MAKNA KENAIKAN TUHAN YESUS KRISTUS BAGI ORANG KRISTEN

Hari ini tepatnya hari Kamis 5 May 2016 kita akan merayakan hari Kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke sorga,,. dimana sebagai orang kristen kita akan merayakannya sebagai hari Kemenangan dimana setelah DIA MATI disalibkan, BANGKIT dari kerajaan Maut dan setelah 40 hari kemudian NAIK ke Sorga,.

Untuk itu berikut bahasan dan makna Kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke sorga:

1. YESUS NAIK KE SORGA UNTUK MENYEDIAKAN TEMPAT BAGI ORANG PERCAYA

Orang percaya ditempatkan bersama Kristus di alam Sorgawi karena kasih karunia dan oleh iman kita turut dalam kebangkitan dan kenaikan Kristus,

“dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di Sorga”
(Efesus 2:6),”

Dengan kenaikan Kristus ke sorga orang percaya mendapat jaminan menjadi Warga Negara Kerajaan Sorga, sehingga pikiran dan perasaan orang percaya tertuju ke Sorga. “Karena kewargaan kita adalah di dalam Sorga,,.”) dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat dan dalam kurun waktu tertentu, Tuhan masih menempatkan kita di bumi,di tanah Toar Lumimuut ini kita masih diizinkan Tuhan untuk memiliki kehidupan duniawi dengan bekerja, tidur, tertawa, menangis, tersenyum dan yang paling penting masih diberi kesempatan untuk bernafas sob,. namun secara iman semua orang percaya sudah ditempatkan bersama-sama dengan Kristus di Sorga.

“Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan” (Kolose 3:1-4). Karena secara iman status orang percaya sudah menjadi warga Kerajaan Sorga, maka keselamatan dan hidup yang kekal bukan lagi perkara nanti dan mudah-mudahan masuk Sorga sesuai dengan amal baktinya, melainkan sesuatu yang pasti bagi orang yang percaya,”

Kenaikan Yesus ke Sorga memastikan kedatangan-Nya yang kedua kali untuk membawa semua orang percaya dari setiap suku, bangsa, kaum dan bahasa ke suatu tanah air Sorgawi yang Tuhan Yesus sudah sediakan. Kenaikan Kristus ke Sorga meneguhkan keyakinan kita bahwa Tuhan Yesus hidup, sehingga kita tidak perlu gelisah dan tawar hati dalam menghadapi segala pergumulan hidup sebagai orang yang beriman di bumi ini. Kegelisahan hati yang membuat muka muram, iri hati, dendam, anakis, cemberut dan marah-marah, suatu tanda hati yang kosong, tiada damai sejahtera, tiada sukacita. Tapi kenaikan Yesus ke Sorga meniadakan kegelisahan hati kita, melenyapkan kemarahan, kedengkian dan kejahatan kita, sehingga orang percaya diliputi dengan sukacita yang tidak terkatakan, walaupun masih hidup di tengah-tengah dunia yang penuh dengan penderitaan.

“ Yesus Naik ke Sorga Menjamin Suatu Kepastian Kemuliaan Yang Diterima Orang Percaya,” (sumber bintangpapua.com)

Selain itu juga makna Yesus Naik Ke Sorga berupa:

2. MENYEDIAKAN TEMPAT BAGI YANG PERCAYA DI SORGA

Kita mungkin sering dengar sewaktu ke gereja saat kita kecil. dan kita mendengar bahwa Yesus Naik Ke Sorga untuk mempersiapkan tempat bagi Kamu, dan Saya saat kita berpulang dari dunia ini,. dan kita semua menyadari bahwa bumi tempat dimana kita tinggal adalah tempat sementara sehingga Yesus kembali ke sorga untuk mempersiapkan tempat bagi umatNya. so janganlah kamu takut mati,. karena jika anda percaya pada TUHAN YESUS KRISTUS maka anda akan masuk sorga sob,. dimana dia juga sudah mempersiapkan untukmu tempat,.

3. KENAIKAN-NYA KE SORGA MENYATAKAN KRISTUS ADALAH ANAK ALLAH

Yesus menggenapi misi Allah datang ke dunia ini, kemudian Dia kembali ke sorga.

Ada orang bertanya: “Mengapa Yesus tidak tinggal bersama murid-murid yang dikasihi-Nya, untuk mengabarkan injil di dunia, agar banyak orang melihat dan percaya kepada-Nya? Bukankah itu merupakan hal yang sangat ajaib?”
Tetapi jika Yesus tidak naik ke sorga, maka bagaimana Dia dapat membuktikan bahwa diri-Nya adalah utusan Allah.

Dengan naiknya Yesus ke surga memberikan bukti kepada manusia dan dunia ini terkhusus umatNya bahwa DIA yang adalah anak ALLAH dan adalah utusan dari sorga dan kembali ke Sorga setelah menyelesaikan tugas-tugasNya,.

4. MEMBERIKAN PENGHIBUR (ROH KUDUS).

Saat Yesus naik ke Sorga, murid-muridnya bersembunyi dan berdoa karena takut dengan ahli-ahli taurat, dan seperti yang Yesus janjikan kepada Murid-muridNya bahwa akan ada penghibur yaitu Roh Kudus yang akan membabtis dengan api, saat mereka menerima urapan dari Roh Kudus itu, saat itu juga para murid mendapat kuasa untuk bangkit dari ketakutan, berbicara, berani, dan berbicara dalam bahasa lain (Kis 2:1-21).(sumber: majalah Kristen Tionghoa 4 september 1953)

“tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”
(Yohanes 14:26)

5. MAKNA KENAIKAN YESUS KE SORGA BAGI NON KRISTEN

Makna Kenaikan Yesus Kristus buat kita Orang Kristen memang sudah jelas di alkitab,. tapi Apa makna kenaikan Yesus ke sorga bagi mereka yang non nasrani?

Seperti yang telah diterangkan diatas bahwa kenaikan Yesus ke sorga adalah bukti konkrit adanya kehidupan setelah kematian sehingga hal ini memberi penjelasan secara umum bahwa segala yang ada di bumi bersifat sementara jadi Kenaikan Yesus ke Sorga mengajarkan kepada masyarakat untuk tidak hidup dalam kenikmatan duniawi saja tapi lebih memperhatikan kehidupan spiritual mereka.

Saat ini banyak kasus di Indonesia khususnya yaitu mengenai penyalahgunaan dana, jika seseorang hidup seimbang antara jasmani dan rohani, hal seperti ini tidak akan terjadi karena semua agama pun mengajarkan kalau mengambil sesuatu yang bukan miliknya adalah perbuatan dosa dan orang berdosa pada akhirnya masuk ketempat penyiksaan kekal yaitu neraka tapi bukti menunjukan masih ada yang namanya penyalahgunaan dana seperti korupsi pada umumnya. Orang-orang yang melakukan tindakan seperti ini tidak menyadari bahwa ada yang namanya kehidupan setelah kematian, maka dari itu melalui perayaan kenaikan Yesus ke sorga dapat selalu mengingatkan umat manusia untuk terus bertakwa kepada Tuhan YME menurut kepercayaan dan keyakinan masing-masing tentunya.

6. DAMPAK KENAIKAN YESUS KE SORGA SECARA KHUSUS DAN UMUM

Dampak Kenaikan Yesus ke sorga secara umum adalah setiap umat beragama semakin mendekatkan diri kepada Tuhan YME karena dengan naiknya Yesus ke sorga memberikan bukti konkrit yang umum bagi semua umat manusia mengenai kehidupan setelah kematian (afterlife).

Semua agama pun menyadari bahwa bumi tempat tinggal kita hanyalah tempat sementara, suatu saat semua manusia juga akan meninggalkan dunia ini dan menghadap tahta pengadilan agung (Pengadilan putih) di alam baka nanti dimana setiap perbuatan kita di dunia akan diperhitungkan.

Dampak kenaikan Yesus kristus ke Sorga sendiri bagi umat Kristiani pada khususnya ialah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Yesus sebelum terangkat ke sorga berpesan kepada murid-muridNya untuk tetap tinggal di Yerusalem karena Dia akan mengirimkan penghibur yakni Roh kudus dan saat mereka menerima Roh kudus itu, mereka memiliki kuasa untuk bersabda dan mulai berani untuk “go public” menyampaikan pengajaran-pengajaran Kristus yang telah mereka dapat sampai ke ujung bumi sehingga sampai saat ini umat nasrani tersebar diseluruh bumi selain itu, oleh karena urapan dari Roh Kudus banyak misionaris – misionaris yang memberanikan diri untuk diutus ke pelosok-pelosok atau pulau – pulau terpencil untuk menyebarkan ajaran-ajaran Kristus kepada masyarakat setempat yang masih hidup dalam tradisi dan kepercayaan kuno (Kepercayaan terhadap roh nenek moyang atau roh orang mati), dan yang paling diingat penulis bahwa dikatakan sebelum DIA naik kesorga DIA mengatakan dan menyuruh murid2nya:

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama BAPA dan ANAK dan ROH KUDUS”
(Matius 28:19).

AYAT- AYAT ALKITAB YANG MEMUAT TENTANG KENAIKAN TUHAN YESUS KRISTUS

a. Yohanes 14: 2-3,

“ Di rumah Bapa-Ku Banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.”

b. Johanes 14: 16-17,

“Aku akan minta kepada Bapa dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

c. Markus 16: 19,

“Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.”

d. Lukas 24: 50-51,

“Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.”

Demikian artikel kali ini,. semoga bermanfaat dan semoga saja setelah membaca artikel kali ini dapat menguatkan iman percaya kita padanya

Selamat Hari Kenaikan Tuhan Yesus Kristus.
sumber: tanawangkobigland

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima | Leave a comment

RATUSAN TON IKAN MATI DI DANAU TOBA

[SIMALUNGUN] Kalangan peternak ikan melalui Kerambah Jaring Apung di perairan Danau Toba menjerit karena ikan yang diternak ditemukan mati mengambang di permukaan air.

“Jika dihitung, ikan yang mati diperkirakan mencapai 320 ton,” ujar seorang peternak ikan nila di Simalungun, Parlaungan Saragih kepada SP, Selasa (3/5) malam.

Parlaungan mengatakan, ikan – ikan yang mati mengambang tersebut, merupakan siap untuk dipanen. Total kerugian seluruh peternak ikan di sana diperkirakan mencapai belasan miliar rupiah.

“Kita heran karena kejadian seperti ini tidak pernah terjadi. Bila ada ikan yang mati masih dapat dihitung. Namun, kali ini seluruh ikan dalam kerambah mati semua,” katanya.

Menurut peternak ikan lainnya, Hasudungan, ikan mati akibat kekurangan oksigen. Ini mereka ketahui setelah melakukan pengukuran kadar oksigen menggunakan alat pengukur yang dimasukkan ke dalam air.

“Kaandungan oksigen di dalam kerambah hanya 0,8. Padahal, untuk standar layak dalam kerambah, kadar oksigen seharusnya berada di angka dua. Kita bangkrut akibat musibah ini,” katanya.

Menurutnya, mayoritas warga yang tinggal di seputaran pinggiran Danau Toba, berprofesi sebagai peternak ikan. Mereka beternak ikan nila setelah mendapatkan pinjaman dari bank.

“Warga di sini pada stres karena memikirkan pembayaran pinjaman dari bank tersebut. Uang yang dipinjam untuk dijadikan modal beternak ikan justru terbuang percuma,” sebutnya.

Joshua, peternak ikan lainnya menambahkan, setiap hari semakin banyak ikan yang ditemukan mati mengambang. Padahal, setiap hari para peternak bergotong – royong membersihkan kerambah ikan.

“Beberapa hari ke depan jika ikan yang mati itu tidak diangkut maka berdampak pada lingkungan sekitar. Masyarakat di sini bakal dihadapkan dengan bau aroma tidak sedap,” sebutnya. [155/L-8]
sumber: sp.beritasatu

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

CUMA DI ACEH, PENUMPANG BUS BISA NIKMATI KEMEWAHAN SEKELAS PESAWAT PRIBADI

BANDA ACEH, Simantab.com – Bagi Anda bus mania, agaknya, kurang afdol jika belum datang berkunjung ke Provinsi Nangroe Aceh Darusalam (NAD). Ya, di negeri Serambi Mekah ini, Anda bisa merasakan sensasi kemewahan bus-bus terbaru keluaran Eropa, yang barangkali tidak ditemukan di tempat lain di Indonesia.

Perusahaan angkutan di Aceh, memang terkenal sangat mengutamakan kualitas kenderaan, demi kenyamanan pelanggannya. Mereka tidak ragu mengeluarkan budget lebih, untuk mendatangkan armada anyar keluaran pabrik Marcedes – Benz. Seperti yang dilakukan perusahaan The New Simpati Star. Belum lama ini, perusahaan ini mendatangkan bus Double Decker 2+SDD Mercedez-Benz OC 500 RF 2542 yang menambah daftar bus mewah di Aceh.

Bus Aceh terbaru rata – rata memiliki klasifikasi “Scania Jetbus” yang diimpor dari Eropa oleh perusahaan Karoseri Adiputro, dan Karoseri Gunung Mas di Madiun Jawa Timur. Bus-Bus ini dirancang dengan kabin yang mewah dan bersih, juga memiliki suspensi tinggi. Fitur-fiturnya menobatkannya sebagai bus kelas premium yang ekslusif.

Mobilisasi masyarakat Aceh menuju provinsi tetangganya yaitu Sumatera Utara yang tinggi membuat penyedia jasa angkutan darat ini berlomba memberikan pelayanan terbaik. Tujuannya tentu saja untuk kepuasan pelanggan.
Demi kenyaman penumpang pula semua armada tampaknya berlomba-lomba menampilkan bus-bus terbarunya. Termasuk kehadiran bus dua tingkat di Aceh yang pertama di Sumatera.

Sopir bus tersebut, Amiruddin, mengaku sangat nyaman mengemudikan bus dua tingkat tersebut. Pria asal Bayeun, Aceh Timur ini menjelaskan, interior bus mewah ini memiliki ciri khas tersendiri. “Penumpang juga sangat puas dengan pelayanan di bus ini selama di perjalanan. Bus ini sangat berbeda dengan bus lainnya,” katanya, seperti dilansir NBC Indonesia.

Secara keseluruhan bus ini memiliki dimensi panjang 13.500 milimeter, lebar 2.500 milimeter dan tinggi 4.150 milimeter. Harga satu unit bus ini mencapai Rp 3,5 miliar lho. Ukuran ini dinilai sebagai ‘kelemahan’ karena terlalu tinggi. Fasilitas yang ada di bus ini ikut memengaruhi standar harganya yang di atas rata-rata.

Untuk deck bawah harganya Rp 430 ribu, sedangkan deck atas Rp 250 ribu. Bus ini memiliki AC yang tidak hanya ada di bagian atas kursi penumpang. Kursi elektriknya bisa diatur sesuai dengan posisi yang dinginkan. Ada televisi layar datar mini di depan kursi penumpang, wi-fi gratis dan kamar mandi yang nyaman dengan desain keren.

Di deck bawah, hanya bisa diisi oleh empat penumpang saja sedangkan di atas ada 21 kursi. Kehadiran bus ini sangat diminati masyarakat, bahkan tak sedikit yang hanya naik untuk sekadar foto-foto. Bagaiman, penasaran? Ayo, datang ke Aceh. (Sn-02)
sumber : simantab

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

JUMLAH PEJUANG ASING ISIS TURUN TAJAM

Jumlah pejuang asing yang masuk ke Irak dan Suriah untuk bergabung dengan ISIS telah menurun tajam tahun ini.

Jumlah pejuang asing yang masuk ke Irak dan Suriah untuk bergabung dengan ISIS telah menurun tajam, sangat kecil dibanding jumlah pejuang asing yang masuk tahun lalu, demikian menurut seorang jenderal Amerika hari Selasa (26/4).

Mayor Jenderal Peter Gersten, Wakil Komandan Operasi dan Intelijen bagi koalisi tempur ISIS yang dipimpin Amerika, mengatakan kepada para wartawan melalui telewicara dari Baghdad bahwa kira-kira 1.500 hingga 2.000 pejuang asing masuk ke Irak dan Suriah setiap bulan ketika ia mulai ditugaskan ke Baghdad pada pertengahan tahun 2015.

“Kini setelah kita bertempur melawan ISIS selama satu tahun, perkiraan kami jumlah itu turun menjadi kira-kira 200 orang (per bulan),” kata Mayjen Gersten.

Koalisi juga melihat meningkatnya jumlah pembelotan pejuang ISIS, serta ketidakmampuan kelompok militan ini untuk membayar gaji para pejuangnya, ujar Mayjen Gersten.

“Kami melihat ketidakmampuan untuk bertempur. Kami mengamati mereka berusaha meninggalkan ISIS, dan dalam segala aspek, kini moral mereka telah hancur,” kata Mayjen Gersten. [zb/ds]
sumber: voaindonesia

Posted in Berita | Leave a comment

73 GURU SEKOLAH MINGGU DARI 21 RUNGGUN GBKP IKUTI WORKSHOP DI KLASIS RIAU-SUMBAR

Karo (SIB)- Sebanyak 73 guru sekolah minggu dari 21 runggun (majelis jemaat) Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) di Klasis Riau-Sumbar mengikuti workshop dengan tema “Kreativitas guru KA-KR dan psikologi anak/remaja Kristen”, Jumat (29/4) di Kantor Klasis GBKP Riau-Sumbar Jalan Rajawali Pasir Putih Kampar Provinsi Riau.

Acara yang dibuka Ketua Klasis GBKP Riau-Sumbar, Pdt Jefry Alexander Peranginangin tersebut berlangsung hingga Sabtu (30/4) ini. Dua narasumber dalam workshop tersebut didatangkan dari Kabanjahe Kabupaten Karo, yakni Pdt Elys Siska br Tarigan STh dan Inri Maharani br Karo SPsi.

Materi yang dibawakan kedua narasumber tersebut adalah visi dan misi pelayanan anak, mengenal psikologi anak dan cara menghadapinya, sekolah minggu spesial, dan mengajar sekolah minggu kreatif.

Menurut Ketua Pengurus KA-KR GBKP Klasis Riau-Sumbar, Pertua (Pt) Eliakim Sitepu didampingi Bendahara Badan Pekerja Majelis Klasis Pt Lesta D Tarigan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin KA-KR dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru-guru sekolah minggu sekaligus menjadi forum untuk bertukar pikiran.

Kegiatan ini begitu penting karena anak-anak dan remaja GBKP di Klasis Riau-Sumbar ini sangat banyak jumlahnya, sehingga keberadaan guru-guru sekolah minggu yang kreatif dan inovatif sangat diharapkan, kata Sitepu.

Adapun 73 guru sekolah minggu tersebut berasal dari Runggun Duri, Logas Tanah Darat, Teluk Sasah, Ujung Batu, Padang, Balam, Dumai, Bagan Batu, Perawang, Libo Jaya, Ujung Batu Maranata Kabun, Pekanbaru, Pangkalan Kerinci, Sei Medang, Sei Buaten, Kandis, Kampar, Rokan Hulu, Lubuk Dalam, Bukit Raya Pekanbaru, dan Munas. Adapun beberapa runggun lagi dari Batam, tidak bisa mengirimkan guru sekolah minggu karena sedang mengikuti kegiatan lain. (F05/f)
sumber: hariansib

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima | Leave a comment

DUA POLISI SABHARA INI ‘DIHAJAR’ WARGA DESA BEGANDING

Dicurigai Sering Nyabu dan Transaksi Narkoba

TANAH KARO–SUMBER-Dua orang oknum personil polisi disebut-sebut bertugas di Sat Sabhara Polres Karo, nyaris menjadi bulan-bulanan warga Desa Beganding, Kecamatan Simpang Empat, Jumat (22/04/2016) kemarin sekira pukul 20.00 WIB malam.

Keterangan yang diperoleh SUMUTBERITA dari Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Beganding, Helen Ria br Bangun menyebutkan, saat menghadiri pertemuan dengan keluarganya malam itu, tiba-tiba ia mendengar keributan kecil di warung kopi (warkop) milik Rocky Sembiring. Warung itu terletak tak jauh dari rumah keluarganya.

Mendengar itu, ia lantas mendatangi warkop tersebut guna mencari tahu apa yang sedang terjadi. Saat itu, ia melihat kerumunan warga yang didominasi kaum ibu sudah berkumpul di depan warkop itu.

Di dalam warkop, ia juga melihat dua orang oknum polisi. Seorang berpakaian dinas polisi lengkap, sedang mengutak-atik satu unit mesin judi jackpot. Sedangkan rekannya terlihat mengenakan pakaian kaos singlet dan celana dinas polisi.

“Mau ngapain pak? Mau ngangkat jackpot ya?,” tanya Helen saat itu kepada salah satu oknum polisi. “Tidak, saya cuma mau nemui mamaku (paman),” ujar Helen menirukan jawaban salah satu oknum polisi yang belakangan diketahui bermarga Purba didampingi rekannya yang juga oknum polisi bermarga Sidauruk.

Helen lantas mengingatkan oknum polisi itu untuk tidak melakukan aktifitas yang memicu keributan sehingga mengganggu warga setempat. Pasalnya, sesuai informasi yang ia terima dari warga, kedua oknum polisi itu sering datang ke desa itu dan dicurigai kerap menggelar pesta sabu di rumah salah satu warga.

Dikatakan, warga juga mencurigai kedua oknum polisi itu kerap melakukan transaksi narkoba di dalam warkop yang dicurigai sebagai markas sabu itu. Menurut warga, kata dia, di lantai dua warkop itu kerap terdengar suara dentuman musik yang cukup keras hingga pukul 04.00 WIB dinihari.

“Karena curiga, malam itu juga warga langsung melaporkan kedua oknum polisi itu ke Kapolres Karo. Warga sudah cukup resah sama polisi itu. Kadang mereka datang empat orang dan sering juga mereka bawa mobil dinas polisi,” sebut Helen sesuai info dari warga.

Dikatakan, saat menunggu kehadiran Kapolres Karo, ia lantas kembali melanjutkan acara di rumah keluarganya. “Setelah kutinggal, situasi langsung memanas karena kedua oknum polisi itu melayangkan sikap protes kepada warga. Makanya situasinya makin keruh,” kata Helen.

Aksi protes oknum polisi itu lantas memicu kemarahan warga. Kehadiran warga yang semakin ramai, membuat kedua oknum polisi itu ketakutan dan langsung melarikan diri dengan berpencar. Melihat itu, warga lantas mengejar kedua polisi itu.

Saking takutnya, oknum polisi bermarga Sidauruk sempat berlari memasuki kamar tidur di rumah warga. Dalam keadaan terdesak, ia sempat mendapat beberapa kali pukulan. Namun, ia masih beruntung dan dapat lolos usai diselamatkan rekannya yang merupakan warga setempat.

Lebih lanjut dikatakan, saat kedua polisi itu kabur, warga sempat mendengar suara tembakan pistol sebanyak dua kali. “Beberapa warga mengaku sempat mendengar dua kali suara letusan pistol,” ungkap Helen.

Selang beberapa saat, Kapolres Karo AKBP Victor Togi Tambunan bersama puluhan personil Polres Karo tiba di lokasi. Personil polisi langsung menggeledah warkop tersebut. Benar saja, polisi menemukan 1 buah plastik bening dan 1 set bong di lorong yang terletak di samping warkop.

Meski demikian, Kapolres Karo menyebut kedua benda yang ditemukan itu tidak dapat dijadikan sebagai alat bukti untuk melakukan penahanan terhadap kedua oknum polisi tersebut. Alasannya, kedua barang tersebut sudah dalam kondisi kering dan usang.

“Sudah kita geledah rumah yang dituduhkan sebagai tempat transaksi narkoba. Mesti ditemukan 1 buah plastik bening dan bong, tidak dapat dijadikan sebagai alat bukti, karena alat tersebut sudah kering dan usang,” sebut Victor kepada ratusan warga malam itu saat menggelar pertemuan di Jambur Desa Beganding terkait peristiwa itu.

Untuk menguatkan tuduhan terhadap kedua oknum polisi itu, Kapolres Karo meminta kepada warga untuk bersedia menjadi saksi mata, bagi yang pernah melihat kedua oknum polisi itu menggelar pesta sabu.

“Kami minta kepada warga untuk siap menjadi saksi, agar kami bisa melakukan penindakan terhadap dua orang oknum polisi yang diduga melakukan transaksi narkoba dan pesta sabu. Kalau tidak ada saksi, kedua oknum polisi itu akan kami tindak sesuai aturan disiplin Polri,” kata Victor.

Sementara, Ketua BPD Beganding, Helen Ria br Bangun menambahkan, siapa saja yang datang ke desanya wajib dipertanyakan. Baik kepada warga pendatang, bahkan oknum polisi. Hal itu mengingat maraknya peredaran narkoba di desa tersebut belakangan ini, yang telah meresahkan warga desanya.

“Kita sudah berulang kali mengadakan sosialisasi untuk pemahaman dan perlawanan terhadap narkoba, kita bekerja sama dengan beberapa pihak. Informasi warga, desa ini sudah dijadikan sebagai pusat transaksi narkoba,” tutup Helen.PARDI SIMALANGO
sumber: sumutberita

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

SINYAL PDIP USUNG RISMA DI PILGUB DKI KIAN MENGUAT

Merdeka.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) belum punya jago untuk dimajukan dalam Pilgub DKI 2017. PDIP masih menjaring bakal calon gubernur DKI yang nanti akan diusung buat lawan incumbent Basuki T Purnama.

Calon PDIP tentu paling dinanti. Sebab, PDIP partai pemenang pemilu dan memiliki suara terbanyak di DKI. Tanpa harus koalisi, PDIP bisa usung calon sendiri.

Di internal, ada nama Boy Sadikin dan Djarot Saiful Hidayat. Keduanya memang tak asing lagi di Jakarta. Boy adalah mantan Ketua DPD PDIP Jakarta, sementara Djarot masih menjabat wakil gubernur DKI.

Namun di luar nama itu, sosok Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga belakangan semakin mencuat. Bahkan beberapa waktu lalu beredar foto deklarasi dukungan kepada Risma buat Pilgub DKI di depan kantor DPP PDIP di Jakarta.

Mereka membentangkan spanduk bertuliskan ‘deklarasi dukungan Tri Rismaharini sebagai Cagub DKI 2017-2022.

Tak jelas siapa mereka, siapa yang menggerakkan. Sosok Risma memang diyakini satu-satunya yang bisa mengimbangi elektabilitas dan popularitas Ahok di DKI.

Hanya saja, sejak digadang maju, Risma sudah mentah-mentah menolak. Bahkan dia sudah bicara dengan sang Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Saya sudah sampaikan itu ke Bu Mega waktu saya menang Pilkada Surabaya,” ujar Risma di Kantor Kemendagri, Jakarta Selatan, Jumat (22/4).

Menurut dia, Mega pun tak masalah dengan penolakannya itu. Meski Mega hanya menjawab singkat.

“Seingat saya (jawaban Ibu Megawati) itu, ‘Gitu toh, Mbak’. Seingat saya itu jawabannya. ‘Gitu toh, Mbak’. Ya saya jawab, ‘Iya’,” terang Risma.

Alasan Risma menolak cuma satu, ingin menyelesaikan tugas di Surabaya sampai selesai. Dia tak ingin mengkhianati warga Surabaya hingga 2020.

“Endaklah. Saya sudah sampaikan saat saya terpilih jadi wali kota Surabaya bahwa saya punya janji dengan warga Surabaya. Saya enggak bisa kemudian saya lepas begitu saja,” tandasnya.

Namun, penolakan Risma dinilai bukan berarti tak bisa diusung oleh PDIP di Jakarta. Sebagai kader PDIP, Risma diwajibkan ikut perintah partai.

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun menilai, masih ada kemungkinan besar bagi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, untuk diusung sebagai Gubernur DKI Jakarta dalam Pilgub DKI 2017 mendatang. Meskipun, sejak awal Risma sudah menyatakan menolak dan tak mau membohongi warga Surabaya.

Komarudin mengatakan, Risma tak bisa menolak perintah partai. Terlebih itu direkomendasikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Saya bilang politik itu kemungkinan. Bisa saja terjadi. Sebagai kader tidak bisa (menolak). Kalau partai memerintahkan, tidak ada bilang tidak bisa. Pasti harus dilaksanakan,” kata Komarudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (29/4).

Anggota komisi II DPR tersebut menjelaskan bahwa, saat ini calon kepala daerah PDIP untuk 156 wilayah tengah ditutup. Selanjutnya akan ada fit and proper test terkait faktor psikologis, kepemimpinan, daya juang, hingga kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

“Masih diverifikasi sekarang. Nanti diserahkan ke DPP, baru kita lakukan proses psikotes dan wawancara,” tuturnya.

Menurut Komarudin, ada beberapa kader yang sebelumnya tidak melalui proses uji kelayakan, namun biasa diusung menjadi kepala daerah. Salah satunya ialah Presiden Jokowi.

“Jokowi ditugaskan jadi presiden tidak lewat proses fit and proper test segala, tapi langsung ditugaskan,” pungkasnya.
sumber: merdeka

Posted in Berita | Leave a comment

TERTANGKAP EDARKAN 30 KG GANJA, ANGGOTA TNI MENANGIS

Merdeka.com – Seorang anggota TNI, Sertu J ditangkap bersama pasangan suami istri SR dan SJ di Jalan Bunga Rampai, Simalingkar Medan. Dari tangan ketiganya disita 30 kg ganja. Berdasarkan informasi dihimpun, ketiga pengedar narkoba ini diringkus petugas Unit Reskrim Polsek Delitua, Jumat (29/4) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

“Awalnya, unit reskrim Polsek Delitua mendapat info dari masyarakat mengenai seringnya transaksi ganja di Jalan Bunga Rampai,” kata Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Sabtu (30/4) siang.

Setelah melakukan penyelidikan, petugas mendapati tiga orang diduga tengah melakukan transaksi narkoba. Ketiganya disergap. Dugaan petugas tak meleset. Dari dalam mobil yang ditumpangi ketiganya ditemukan 15 kg ganja.

“Setelah pengembangan, petugas kembali menemukan 15 kg ganja di semak-semak dekat lokasi,” sambung Mardiaz.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, salah seorang yang ditangkap merupakan anggota TNI AD, Sertu J. Dia diketahui bertugas di Azendam Kodam I Bukit Barisan.

Selain 30 kg ganja, petugas juga mengamankan sepucuk senjata api rakitan dan 3 butir peluru. Mereka juga menyita KTP dan sejumlah uang tunai.

Saat dipaparkan kepada wartawan, Sertu J banyak tertunduk. Pria berbadan gempal dan berambut cepak ini bahkan menangis.

Mardiaz mengatakan, pihak kepolisian akan menyerahkan Sertu J ke Pom Dam untuk diproses lebih lanjut. Sementara Dandim 02/01 BS Kolonel (Inf) Maulana Ridwan menyatakan Sertu J akan ditindak tegas. “Yang jelas ada prosesnya, setelah ini ditindaklanjuti, dia berbuat begini berarti siap menerim hukuman,” tegasnya.

Sertu J mengaku mengawal ganja itu dari dari Blangkejeren, Gayo Luwes, Aceh. Dia mendapat upah Rp 2 juta dan sudah melakukannya 2 kali. Rencananya narkotika itu akan diedarkan di kawasan Kota Binjai. “Kami masih melakukan pengembangan kasus peredaran ganja jaringan Aceh-Medan-Binjai ini,” pungkas Mardiaz.[noe]
sumber: merdeka

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima | Leave a comment

‘KETIKA SANG BIG BOSS SABU TAK LAGI SEPANDAI TUPAI’

Catatan : Redaktur SUMUTBERITA.COM, Pardi Simalango ST

TANAH KARO – SUMBER-Sekian lama menjadi salah satu bandar terbesar sabu di Tanah Karo, Edi Siboro tak pernah tersentuh hukum.

Meski bisnis yang digelutinya sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat, namun seluruh jajaran Polres Karo bak terhipnotis.

Hal ini sontak menuai indikasi jika sebagian besar oknum polisi telah terkontaminasi dengan uang haram yang dimiliki sang bandar.

Itu dibuktikan dengan kian maraknya peredaran sabu di Karo yang sudah merambah hingga ke pelosok-pelosok desa.

Selain “ngerti” sama petugas polisi, Edi Siboro dikenal cukup licin. Itu terbukti saat dilakukan penggerebekan dikediamannya di Jalan Perumahan Rakyat, Gang Aditya, Lingkungan VI, Kelurahan Gung Negri, Kecamatan Kabanjahe, Senin 20 April 2015 lalu.

Penggerebekan yang “diotaki” personil TNI itu, memaksa aparat dari Polres Karo ‘mau tak mau’ wajib turut serta dalam aksi penggerebekan. Entah memang licin atau dibantu “skenario” polisi, yang jelas malam itu Edi Siboro ‘selamat’ dari sergapan petugas.

Dari penggerebekan itu, petugas ‘hanya’ mengamankan seorang pria bernama Bastanta Nari Sinarta Sembiring Meliala. Ia bersembunyi di dalam kamar bersama seorang wanita bernama Sari yang mengaku sebagai istri Edi Siboro.

Selanjutnya, petugas yang melakukan penggeledahan di dalam kamar, menemukan sabu seberat 1,4 ons yang disimpan di dalam dompet kain warna merah.

Petugas juga menemukan 1 gulung aluminium foil, timbangan elektrik, dompet warna coklat, 16 unit HP, mancis, camera pocket, pipa kaca berisi sabu dan uang tunai sebesar Rp 30.567.000 yang diduga hasil penjualan sabu.

Namun, bak kata pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Sang big boss sabu itu kini tak lagi sepandai tupai.

Meski mendapat “restu” dari pihak berwajib di Karo, Edi Siboro akhirnya kandas ditangan petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut, Selasa (26/04/2016) kemarin. Penangkapan itupun dibenarkan Kepala BNNP Sumut Brigjend Pol Andi Loedianto.

Alhasil, mencuatnya pemberitaan di sejumlah media massa tentang penangkapan dirinya, langsung mengundang reaksi dari masyarakat Karo dan kalangan kepolisian. Edi Siboro mendadak bak artis ibukota yang menjadi ‘buah bibir’.

Kontan saja, sorotan tajam lantas ditujukan ke pihak Polres Karo menyusul pasca ditangkapnya Edi Siboro. Sangat disayangkan penangkapan tersebut bukan dilakukan oleh Sat Narkoba Polres Karo, mengingat ‘pasien’ Edi Siboro mayoritas berada di wilayah hukum Polres Karo.

“Kenapa BNNP Sumut yang nangkap? Kemana aparat-aparat hukum di Karo ini? Ini harus dilakukan pengembangan, mana tau ada keterlibatan oknum-oknum aparat hukum. Kemana beliau setor selama ini dan berapa setorannya agar penjualan mereka aman-aman saja,” cetus Robinson Purba dikutip dari akun facebooknya ketika menanggapi berita penangkapan Edi Siboro yang diposting SUMUTBERITA.

Hal senada dilontarkan Gantina Sembiring warga Kabanjahe. “Ini harus diusut tuntas hingga ke akar-akarnya. Supaya masyarakat tau siapa siapa saja yang ikut terlibat. Siapa yang back up dan siapa penyokong dananya,” kata Gantina.

Ia menuding jika bisnis sabu yang dikelola Edi Siboro selama ini sengaja dilakukan pembiaran oleh polisi khususnya Sat Narkoba Polres Karo.

“Dia selama ini masih terlihat bebas berkeliaran di Kabanjahe, juga di sekitar Rutan Kabanjahe. Kenapa cuma pengedar dan pemakai saja yang ditangkap, sedangkan bandar besar sekelas Edi Siboro dibiarkan merajalela. Mustahil jika narkoba bisa diberantas habis di Karo ini,” kata dia.

Ia menduga, Edi Siboro juga berperan dalam peredaran sabu di kawasan Rutan Kabanjahe. “Dia sering berada di sekitar Rutan Kabanjahe. Mungkin ‘barang’ dia juga ada masuk ke dalam. Walau dia sudah tertangkap, ini harus tetap diawasi,” tutupnya.
sumber: sumutberita

Foto: Bastanta Nari Sinarta Sembiring Meliala yang ditangkap saat penggerebekan dikediaman Edi Siboro beberapa waktu lalu. SUMBER/dok

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

KEPALA BNNP SUMUT : TERSANGKA EDI SIBORO DITANGKAP DIDALAM MOBIL

TANAH KARO–SUMBER-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara (Sumut) menangkap salah satu bandar besar sabu di Tanah Karo, Edi Siboro warga Kota Kabanjahe.

Ia diciduk sejumlah petugas saat melintas di Jalan Medan – Berastagi, tepatnya di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan, Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat, Selasa (26/04/2016) sekira pukul 18.00 WIB kemarin.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala BNNP Sumut Brigjend Pol Andi Loedianto saat dihubungi SUMUTBERITA melalui selulernya, Kamis (28/04/2016) sekira pukul 20.10 WIB malam.

Dikatakan, dari penangkapan itu, pihaknya berhasil meringkus dua orang tersangka lainnya di lokasi berbeda usai dilakukan pengembangan. Disebutkan, ketiga tersangka tersebut merupakan sindikat jaringan peredaran narkotika jenis sabu antar daerah.

“Setelah Edi Siboro ditangkap, selanjutnya kita lakukan pengembangan dan kita menangkap dua orang tersangka lagi yakni Romi Difianda dan seorang wanita berinisial VW. Total barang bukti sabu yang kita amankan lebih kurang 1 ons,” kata Andi.

Dipaparkan, pihaknya juga mengamankan 2 unit mobil yakni jenis Suzuki Ertiga BK 1255 FI dan Honda Jazz, 1 unit sepeda motor, 1 timbangan elektrik, 1 buah bong dan 4 unit HP. “Tersangka Edi Siboro diamankan dari dalam mobil Suzuki Ertiga,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ditangkap, dari Edi Siboro ditemukan barang bukti berupa 1 klip plastik bening berles merah berisi sabu seberat lebih kurang 5 gram. Ia selanjutnya dibawa ke markas BNNP Sumut untuk diperiksa.

Selanjutnya, hasil pengembangan atas pemeriksaan itu, BNNP Sumut mengendus nama tersangka lainnya yakni Romi Difianda.

Ia diciduk petugas di Jalan Medan – Berastagi, tepatnya di depan kolam pancing di Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (26/04/2016) sekira pukul 23.00 WIB malam.

Darinya, ditemukan barang bukti berupa 1 paket sabu seberat lebih kurang 50 gram dan 2 paket berisi sabu masing-masing seberat lebih kurang 5 gram.

Tak sampai disitu, BNNP Sumut kembali meringkus satu tersangka lainnya esok harinya, Rabu (27/04/2016) sekira pukul 02.30 WIB dinihari. Tersangka baru berinisial VW ditangkap di Jalan Sunggal, Komplek Sri Gunting Blok G No. 5 Medan.

Petugas mengamankan barang bukti berupa 1 paket sabu seberat lebih kurang 50 gram dan 1 timbangan elektrik dari wanita tersebut. “Hingga kini, ketiga tersangka masih diperiksa di Kantor BNNP Sumut,” tutup Andi. PARDI SIMALANGO
sumber: sumutberita

Posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment