korban tewas bisa mencapai lebih dari 50 orang.

TransAsia Airways adalah maskapai penerbangan yang berpusat di Taiwan. Perusahaan itu mengoperasikan 23 armada terutama untuk melayani rute-rute domestik, tetapi juga melayani penerbangan ke Jepang, Thailand dan Kamboja.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat. Sekadar diketahui, Rabu (22/7) waktu setempat, Taiwan diterjang Topan Matmo. Angin kencang dan hujan lebat memaksa sekolah-sekolah tutup. (bs/bs/in/ma)
sumber : harianandalas

Posted in Berita | Leave a comment

KEJARI KABANJAHE DIMINTA USUT PUNGLI CPNS K2

Kabanjahe-andalas Kejaksaan Negeri Kabanjahe (Kejari) diminta mengusut pungutan liar (Pungli) sebesar Rp 10-15 juta per orang bagi 177 tenaga Honorer Kategori II yang sudah dinyatakan lulus seleksi CPNS Tahun 2013 di lingkungan Pemkab Karo.

Pungli yang meresahkan tersebut bukan berita bohong atau belum tentu kebenarannya.  Pungli dengan alasan melengkapi semua pemberkasan termasuk memasukkan nama ke database itu memang benar adanya, tapi sudah menjadi kebiasaan bila ada pungli selalu saja tidak ada yang berani ribut. Hal itu diungkapkan salah seorang sumber andalas yang mengaku Kepala UPTD Diknas di salah satu kecamatan Kabupaten Karo, Rabu (22/7) di Kabanjahe.

Padahal semua anggaran pengangkatan itu sudah ditampung di anggaran Badan Kepegawaian Nasional (BKN). “Kasihan saya melihat tenaga honorer kategori II yang sudah dinyatakan lulus seleksi CPNS Tahun 2013 di lingkungan Pemkab Karo, tapi masih saja dipersulit, diancam, kalau tidak bayar dicoret,” akunya.

Ketika disinggung siapa oknum yang melakukan pungli tersebut, Dia mengaku, M br G, orang dekat mantan Bupati Karo, Kena Ukur Karo Jambi Surbakti. Selanjutnya, M Br G menyuruh lagi D Br G (UPTD Merek) dan AP (UPTD Berastagi). Kedua oknum PNS inilah yang menjalankan aksi busuk M Br G meminta sejumlah uang kisaran Rp 10-15 juta per orang, mungkin ini ada benang merahnya dengan mantan Bupati Karo.

“Semua orang tahu bagaimana M Br G di lingkungan Pemkab Karo saat Kena Ukur Karo Jambi berkuasa, jangan coba-coba melawan perintahnya,”ujarnya.

“Saat para guru curhat dengan Plt Bupati Karo belum lama ini, para guru juga menyampaikan keluhan terkait banyaknya pungutan liar dilingkungan Diknas dan BKD Pemkab Karo,”tegasnya.

Para guru selalu menjadi sapi perahan oknum tertentu, mulai dari melakukan pinjaman di bank untuk biaya hidup dan keperluan anak sekolah juga mengalami pemotongan oleh kepala sekolah atau Ka UPTD yang sudah ditetapkan sebesar 2 % hingga 3 % atau sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1 juta. Jika tidak diberikan komisi tersebut pinjaman tidak disetujui.

Demikian juga, mutasi guru tidak sesuai aturan yang berlaku dan tidak mempertimbangkan keadaan guru yang bersangkutan, baik keluarga, tempat tinggal, kampung halaman jurusan yang dibutuhkan pada sekolah yang baru dia ditempatkan.

Sekitar 177 tenaga guru honor di jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, yang mendaftar untuk masuk di dalam data base katagori II (K2) dikenakan pungutan dana berkisar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Terungkapnya dugaan pengutipan tersebut, setelah diumumkannya hasil/daftar nominatif  tenaga honorer K2 di lingkungan Pemkab Karo belum lama ini.

“Setelah nama saya keluar di K2 bersama guru honor lainnya, yang dinyatakan lulus, saya beranggapan tidak ada lagi kutipan-kutipan, ternyata harus bayar lagi, katanya untuk uang administrasi. Jumlahnya berfariasi, Rp10-15 juta lah, kalau tidak  bayar, akan dicoret,”ungkap sumber lain yang mengaku salah seorang peserta CPNS K2.

Untuk itu, dia meminta pihak Kejari Kabanjahe untuk mengusut pungli tersebut, agar kedepan ada efek jera. Plt Bupati Karo juga perlu memanggil pihak-pihak tertentu di Diknas dan BKD Pemkab Karo. Kalau didiamkan, nantinya akan semakin merajalela.”Itu yang mengumumkan lembaga resmi negara yakni, MenpanRB atau BKN, jadi anggarannya semua sudah ditanggung pusat,”jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Saroha Ginting MPd mengaku, tidak tahu menahu adanya pungutan liar tersebut. Karena pada saat itu dirinya belum menjabat sebagai Kadisdiknas Karo.(RTA)
sumber : harianandalas

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

TAMAN MAKAM PAHLAWAN ?

Kalau melihat arti kata dari Taman Makam Pahlawan, konotasi pertama yang tersirat di benak kita adalah tempat peristirahatan terakhir bagi para “Pahlawan”. Pahlawan itu apa sih?

Pahlawan adalah orang yang sangat berjasa bagi negara kita tercinta ini, yang rela berjuang mengerahkan seluruh jiwa raganya untuk membela Indonesia. Membela Indonesia seharusnya dalam bidang apa pun. Kita sering kok mendengar kata pahlawan olah raga, pahlawan pendidikan, dan masih banyak lagi.

Namun hal ini ternyata tidak tercermin pada kata Taman Makam Pahlawan di atas. Pahlawan yang dimakamkan di sana adalah para pejuang kemerdekaan yang setahu saya harus berasal dari militer. Artinya rakyat sipil walaupun sangat berjasa bagi negara ini tidak bisa dimakamkan di sana, bisanya di taman pemakaman umum. Lalu kalangan militer yang semua dianggap pahlawan tersebut mungkin ternyata ada orang-orang yang notabene malah merugikan negara.

Gimana dong ya, mungkin istilah Taman Makam Pahlawan diganti dengan Taman Makam Militer aja kali ya, apa ada yang dapat memberi masukan?
sumber : fafaahmad

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

KISAH BUS SINABUNG JAYA, DULU DAN KINI

Kisah Bus Sinabung Jaya, Dulu Dan Kini
Sudah tahu dengan bus Sinabung Jaya? PO. Sinabung Jaya adalah nama dari perusahaan otobus yang melayani trayek Medan – Tanah Karo dan beberapa daerah lainnya.
Sekilas, jelas akan terlihat biasa saja. Seperti saat kita menggunakan jasa angkutan umum lainnya, tentu tak akan banyak pertanyaan tentang angkutan yang kita tumpangi. Namun, ada sesuatu yang khusus pada Sinabung Jaya. Ternyata, perusahaan otobus Sinabung Jaya memiliki kisah yang panjang dan mengesankan. Berikut rangkuman kisah Sinabung Jaya yang Gobatak sunting darisinabungjaya.com.
Perusahaan Otobus PO. Sinabung Jaya dirintis oleh Reti Sembiring Gurukinayan yang lahir pada tahun 1904. Beliau memulai cita-citanya untuk memiliki armada bus dengan menjadi kernek bus pada usia yang baru 11 tahun. Dengan kegigihannya, dari yang awalnya tidak mengenal aksara, secara otodidak disela waktu luangnya sebagai kernek akhirnya beliau dapat baca dan tulis. Bahkan, dengan kegigihannya dalam pekerjaan, beliau juga diberi kesempatan oleh supirnya untuk belajar menyetir bus dan mengetahui seluk beluk mesin maupun sistem elektrik serta cara perbaikannya.
Kemudian pada tahun 1930, setelah 15 tahun menjadi kernek, akhirnya Reti Sembiring Gurukinayan diangkat menjadi supir bus ban mati yang digunakan pada masa itu. Dan pada tahun 1973, dengan hasil tabungannya selama menjadi supir serta dukungan dari keluarga, dibelilah untuk pertam kali truk roda delapan yang selama itu dicita-citakannya. Truk bak terbuka ban mati atau disebut juga “gara takal” (kepala merah), yang diberi nama Sinabun (bukan Sinabung) dengan logo gambar nenas pada lambungnya. Truk yang kemudian diubah menjadi bus peti sabun tersebut dioperasikan untuk mengangkut penumpang maupun barang di daerah Gurukinayan dan sekitarnya yaitu Berastagi, Kabanjahe dan Tiga Nderket.
Pada tahun 1947, setelah memiliki beberapa unit bus, terjadi agresi militer kedua oleh Belanda yang menyebabkan sebagian besar penduduk yang tinggal di dataran tinggiKaro terpaksa mengungsi ke hutan, sebagian diantaranya mengungsi ke daerah Aceh Tenggara. Maka dengan terpaksa juga mobil bus peti sabun yang sudah mereka miliki dijual pada bulan Nopember 1947, sebelum ikut mengungsi ke hutan juga. Sedangkan mobil truk chasiss “dipinjam” oleh pihak Belanda untuk mendukung agresi mereka ke daerah Kotacane dan sekitarnya yang dikemudikan oleh Tabas Surbakti (kemenakan Reti Semibiring Gurukinayan), yang kemudian karena merasa terancam jiwanya di daerah operasi Belanda di Aceh Tenggara (Kotacane), beliau meninggalkan truk tersebut di “Gunung Setan” sekitar Kotacane, yang akhirnya hilang tidak berbekas.
Pada tahun 1948, setelah pulang dari pengungsian, Reti Sembiring Gurukinayan membuka kedai kopi disamping menjual hidangan lainnya. Sambil membuka kedai kopi di Gurukinayan pada tahun 1948, Reti Sembiring Gurukinayan bekerjasama dengan saudaranya Negeri Sembiring Gurukinayan dan Batak Bangun membeli 1 unit truk, dan beberapa waktu kemudian menambah 2 unit yang dipergunakan untuk mengangkut barang sampai ke Pematang Siantar.
Pada tahun 1950 beliau bergabung dengan perusahaan armada bus PMG (Perusahaan Motor Gunung). Bus tahun 1950 yang beliau punya masuk armada PO. PMG (Perusahaan Motor Gunung) BK. 44980 nomor lambung 36 dengan trayek “Gurukinayan Pekan-Pekan”.
Barulah pada 1 April 1961, dengan memanfaatkan kemudahaan yang diberikan pemerintah pada saat itu bagi perorangan untuk membentuk usaha angkutan, PO. Sinabung Jaya resmi berdiri. Dengan 6 unit armada, Po. Sinabung Jaya menggunakan logo “gambar Gunung Sinabung”, yang posisinya dilihat dari kampung Beganding seberang gunung tersebut, atau kira-kira 5 kilometer sebelum mencapai kampung Gurukinayan. Sedangkan untuk warna cat body lebih dominan berwarna hijau daun sesuai dengan alam pegunungan Kabupaten Karo yang serba hijau, dan sebagian bagian depan/ kap busnya diberi warna biru laut yang menggambarkan udara yang sejuk, segar dan bersih.
Bagian samping body kanan dan kiri diberi garis/ list dari bagian depan (dibawah jendela terdepan) sampai kebagian jendela paling belakang selebar 10 cm berwarna kuning, yang berarti pengemudinya harus selalu waspada dan hati-hati dalam menjalankan bus sehingga tidak akan mengancam keselamatan penumpangnya. Kemudian list warna kuning tersebut dijepit list berwarna merah pada bagian atas dan berwarna putih pada bagian bawah sama dengan bendera negara kita Merah Putih, gagah dan berani, sedangkan untuk merk dan nomor lambung berwarna putih dan list merah.
Akan tetapi pada tanggal 21 September 1964, hampir 3 (tiga) tahun setelah beliau mendirikan PO. Sinabung Jaya pada usianya yang ke 60 tahun, hari Sabtu jam 06.15 pagi Reti Sembiring Gurukinayan dipanggil oleh Yang Maha Kuasa di rumahnya di Gang Usaha Tani, jl. Veteran Brastagi tempat tinggalnya bersama keluarga yang sekaligus sebagai kantor perusahaan otobusnya PO. Sinabung Jaya. Dan hingga saat ini perusahaan otobus PO. Sinabung Jaya masih diteruskan oleh keluarga Reti Sembiring Gurukinayan.
sumber : sarudung.blogspot.com
Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Cerita (Turi - Turin), Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

PENGAMAT: PENOLAKAN PRABOWO HARUSNYA DILAKUKAN AWAL REKAPITULASI

Jakarta (ANTARA News) – Penolakan yang dilakukan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, seharusnya disampaikan saat awal rekapitulasi, kata pengamat hukum dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta Zainal Arifin Mochtar.

“Jangan lupa rekap pilpres dilakukan secara berjenjang jadi kalau ada penolakan hasil termasuk temuan pencoblosan beberapa kali maka harusnya ada dalam catatan penolakan saksi ketika rekapitulasi dilakukan,” katanya saat dikonfirmasi di Jakarta Selasa.

Zainal mengatakan pidota Prabowo soal penolakan rekapitulasi dan pengunduran diri sebagai calon presiden merupakan hak yang tidak dapat dilarang namun terlihat janggal.

Pasalnya, katanya, Prabowo menyampaikan pidato pada ujung menjelang pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pemenang Pilpres 2014.

Zainal mengingatkan kubu Prabowo dapat menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan temuan kecurangan pemungutan suara.

“Pak Prabowo sendiri sudah menyebut akan menggunakan jalur hukum,” ujarnya.

Beberapa mekanisme jalur hukum yang dapat ditempuh seperti kecurangan netralitas KPU bisa diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Bahkan jika salah satu kubu pasangan capres-cawapres menemukan adanya kecurangan pemilu secara terstruktur dan sistematis, katanya, maka mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Pidana pemilu juga ada proses yang bisa dilakukan,” kata Zainal.

Zainal yang juga dosen Fakultas Hukum UGM itu, mengatakan pernyataan Prabowo yang mengundurkan diri dari capres menandakan memberikan kemenangan kepada pasangan Jokowi-JK.

KPU menetapkan pasangan Jokowi-JK sebagai pemenang Pilpres 2014 dengan perolehan 70.997.833 suara atau 53,15 persen dari total suara sah nasional 133.574.277 suara, sedangkan Prabowo-Hatta meraih 62.576.444 suara atau 46,85 persen.(Ant)

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

SELAMAT DATANG PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH

Jakarta (ANTARA News) – Terjawab sudah polemik pasangan siapa yang akan terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu 9 Juli 2014.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada rapat pleno terbuka di Jakarta, Selasa (22/7) malam telah menetapkan hasil rekapitulasi perolehan suara nasional Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, mengantongi 62.576.444 atau 46,85 persen dari suara sah sebanyak 133.574.277 sedangkan pasangan nomor urut 2, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, meraih 70.997.833 atau 53,15 persen dari suara sah nasional.

Dari 33 provinsi di Indonesia, Joko Widodo dan Jusuf Kalla unggul 23 provinsi yakni di Sumut dengan memperoleh 3.494.835 suara (Prabowo-Hatta 2.831.514 suara), di Jambi 897.787 suara (Prabowo-Hatta 871.316), di Bengkulu 523.669 suara (Prabowo-Hatta 433.173 suara), di Lampung 2.299.889 (Prabowo-Hatta 2.033.924 suara), di Bangka Belitung 412.359 suara (Prabowo-Hatta 200.706 suara), di Kepulauan Riau 491.819 (Prabowo-Hatta 332.908 suara), DKI Jakarta 2.859.894 suara (Prabowo-Hatta 2.528.064 suara), di Jateng 12.959.540 suara (Prabowo-Hatta 6.485.720 suara), di DI Yogyakarta 1.234.249 suara (Prabowo-Hatta 977.342 suara), di Jatim 11.669.313 suara (Prabowo-Hatta 10.277.088 suara).

Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla juga unggul di Bali dengan mengantongi 1.535.110 suara (Prabowo-Hatta 614.241 suara), di NTT 1.488.076 suara (Prabowo-Hatta 769.391 suara), di Kalbar 1.573.046 suara (Prabowo-Hatta 1.032.354 suara), di Kalteng 696.199 suara (Prabowo-Hatta 468.277 suara), di Kaltim 1.190.156 suara (Prabowo-Hatta 687.734 suara).

Kemudian, di Sulut 724.553 (Prabowo-Hatta 620.095 suara), di Sulteng 767.151 suara (Prabowo-Hatta 632.009 suara), di Sulsel 3.037.026 suara (Prabowo-Hatta 1.214.857 suara), di Sultra 622.217 suara (Prabowo-Hatta 511.134 suara), di Sulbar 456.021 suara (Prabowo-Hatta 165.494 suara), di Maluku 443.040 suara (Prabowo-Hatta 433.981 suara), di Papua 2.026.735 suara (Prabowo-Hatta 769.132 suara), di Papua Barat 360.379 suara (Prabowo Hatta 172.528 suara).

Sementara Prabowo-Hatta menang di 10 provinsi yakni di Aceh dengan merebut 1.089.290 suara (Jokowi-JK 913.309 suara), di Sumbar 1.797.505 (Jokowi-JK 539.308 suara), di Riau 1.349.338 suara (Jokowi-JK 1.342.817 suara), di Sumsel 2.132.163 (Jokowi-JK 2.027.049 suara), di Jabar 14.167.381 suara (9.530.315 suara), di Banten 3.192.671 suara (Jokowi-JK 2.398.631 suara), di NTB 1.844.178 suara (Jokowi-JK 701.238 suara).

Sementara itu, di Kalsel 941.809 (Jokowi-JK 939.748 suara), di Gorontalo 378.735 suara (Jokowi-JK 221.497 suara), di Maluku Utara 306.792 suara (Jokowi-JK 256.601 suara),

Sedangkan dari Panitia Pemilihan Luar Negeri, pasangan Jokowi-JK juga unggul dengan perolehan suara sebanyak 364.257 suara dibandingkan dengan Prabowo-Hatta yang meraih 313.600 suara.

Meskipun Prabowo-Hatta menarik diri dari proses penetapan rekapitulasi perolehan suara nasional itu, tidak membatalkan penetapan perolehan suara nasional dan penetapan Presiden dan Wapres terpilih.

“Tidak ada implikasi hukum, justru Prabowo memberikan anugerah kepada pasangan Jokowi-JK dengan pernyataan menarik diri itu,” kata pakar hukum tata negara Said Isra dalam wawancara dengan stasiun televisi swasta.

Sementara Dosen Fakultas Hukum UII Yogyakarta Jawahir Thontowi mengatakan secara demokrasi prosedural, KPU, Bawaslu dan institusi pemerintahan dari tingkat pusat dan daerah telah melaksanakan tugas menyelenggarakan Pilpres dengan jujur, rahasia, dan berkeadilan dengan dilandaskan pada asas keterbukaan, kinerja terukur, keseimbangan dan keadilan, dan bertanggung jawab.

Terima kasih

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputeri mengucapkan terima kasih kepada KPU dan seluruh rakyat Indonesia.

“KPU sudah bekerja dengan baik melakukan rekapitulasi suara pemilu presiden dan akan segera menetapkan pasangan Jokowi-JK sebagai pemenang pemilu presiden 2014,” kata Megawati Soekarnoputri yang menjabat Presiden RI pada 2001-2004.

Calon Presiden pada Pemilu 2004 dan Pemilu 2009 itu mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk melupakan persaingan yang telah berlalu dan saatnya untuk bersatu guna membangun bangsa dan negara Indonesia.

“Segala sesuatu yang terjadi selama proses pemilu presiden agar segera diakhiri dan segera bersatu kembali sebagai bangsa Indonesia yang utuh,” katanya.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar yang juga pengukung Prabowo-Hatta menyatakan bahwa siapa pun presiden dan wakil presiden yang terpilih adalah pemimpin bersama seluruh rakyat Indonesia.

“Yang jelas presiden terpilih ini adalah presiden kita bersama,” kata Deddy di Gedung Sate, Bandung.

Ia menuturkan, hasil pilpres yang diputuskan oleh lembaga resmi yakni KPU harus diterima oleh semua pihak.

Menurut dia, proses demokrasi merupakan ibadah, dan hasilnya pemimpin yang terpilih merupakan pilihan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

“Proses pemilihan demokrasi itu ibadah,” kata aktor dan sutradara itu.

Menurut dia, pemimpin Indonesia ke tujuh sudah tertulis dalam takdir Tuhan sedangkan manusia hanya dapat berikhtiar untuk meraih menjadi pemimpin.

Cara meraih jabatan presiden itu, kata dia, ada yang dengan kebaikan atau cara yang salah.

“Ini yang menghasilkan amal atau dosa, ikhtiarnya dengan cara tidak baik itu kan dosa, kalau dengan kebaikan itu berkah,” kata Deddy.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang juga pendukung Prabowo-Hatta mengatakan, presiden terpilih harus didukung bersama apalagi itu sesuai keputusan KPU, jadi semua harus mendukung dan pemenang Pemilu Presiden harus dihormati.

“Mari bersama-sama menciptakan suasana nyaman dan tertib seperti yang telah terjalin sekarang ini. Hal ini karena tugas besar dalam pembangunan dimasa mendatang berjalan lancar,” kata Alex Noerdin yang pernah kalah dari Jokowi saat bersaing dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta pada 2012 lalu.

Selamat datang Presiden dan Wakil Presiden terpilih.(B009/A011) (Ant)

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

PRABOWO TOLAK PELAKSANAAN PILPRES, INI KATA MEGAWATI

Jakarta – Capres Prabowo Subianto menyatakan menolak pelaksanaan Pilpres 2014. Apa tanggapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri selaku partai pengusung pasangan Jokowi-JK?

“Masalah yang telah dikatakan Pak Prabowo menurut saya itu kami serahkan sepenuhnya kepada KPU karena yang menjadi penyelenggara adalah KPU,” ujar Megawati saat menggelar konferensi pers, di kediamannya Jl Kebagusan, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Menurut Mega, dalam hal ini pihaknya hanyalah sebagai peserta pemilu. Sehingga semua hal yang terkait penyelenggaraan pemilu diserahkan kepada KPU.

“Sehingga dengan demikian secara etika hukum juga semuanya diserahkan kepada KPU,” imbuhnya.

Sebelumnya, hampir di waktu yang bersamaan calon presiden nomor urut satu Prabowo Subianto menyatakan sikap di Rumah Polonia, Jakarta Timur terkait hasil Pilpres 2014. Prabowo menyatakan diri mundur dari kontestasi Pilpres 2014 dan menyebut Pilpres kali ini banyak kecurangan.

Dalam konferensi pers yang digelar di markas pemenangan Rumah Polonia, Jl Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Selasa (22/7/2014), Prabowo membeberkan sejumlah kecurangan Pilpres 2014. Prabowo menuding KPU gagal melaksanakan pemilu yang demokratis.
sumber : detik.com

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

JOKOWI BANTAH PUNYA REKENING DI LUAR NEGERI

Jakarta (ANTARA News) – Kandidat presiden nomor urut dua Joko Widodo membantah tudingan dirinya memiliki rekening tabungan di luar negeri.

“Saya ini eksportir selama 24 tahun. Kita tidak pernah punya rekening di luar negeri. Saya dan istri tidak punya,” kata Jokowi saat ditemui di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Selasa.

Jokowi mengungkapkan dia adalah eksportir yang kerap memiliki bisnis besar. Selain menjabat Walikota Surakarta, Jokowi juga mengaku eksportir furnitur dari bahan kayu.

“Yang lain belum banyak main ke situ saya sudah main di situ. Tapi eksportir kecil-kecilan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Progres 98 Faizal Assegaf mempertanyakan mengapa Jokowi tidak melaporkan 32 rekeningnya di luar negeri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bila memang rekening itu adalah rekening bisnis biasa, menurut Faisal, seharusnya itu disampaikan saat melaporkan harta kekayaan ke KPU dan KPK.

Rekening itu tersebar di beberapa negara diantaranya Hongkong, Philipina, Singapura, Mongolia, Jordania, Lebanon dan sebagainya.(Ant)

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

HASIL REKAPITULASI 33 PROVINSI DAN LUAR NEGERI

Jakarta (ANTARA News) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilpres 2014 di 33 provinsi di Indonesia dan di luar negeri.

Rekapitulasi suara selesai pukul 17.30 WIB dan diskors hingga pukul 20.00 WIB untuk pengesahan hasil Pilpres 2014.

“Rekapitulasi perhitungan suara dalam dan luar negeri telah selesai. Kita membutuhkan perlengkapan administrasi agar sesuai dengan yang dicermati, angka yang masuk adalah angka yang sudah dipaparkan dan kita bahas,” kata Ketua KPU Husni Kamil di Gedung KPU, Jakarta, Selasa sore.

Berikut hasil lengkap rekapitulasi suara dari 33 provinsi dan luar negeri:

1. Kalimantan Barat: Prabowo-Hatta 1.032.354; Jokowi-JK 1.573.046

2. Nusa Tenggara Barat: Prabowo-Hatta 1.844.178; JOkowi-JK 701.238

3. Aceh: Prabowo-Hatta 1.089.290; Jokowi-JK 913.309

4. Sumatera Selatan: Prabowo-Hatta 2.132.163; Jokowi-JK 2.027.049

5. Kalimantan Selatan: Prabowo-Hatta 941.809; Jokowi-JK 939.748

6. Kepulauan Riau: Prabowo-Hatta 332.908; Jokowi-JK 491.819

7. Jambi: Prabowo-Hatta 871.316; Jokowi-JK 897.787

8. Bangka Belitung: Prabowo-Hatta 200.706; Jokowi-JK 412.359

9. Daerah Istimewa Yogyakarta: Prabowo-Hatta 977.342; Jokowi-JK 1.234.249

10. Bengkulu: Prabowo-Hatta 433.173; Jokowi-JK 523.669

11. Sulawesi Barat: Prabowo-Hatta 165.494; Jokowi-JK 456.021

12. Kalimantan Tengah: Prabowo-Hatta 468.277; Jokowi-JK 696.199

13. Sulawesi Tenggara: Prabowo-Hatta 511.134; Jokowi-JK 622.217

14. Gorontalo: Prabowo-Hatta 378.735; Jokowi-JK 221.497

15. Sumatera Barat: Prabowo-Hatta 1.797.505 ; Jokowi-JK 539.308

16. Bali: Prabowo-Hatta 614.241; Jokowi-JK 1.535.110

17. Riau: Prabowo-Hatta 1.349.338; Jokowi-JK 1.342.817

18. Maluku: Prabowo-Hatta 433.981; Jokowi-JK 443.040

19. Sulawesi Tengah: Prabowo-Hatta 632.009; JOkowi-JK 767.151

20. Jawa Tengah: Prabowo-Hatta 6.485.720; Jokowi-JK 12.959.540

21. Jawa Barat: Prabowo-Hatta 14.167.381; Jokowi-JK 9.530.315

22. Lampung: Prabowo-Hatta 2.033.924; Jokowi-JK 2.299.889

23. Sulawesi Utara : Prabowo-Hatta 620.095; Jokowi-JK 724.553

24. Kalimantan Timur : Prabowo Hatta 687.734 ; Jokowi-JK 1.190.156

25. Papua Barat : Prabowo-Hatta 172.528 ; Jokowi-JK 360.379

26. Banten : Prabowo-Hatta 3.192.671 ; Jokowi-JK 2.398.631

27. NTT : Prabowo-Hatta 769.391 ; Jokowi-JK 1.488.076

28. Sulawesi Selatan : Prabowo-Hatta 1.214.857 ; Jokowi-JK 3.037.026.

29. Maluku Utara : Prabowo-Hatta 306.792 ; Jokowi-JK 256.601

30. DKI Jakarta : Prabowo-Hatta 2.528.064 ; Jokowi-JK 2.859.894

31. Jawa Timur : Prabowo-Hatta 10.277.088 ; Jokowi-JK 11.669.313

32. Papua : Prabowo-Hatta 769.132 ; Jokowi-JK 2.026.735

33. Sumatera Utara : Prabowo-Hatta 2.831.514 ; Jokowi-JK 3.494.835

Rekapitulasi suara untuk luar negeri : Prabowo-Hatta 313.600 ; Jokowi-JK 364.257. Editor: Ruslan Burhani (Ant)
sinabungjaya.com

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment