SETYA NOVANTO SYOK DIVONIS 15 TAHUN PENJARA

Jakarta, CNN Indonesia — Mantan Ketua DPR Setya Novanto alias Setnov mengaku kaget dengan vonis 15 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan dalam perkara korupsi proyek pengadaan e-KTP. Ia menyatakan majelis hakim tak mempertimbangkan fakta yang muncul di persidangan.

“Pertama-tama, saya sangat syok sekali karena apa yang didakwakan dan apa yang disampaikan perlu dipertimbangkan. Karena tidak sesuai dengan persidangan yang ada,” kata Setnov usai sidang vonis di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (24/4).

Meski begitu, Setnov mengaku tetap tetap menghormati dan menghargai vonis yang dibacakan ketua majelis hakim Yanto serta anggota hakim Emilia Djajasubagia, Anwar, Ansyori Syarifudin, dan Franky Tambuwun.

Setnov mengaku tengah memikirkan apakah akan mengambil langkah hukum banding atas vonis 15 tahun bui tersebut.

“Saya tetap hormati menghargai dan saya lagi minta waktu untuk mempelajari dan konsultasi dengan keluarga dan juga dengan pengacara,” tuturnya.

Dalam kasus ini, Setnov mengklaim tak pernah tahu dan terlibat dalam pengurusan anggaran sampai pengadaan proyek e-KTP. Setnov juga tak tahu menahu mengenai bagi-bagi uang dalam proyek yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun itu.

“Masalah tender, masalah apa yang disampaikan tadi itu tidak sesuai dengan persidangan semua. Dan tidak pernah dari awal, tidak mengikuti dan mengetahui, dan tentu itulah yang saya sangat kaget juga,” kata dia.

Lebih lanjut, Setnov mengaku sudah kooperatif dengan penyidik maupun penuntut umum KPK selama proses hukum perkara korupsi e-KTP ini. Setnov juga telah menyerahkan daftar penerima uang proyek e-KTP sebagai bagian permohonan justice collaborator (JC).

“Tentu saya dengan KPK sudah sangat kooperatif. Sudah mengikuti apa semua secara baik, baik kepada penyidik, JPU. Saya hormat dan sudah melaksanakan sebaik mungkin,” tuturnya.

Dalam kasus ini, selain divonis 15 tahun penjara, pengadilan memerintahkan Setnov membayar uang pengganti sebesar US$7,3 juta dikurangi sebesar Rp5 miliar yang telah diberikan kepada penyidik KPK. Ia juga dihukum untuk tidak menduduki jabatan publik selama 5 tahun terhitung sejak dirinya selesai menjalani masa hukuman pidana. (kid)
sumber: cnnindonesia
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita | Leave a comment

GOLKAR DOAKAN SETNOV TABAH DIVONIS 15 TAHUN PENJARA

Jakarta, CNN Indonesia — Partai Golkar mendoakan mantan ketua umum Setya Novanto tabah setelah divonis 15 tahun penjara karena dinilai hakim terbukti korupsi dalam proyek e-KTP.

“Apapun keputusan yang diambil Pak Novanto (terhadap putusan), kami hanya bisa mendoakan agar Pak Novanto tabah dan sabar dalam menghadapi kasus hukumnya,” kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily dalam pesan singkatnya, Selasa (24/4).

Golkar, kata dia, prihatin atas vonis majelis hakim yang memutuskan vonis 15 tahun untuk Setnov. Namun, Golkar menyerahkan kepada Setnov atas langkah hukum berikutnya terkait putusan tersebut.

“Soal vonis yang tidak sesuai harapan Pak Novanto, semua dikembalikan kepada Pak Novanto dan penasehat hukumnya sendiri untuk mengambil langkah hukum selanjutnya apakah akan banding atau tidak,” kata dia.

Wakil Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Golkar wilayah Sumatera Ahmad Doli Kurnia mengapresiasi perubahan sikap yang ditunjukkan Setnov selama proses persidangan.

“Dari awal tidak mengaku, kemudian mengaku hingga akhirnya akan membantu untuk menuntaskan kasus e-KTP ini. Itu juga harus diapresiasi perubahan sikapnya,” kata Doli terpisah.

Mengenai hukuman, Doli menyerahkan sepenuhnya kepada majelis hakim. Majelis hakim, kata dia telah mempertimbangkan banyak aspek dalam mengambil putusan.

“Termasuk tuntutan dari JPU (Jaksa Penuntut Umum), keterangan-keterangan saksi kita percayakan pada mekanisme peradilan. Apapun keputusannya itu merupakan keputusan terbaik yang dibuat oleh hakimnya,” katanya.

Setnov divonis 15 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Setnov dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi proyek pengadaan KTP Elektronik (e-KTP), yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun.

“Mengadili menyatakan terdakwa Setya Novanto telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan bersama sama, sebagaimana dalam dakwaan kedua jaksa penuntut umum,” kata ketua majelis hakim Yanto membacakan amar putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (24/4). (osc)
sumber: cnnindonesia
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita | Leave a comment

APA LANGKAHMU SELANJUTNYA, PRABOWO?

Jakarta, CNN Indonesia — Teka-teki pencalonan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2019 terjawab sudah dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Gerindra, pekan lalu.

Bertempat di rumah pribadi Prabowo di Hambalang, Bogor, yang berada puluhan kilometer dari Jakarta itu, purnawirawan jenderal bintang tiga tersebut secara tegas menyatakan siap menerima mandat yang diberikan Partai Gerindra sebagai capres di 2019.

“Baru saja saya menerima keputusan saudara-saudara sekalian dan sebagai mandataris partai, pemegang mandat saudara sekalian, sekaligus ketua umum. Saya menyatakan diri tunduk dan patuh,” kata Prabowo di atas podium berlatar belakang api unggun yang menyala.

“Saya menerima keputusan ini sebagai suatu penugasan, suatu amanat, suatu perintah, dan saya menyatakan siap melaksanakannya,” lanjutnya yang diiringi luapan kegembiraan seluruh kader Gerindra yang hadir di sana.

Pernyataan tegas Prabowo itu boleh jadi mencerminkan latar belakangnya sebagai prajurit yang siap menerima perintah yang diberikan kepadanya.

Atau, Prabowo yang tahun ini menginjak usia 67 tahun, boleh jadi juga sangat sadar bahwa gelaran pilpres 2019 merupakan arena pertarungan terakhir sebelum pensiun di dunia politik tanah air.
Lihat juga:PKS, Simalakama Buat Prabowo
Apapun itu, Prabowo yang memiliki rata-rata elektabilitas sebesar 20 persen dari berbagai lembaga survei nasional telah menjawab seluruh keraguan yang ditujukan padanya.

Berbagai faktor kesehatan, usia, keluarga, hingga ‘logistik’ atau dana untuk mengarungi kontestasi pilpres, yang sempat didesas-desuskan jadi halangan pencalonannya, sejauh ini tidak terbukti.

Untuk urusan logistik misalnya, isu angka Rp5-6 triliun yang disebut harus disediakan apabila ingin mencalonkan diri, sepertinya telah diselesaikan.

Toh, ketika sudah mendeklarasikan diri, justru dukungan dari berbagai pihak akan datang, tentu termasuk bantuan untuk urusan logistik.

Tapi, terlepas dari faktor-faktor yang sebenarnya krusial tersebut, pertanyaan selanjutnya kepada Prabowo adalah ‘apa selanjutnya’?

Dalam hasil jajak pendapat berbagai lembaga, Prabowo Subianto disebut memiliki elektabilitas lebih dari 20 persen. Dalam hasil jajak pendapat berbagai lembaga, Prabowo Subianto disebut memiliki elektabilitas lebih dari 20 persen. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Koalisi

Sebagai pemilik 73 kursi parlemen, Gerindra tentu belum cukup seorang diri untuk mengusung Prabowo sebagai calon presiden. Dibutuhkan 39 kursi tambahan untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen atau setara 112 kursi.

Persyaratan itu telah mencukupi dengan bergabungnya Partai Keadilan Sejahtera yang memiliki 40 kursi, sebagai sekutu utama Gerindra.

Namun mengarungi kontestasi sekelas Pilpres dengan kapal kecil tentu memiliki risiko tersendiri.

Opsi terakhir Gerindra adalah dengan mengharapkan PAN ikut bergabung mengusung Prabowo.

Secara matematis, jika PAN yang memiliki 49 kursi ikut bergabung maka jumlah dukungan yang dikantongi Prabowo akan mencapai 162 kursi.

Jumlah itu memang mencukupi untuk persyaratan pencalonan, tapi lagi-lagi masih menjadi tanda tanya besar untuk konsolidasi pemenangan.
Lihat juga:PA 212 Sowan ke Rizieq Shihab Bahas Capres 2019

Cawapres

Jika sudah selesai dengan urusan persyaratan, tentu perhitungan berikutnya adalah soal sosok yang akan mendampingi Prabowo. Di sini, PKS pun telah menyiapkan sembilan nama yang akan disandingkan dengan Prabowo.

Kesembilan nama itu adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan; Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid; Fungsionaris PKS M. Anis Matta; Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno; Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman; Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri; Anggota DPR Tifatul Sembiring; Anggota DPR Al Muzammil Yusuf MS dan Anggota DPR Mardani Ali Sera.

Dari sembilan nama itu, sosok Ahmad Heryawan alias Aher dan Anis Matta disebut-sebut menjadi kandidat kuat, meski hingga saat ini PKS belum menyimpulkan satu nama.

Siapapun yang dipilih untuk mendampingi tentu diharuskan bisa menaikkan elektabilitas Prabowo.

Atau jika PAN nanti resmi bergabung, masih ada sosok Zulkifli Hasan yang telah jauh-jauh hari bersafari keliling Indonesia. Dengan status sebagai Ketua MPR, Zulkifli juga telah diamanatkan dalam internal PAN sebagai capres atau cawapres.

Atau, bisa saja, sosok pendamping Prabowo bukan dari PKS maupun PAN. Bahkan bukan tak mungkin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nantinya akan didapuk menjadi calon RI 2.

Peluang itu terbuka mengingat Anies di Pilkada DKI Jakarta 2017 diusung Gerindra, PKS dan PAN. Sosok Anies juga dekat dan relatif lebih diterima di kalangan PKS.

Satu hal yang pasti, perhitungan Prabowo maupun Gerindra memilih wakil ini harus betul-betul cermat agar dapat mengalahkan Presiden Joko Widodo di kesempatan kedua dan terakhir ini.
Lihat juga:Prabowo Disebut Pernah Diminta Jadi Cawapres Jokowi
PKS telah menyiapkan sembilan nama sebagai calon wapres yang akan mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. PKS telah menyiapkan sembilan nama sebagai calon wapres yang akan mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Menit-menit Terakhir

Prabowo maupun Gerindra masih memiliki waktu sekira empat bulan sampai Agustus untuk mempersiapkan semua hal, baik koalisi hingga bakal cawapres.

Hingga saat ini, pertarungan di pilpres 2019 pun baru memperlihatkan pertandingan ulang antara Jokowi dengan Prabowo. Opsi poros ketiga yang didengungkan Demokrat belum ada kejelasan sama sekali.

Akan tetapi, perlu diingat masih ada sosok mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sebagai calon alternatif yang bisa saja menjadi kuda hitam.

Memang secara matematis peluang Gatot tertutup setelah Prabowo resmi diusung Gerindra. Namun, di ranah politik semua hal bisa terjadi sampai menit-menit akhir pendaftaran.

Contoh paling dekat peralihan dukungan di injury time terlihat pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Walaupun beda ranah dan konteks, tapi setidaknya pilkada tahun lalu itu telah mencerminkan bahwa semua bisa terjadi dalam dunia politik.

Bulan Juli 2017, Rakornas Gerindra mendapuk Sandiaga Uno sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Prabowo yang menunjuk langsung Sandiaga dan kemudian menjadi keputusan akhir partai.

Faktanya, dua bulan kemudian atau di bulan September fase-fase terakhir pendaftaran, justru Gerindra dan PKS mengusung Anies-Sandi sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Padahal, sebelumnya Sandiaga sempat diduetkan dengan politikus PKS Mardani Ali Sera.

Memang perhitungan di Pilkada DKI Jakarta berbeda dengan pilpres yang lingkupnya nasional dan jauh lebih rumit dalam berbagai aspek.

Misalnya saja, sebelum pendaftaran bakal capres dan cawapres, masih ada pilkada serentak 2018 di 171 daerah yang berlangsung bulan Juni selepas libur Lebaran.
Lihat juga:Survei Kedai KOPI: Gatot Nurmantyo Cawapres Paling Favorit
Gerindra, melalui Hashim Djojohadikusumo dam Aryo Djojohadikusumo juga telah mengakui bahwa delapan provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat dan Bali menjadi kunci pencalonan Prabowo.

Jika semua pasangan yang dicalonkan Gerindra di delapan provinsi itu bisa memenangkan pertarungan, bukan tidak mungkin Prabowo dapat mengalahkan Jokowi.

Tetapi kekalahan di sebagian daerah, terutama di Jawa Barat dan Jawa Tengah yang merupakan lumbung suara, akan memaksa Prabowo bekerja keras dua kali lipat sembari berhitung dengan cermat pada kontestasi nanti.

Lantas apakah kemudian dengan kondisi itu Prabowo akan berpikir ulang dan legawa menyerahkan mandatnya kepada calon lain, misalnya Gatot? Siapapun tidak ada yang bisa menjawabnya saat ini.

Andai kondisi itu terjadi, persoalan cottail effect dan elektabilitas Gerindra perlu mendapat perhatian serius agar tidak jeblok saat pemilu legislatif.

Yang pasti, hari-hari ke depan sampai nanti waktu pendaftaran yang resmi dibuka pada 4 Agustus mendatang, jalan terjal akan dihadapi Gerindra maupun Prabowo.

Jadi, apa langkah selanjutnya, Jenderal? (vws)

Kolom Politik: Oleh Abi Sarwanto, Penulis mengawali karier di CNNIndonesia.com sejak 2015 setelah lulus dari Fisipol UGM. Sehari-hari meliput peristiwa politik, pertahanan keamanan, hukum, dan hak asasi manusia. Jarang berolahraga, gemar makan, dan jalan-jalan.

sumber: cnnindonesia
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita | Leave a comment

MENGINTIP GAJI PARA PELAYAN RATU ELIZABETH, ADMIN SOSMED SAJA RP 972 JUTA, ADA JUGA YANG MILIARAN

TRIBUNMEDAN.com – Seperti halnya presiden, keluarga Kerajaan Inggris memiliki banyak karyawan yang bekerja di dalam istana.

Untuk bisa mendapat banyak karyawan yang setia dan bisa bekerja dengan baik bukan hal yang mudah.

Ratu Elizabeth juga harus membayar gaji yang cukup besar bagi para karyawannya.

Dilansir dari Mirror, inilah gaji masing-masing karyawan Kerajaan Inggris mulai dari yang terendah hingga tertingi.

1. Pelayan

Untuk pelayan, mereka harus menjalani masa pelatihan selama dua bulan di kediamaan kerajaan seperti Balmoral dan Holyroodhouse Palace.

Pelatihan ini ditanggung oleh kerajaan dan calon pelayan juga dicukupi kebutuhan hariannya.

Gajinya sebesar Rp 300 juta per tahun.

2. Pencuci piring

Kalau pelayan bertugas untuk melayani kebutuhan anggota kerajaan, maka pencuci piring khusus untuk mencuci piring.

Ratu Elizabeth ingin koki kerajaan memiliki semua piring dan gelas selalu dicuci dengan bersih.

Gaji pencuci piring kerajaan mencapai Rp 335 juta per tahun dan mereka akan mendapat kamar tinggal di kompleks kerajaan.

3. Asisten tukang kebun

Makan siang akan ditanggung oleh kerajaan tapi tidak untuk tempat tinggal.

Gajinya adalah Rp 350 juta per tahun.

4. Perawat kuda-kuda kerajaan

Ratu sangat menyukai kuda dan ingin kudanya dirawat oleh orang yang terampil.

Tugas perawat kuda kerajaan ini adalah melatih kuda itu, menungganginya setiap hari, memberi makan dan membersihkan kandang kuda.

Gajinya Rp 389 juta per tahun dan punya tanggung jawab penuh pada Ratu.

5. Pelayan berseragam

Pekerjaan full-time sebagai pelayan kelas atas ini akan dibayar sebesar Rp 404 juta dengan 33 hari libur tahunan dan bonus 15% dari kontribusi pensiun.

Siapa pun yang bekerja sebagai pelayan berseragam ini harus sangat trampil dan percaya diri.

Bisa mengendarai kereta kuda dengan baik dan punya pengetahuan luas terhadap perlengkapan istana.

6. Operator telepon

Operator telepon di kerajaan Inggris harus bisa menangani 7000 panggilan telepon selama seminggu.

Gajinya cukup banyak, sekitar Rp 447 juta per tahun.

7. Pengembangan bisnis dan manajer komunikasi

Tentunya posisi ini diminati oleh banyak sekali orang.

Sebagai pengembang bisnis dan manajer komunikasi, traveler harus bisa menarik banyak wisatawan mengunjungi museum koleksi seni di Istana Holyroodhouse.

Kamu juga akan tinggal di istana itu dan mendapat gaji Rp 583 juta – Rp 621 juta tergantung keberhasilanmu.

8. Spesialis media sosial

Tugasnya adalah mengelola situs dan akun media sosial resmi Istana Buckingham yang bergengsi dan mendapat lebih banyak pengikut pada akun tersebut.
Ini sesungguhnya adalah tugas yang cukup berat karena harus memastikan dunia selalu melihat kehadiran Sang Ratu dan keluarga Buckingham yang lain.

Posisi ini akan dibayar hingga Rp 972 juta per tahun. Fantastis!

9. Kepala rumah tangga

Kepala rumah tangga sekaligus kepala pelayan akan bertanggung jawab atas staf rumah tangga di dapur kerajaan, halaman dan kebun, serta semua bidang yang lain.

Gajinya sangat banyak, Rp 2,4 miliar per tahun!

Setara dengan tanggung jawabnya yang juga besar, sih.

10. Sekretaris pribadi Ratu Elizabeth

Sekretaris pribadi sang Ratu saat ini adalah Edward Young.

Dia harus selalu siap siaga di samping Ratu dalam keadaan apa pun.

Young mendapatkan Rp 2,8 miliar per tahun atas pekerjaannya ini.
sumber: medan.tribunnews.
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita | Leave a comment

GADIS 16 TAHUN DIANIAYA SECARA KEJI DAN REKAMANNYA DIUNGGAH DI MEDSOS, SEJUMLAH REMAJA DITANGKAP

Seorang remaja laki-laki dituduh melakukan sejumlah penyerangan setelah menganiaya seorang gadis berusia 16 tahun secara “keji”, yang difilmkan dan diunggah di media sosial.

Korban menderita luka parah di bagian wajah dan kepala dalam serangan yang terjadi di kota Bangor, County Down, Inggris pada Jumat (20/04) malam.

Sementara pelaku lainnya, seorang gadis berusia 16 tahun, yang ditangkap pada Sabtu dini hari (21/04) dibebaskan dengan jaminan.

Dalam video tersebut, korban dipukul dan ditendang di bagian wajah oleh gadis lain dan kepalanya dibenturkan ke aspal.

Pada saat yang sama, muncul gadis remaja lain ikut serta dalam serangan, yang terjadi di dermaga kota di tepi pantai itu.

Penganiayaan terhadap gadis 16 tahun itu berlanjut meski si pelaku sudah tidak merekamnya. Dia akhirnya diselamatkan oleh pengendara yang lewat.

Polisi mengatakan luka-luka yang dialami korban sangat parah sehingga staf medis tidak akan bisa melakukan pemeriksaan x-ray di wajahnya sampai pekan berikutnya.

Sejumlah orang tampak menonton saja penganiayaan tersebut.

Polisi masih mencari dua orang lainnya, termasuk seorang gadis 14 tahun, terkait dengan insiden itu.

Diantara para tersangka, seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun menghadapi dakwaan penganiyaan yang disengaja.

Inspektur polisi Gerry McGrath mengatakan, “Kami telah mengidentifikasi semua tersangka yang terlibat, dua di antaranya telah ditangkap. Sedang yang lainnya tengah dicari oleh polisi.”

“Kami menghargai dukungan dari masyarakat dan memahami keterkejutan mereka atas serangan ini, namun kami meminta agar para warga tidak menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menindaklanjuti penyelidikan ini,” tambahnya.

“Petugas kami bekerja keras menangani kasus ini dan sangat penting bahwa semuanya berjalan dalam prosedur hukum.”

“Ini adalah serangan kejam yang dilakukan terhadap seorang gadis remaja dan kami menyerukan kepada siapa pun yang menyaksikan insiden Jumat malam itu untuk menghubungi polisi.”

Polisi juga meminta Facebook untuk menghapus video serangan itu. Kini video ini sudah tak ada lagi di layanan media sosial tersebut.
sumber: bbc
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita | Leave a comment

KENTUT YANG MENGGANTI NAMANYA: ‘SAYA LEGA, TAMBAH SEMANGAT’

Pria yang bernama Kentut mengganti secara resmi namanya menjadi Ihsan Hadi setelah 31 tahun menyembunyikan jati diri.

Kentut langsung sujud syukur setelah hakim Pengadilan Negeri Tangerang memutuskan pergantian namanya,

Setelah ketukan palu hakim, Kentut resmi terbebas dari nama pemberian orang tuanya yang dipakainya selama 31 tahun, dan berganti nama menjadi Ihsan Hadi.

“Saya lega, tambah semangat dan tambah pede (percaya diri) terutama,” kata Ihsan Hadi kepada BBC Indonesia, Senin (23/04). Pesta syukuran pun akan digelar Jumat depan.

Pria 31 tahun ini mengganti namanya karena takut anaknya diejek karena punya bapak bernama Kentut.

“Saya punya tiga anak, dua cowok satu cewek, saya ingin mereka tidak minder. Dan agar saya juga tidak minder lagi,” kata Ihsan Hadi.

Kentut kecil sudah ingin mengganti namanya sejak umur enam tahun. “Saya tadinya agak minder, waktu kecil saya sering diejek,” kata Ihsan. Dia sering kali bertanya-tanya pada orang tuanya, kenapa dia harus dinamai Kentut.

“Kata ibu, ya namanya sudah bagus. Itu namanya tidak ada artinya, pokoknya itu,” kata Ihsan. Meski demikian, pergantian nama dilakukan atas izin kedua orang tuannya. Mereka pun mendoakan agar Ihsan makin sukses dan banyak rezeki setelah ganti nama.

Selama ini, Ihsan berhasil menyembunyikan nama aslinya. Tak banyak yang tahu dia sebenarnya bernama Kentut. Dia memakai nama Ihsan Hadi, kecuali kalau ada urusan resmi dengan dokumen.

Keluarga istrinya pun baru tahu bahwa nama aslinya adalah Kentut. “Mereka kaget tahu surat-suratnya, karena waktu kenalan pakai nama Ihsan Hadi, di KUA pakai nama itu,” kata pedagang mie ayam bakso yang juga mengajar hafalan Al Quran pada sore hari ini.

Ihsan punya tiga anak, yang baru tahu namanya saya setelah melihat KTP. “Bapak kok namanya Kentut? Jelek banget namanya?” kata Ihsan menirukan anak sulungnya.

Seluruh proses pergantian nama memakan waktu satu setengah bulan, dengan biaya sidang Rp 270.000 dan lima kali bolak balik ke pengadilan.

“Hakim mengerti dan mengabulkan karena dasar saya kuat, saya kan guru ngaji dan agar anak-anak nggak minder,” kata Ihsan.

Saking traumanya dengan namanya, Ihsan mengambil alih penamaan adiknya, Abdul Hisyam Romadona, yang kini berusia 13 tahun.

“Karena selisihnya banyak, saya yang memberi nama, takut bapak dan ibu nanti salah memberi nama lagi, kata Bapak dan Ibu saya saja yang cari nama,” kata Ihsan sambil tertawa.

Kentut tak sendiri

Selain Kentut, atau yang sekarang sudah berubah nama menjadi Ihsan Hadi, ada berbagai nama aneh yang sempat menjadi pusat perhatian. Di Palembang ada “Saiton”, sedangkan “Tuhan” tinggal di Banyuwangi.

Di Magelang, Jawa Tengah ada polisi bernama Andi Go To School yang punya kakak bernama Happy New Year dan adiknya bernama Rudy Good Boy. Andi pun menurunkan keunikan itu pada anaknya, yang diberi nama Genio Silvero Go To Paradise.

Nama-nama aneh juga muncul di luar negeri, dan bahkan dilarang oleh hakim, seperti nama Nutella, dilarang di Prancis; Cyanide (sianida) dilarang oleh hukum di Inggris, dan mungkin yang paling aneh seorang anak perempuan yang dinamai ‘Talula Does the Hula From Hawaii’ (Talula Bermain Hula dari Hawaii) di Selandia Baru.

Sebuah studi di Jepang mengkaji praktik pemberian nama antara 2004 dan 2013 dan menemukan bahwa orangtua di Jepang menciptakan nama bayi yang unik dengan memadukan karakter huruf Cina tradisional dengan cara pengucapan yang tidak lazim.

Cerminan masyarakat yang semakin urban

Profesor Sosiologi Universitas Gajah Mada Sunyoto Usman menjelaskan bahwa pemberian nama-nama yang tidak lazim adalah cerminan lepasnya keluarga inti dari pengaruh keluarga besar dan lingkungannya.

“Zaman dulu keluarga adalah bagian dari keluarga besar, sehingga apa yang dilakukan seseorang tak bisa lepas dari pengaruh keluarga besarnya, dan bahkan terkait dengan pemimpin lokalnya,” kata Sunyoto pada BBC Indonesia.

Dia mencontohkan bahwa di Madura misalnya, orang tua menamai anaknya dengan bertanya pada kyai. Keluarga santri menganggap nama adalah doa, dan mengadopsi nama nabi dan para sahabat. Adapun keluarga priyayi mengidentifikasi nama-nama keraton.

“Sekarang kaitan sudah lepas, semua ditentukan oleh keluarga itu sendiri. Dia mau memberi nama apa saja, jadi tanggung jawab keluarga itu sendiri,” kata Sunyoto.

Hal ini tidak mungkin terjadi ketika kontrol sosial berpengaruh kuat pada keluarga. “Ketika kontrol sosialnya kuat, itu tidak mungkin terjadi karena nanti nanti jadi bahan celaan,” kata dia. Seperti kasus Kentut, yang merasa minder karena namanya, dan mengganti nama karena takut anaknya menjadi bahan celaan.

Penyebabnya pemberian nama-nama tidak lazim adalah pola pikir yang semakin urban.

Nama-nama yang unik ini dianggap sebagai “gelar baru” yang akan melekatkan identitas baru pada diri seseorang.

“Mereka mengidentifikasikan keluarganya dengan tokoh-tokoh yang punya prestasi internasional, maupun nama barat yang dianggap bisa menaikkan status sosialnya di masyarakat,” kata Sunyoto.

Ketika kontrol sosial masih kuat mempengaruhi keluarga inti, memiliki nama unik kemungkinan akan menyebabkan sanksi sosial. Misalnya jika petani memakai nama ningrat, maka namanya yang akan disalahkan jika terjadi hal yang buruk pada anak tersebut.

“Ada istilah nama yang berat, jadi ketika anaknya sakit, dianggap karena keberatan nama, keluarga besar pun menyarankan untuk ganti nama,” kata dia.

Joyodiningrat misalnya, nama priyayi yang jika dipakai anak petani, maka akan diminta untuk menyesuaikan dengan kehidupan petani. “Petani punya nama yang sederhana dari lingkungan sekitarnya, misalnya kalau lahirnya Selasa, namanya Lasa, kalau pas lahir saat panen namanya Pariyem, parine ayem (padinya tenang),”

“Sekarang itu sudah pudar, sudah tidak nampak,” kata dia.
sumber: bbc
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita | Leave a comment

PENGERAS SUARA PROPAGANDA KOREA SELATAN: APA YANG DISAMPAIKAN KE KOREA UTARA DAN MENGAPA KINI DIMATIKAN?

Puluhan pengeras suara yang menyiarkan berbagai propaganda Korea Selatan mulai dari musik K-pop, seruan kepada tentara Korea Utara untuk membelot hingga berita-berita kritis, ke arah wilayah Korea Utara dimatikan Senin dini hari (23/04).

Pengeras suara itu dipasang di wilayah perbatasan antara kedua negara dan diputar dengan volume keras sehingga dapat dapat didengar oleh tentara Korea Utara yang bertugas di wilayah perbatasan. Tujuannya adalah membujuk mereka meragukan narasi tentang Korea Selatan yang dikatakan oleh para pemimpin di Korea Utara.

Propaganda Korea Selatan juga dapat didengar oleh penduduk sipil Korea Utara yang berada di dekat dengan perbatasan kedua negara.
Hak atas foto Getty Images/Pool
Image caption Korea Selatan berusaha mempengaruhi tentara Korea Utara agar meragukan narasi Korea Utara tentang Korsel.

Penghentian propaganda lewat pengeras suara ditempuh menjelang pertemuan puncak antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Panmunjom, zona bebas militer yang menjadi pembatas kedua negara.

Acara yang direncanakan digelar pada Jumat ini (27/04) akan menjadi pertemuan puncak pertama kedua Korea selama lebih dari satu dekade terakhir.

“Kami berharap keputusan ini akan membuat kedua Korea berhenti saling mengecam dan juga membantu menciptakan perdamaian baru dan permulaan baru,” kata seorang pejabat Korea Selatan, Choi Hoi-hyun.

Menuju denuklirisasi

Sebelum pengumuman penghentian propaganda lewat pengeras suara Korea Selatan, Korea Utara terlebih dulu mengumumkan kebijakannya untuk menghentikan sementara uji coba nuklir dan menutup situs pengujian nuklir.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyebut langkah Korea Utara sebagai “keputusan penting menuju denuklirisasi total di Semenanjung Korea.”

Ditambahkannya langkah Korea Utara itu menambah harapan bahwa proses denuklirisasi akan semakin cepat.

Setelah pertemuan pemimpin kedua Korea, King Jong-un juga dijadwalkan akan menghadiri pertemuan bersejarah dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Jika benar-benar terlaksana, pertemuan itu akan tercatat sebagai yang pertama antara pemimpin yang masih menjabat dari Korea Utara dan Amerika Serikat.

Sama-sama memasang pengeras suara

Bukan kali ini saja sebenarnya siaran propaganda Korea Selatan dihentikan sejak Perang Korea. Pada tahun 2004, siaran propaganda dihentikan sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai kedua negara.

Penggunaan pengeras suara mengalami peningkatan dan penurunan selama bertahun-tahun, sesuai dengan situasi diplomatik di Semenanjung Korea.

Kendati demikian pada 2015 setelah dua tentara Korea Selatan mengalami luka serius akibat ranjau yang ditanam Korea Utara di zona demiliterisasi, Korea Selatan kembali menghidupkan pengeras suaranya.

Tak lama kemudian pada tahun yang sama, pengeras suara dimatikan tetapi dihidupkan lagi pada tahun 2016 sebagai tanggapan atas uji coba bom hidrogen oleh Korea Utara.

Kali ini Korea Selatan tidak menjelaskan apakah siaran propaganda akan dilanjutkan setelah pertemuan puncak.

Korea Utara juga memasang pengeras suara di wilayah perbatasannya. Isinya antara lain terdiri dari berita-berita yang kritis terhadap pemerintah Korea Selatan dan sekutu-sekutunya.

Sejauh ini belum jelas apakah Korea Utara akan mengikuti jejak Korea Selatan dan mematikan sistem pengeras suaranya.

Korea Selatan secara teknis masih berperang dengan Korea Utara sejak 1950-an karena belum menandatangani kesepakatan damai meski melaksanakan gencatan senjata.

Hubungan antara kedua Korea membaik menjelang dan setelah Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang Februari lalu. Partisipasi atlet dan tim pemandu sorak Korea Utara meramaikan perhelatan olahraga itu.
sumber: bbc
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita | Leave a comment

JARINGAN SUPERMARKET INGGRIS HENTIKAN PENGGUNAAN SAWIT

MedanBisnis � Jakarta. Jaringan supermarket Inggris, Iceland Co menghentikan penggunaan minyak sawit pada mereknya pada akhir 2018. Tindakan tersebut dinilai berpotensi mendiskreditkan citra positif kelapa sawit secara global, sekaligus menjadi kampanye negatif terhadap industri kelapa sawit di dunia.

Merespons hal itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita akan memanggil Duta Besar (Dubes) Inggris untuk meminta penjelasan.
“Saya akan undang duta besarnya, saya akan ajak bicara,” kata Enggartiasto di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Jumat (20/4).

Mendag juga menyinggung soal supermarket di Inggris yang menarik produk-produk crude palm oil (CPO) atau minyak sawit dari penjualannya.
“Itu kan oleh swasta (supermarket di Inggris) dan kita juga bisa minta swasta (di Indonesia) untuk tidak menjual produk-produk dari Inggris, enak-enak saja kan,” sambungnya.

Mendag mengatakan, pada dasarnya kampanye hitam sawit juga merupakan langkah awal Inggris memulai perang dagang seperti yang dilakukan oleh Amerika Serikat.
“Ya saya minta fair trade, free trade, dan saya menyatakan kemarin jangan menuduh Presiden Trump yang �trade war� tapi �you start also trade war�,” tegasnya.
“Karena kalau kita diperlakukan yang sama dengan seluruh vagetable oil yang lain silakan dan jaga sapi itu. Itu deforestation. Itu merusak lingkungan berapa lahan untuk range mereka, itu kotorannya saja mengganggu oksigen,” ujar Enggartiasto.(df)
sumber: medanbisnisdaily
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita, Informasi AgriBisnis | Leave a comment

KOTA MEDAN JADI PILOT PROJECT PENANGGULANGAN SAMPAH

Analisadaily (Medan) – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengucapkan terima kasih kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, karena telah mempercayakan Kota Medan menjadi tuan rumah Peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional 2018.

Apalagi acara peringatan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi manusia akan bumi, Menteri LHK juga me-launching Medan Zero Waste City 2020. Melalui launching yang dilakukan tersebut, ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini diharapkan bersih dari sampah di tahun 2020.

“Atas nama pribadi dan Pemko Medan, kita mengucapkan terima kasih karena Ibu Menteri telah mempercayakan Kota Medan sebagai tuan rumah dalam peringatan ini yang diikuti delegasi dari 28 Provinsi di Indonesia,” katanya di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (22/4).

Menurutnya, kepercayaan dari Menteri Siti Nurbaya termasuk me-launching Medan Zero Waste City 2020 tentunya semakin memotivasi seluruh jajaran Pemko Medan untuk menjadikan kota ini lebih bersih. Sebab, persoalan sampah kini menjadi perhatian serius pihaknya.

Setiap harinya ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini menghasilkan sampah sebanyak 2.500-3.000 ton. Pengelolaan sampah selama ini dilakukan secara kovensional, yang ada diangkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kota Medan memiliki dua TPA yakni Namo Bintang dan Terjun. Dari dua TPA itu, tinggal TPA Terjun di Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, dengan luas sekitar 14 hektar yang masih beroperasi. Sedangkan TPA Namo Bintang yang memiliki luas 16 hektar sudah ditutup.

Selain cara konvensional, Eldin juga ingin pengelolaan sampah di Kota Medan dilakukan dengan menggunakan teknologi. Sebab selain mengatasi masalah sampah, juga diharapkan menghasilkan energi terbarukan.

“Insha Allah penggunaan teknologi dalam pengelolaan sampah tentunya sangat mendukung terwujudnya Medan Zero Waste City 2020,” ugkapnya.

Guna mewujudkan hal itu, Eldin mengaku perlu dukungan pemerintah pusat. Kehadiran Menteri LHK dalam peringatan hari bumi ini diharapkan dapat menyahuti keinginan tersebut sekaligus menjadikan Kota Medan sebagai Pilot Project Penanggulangan Sampah di Indonesia.

Eldin menyampaikan rasa mirisnya terkait menumpuknya sampah di bantaran sungai yang ada di Kota Medan, salah satunya bantaran Sungai Deli. Namun untuk mengatasi masalah tersebut, Pemko Medan tidak dapat leluasa karena sungai dan bantaran sungai mewupakan wewenang dari Balai Wilayah Sungai (BWS).

Eldin berharap agar Menteri LHK dapat membantu Pemko Medan, guna mengatasi masalah sampah di sungai dan bantaran sungai dengan memberikan pelimpahan wewenang penanganan Sungai Deli dari BWS kepada Pemko Medan.

“Tidak hanya sampah, hutan-hutan yang ada di sepanjang bantaran Sungai Deli yang selama ini tidak tertangani tentunya akan ditangani lebih baik lagi,” ungkapnya.

Eldin optimis apa yang menjadi keinginan Pemko Medan tentunya mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari WALHI maupun para komunitas pecinta sungai yang ada.(aa/rzp)
sumber: analisadaily
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita | Leave a comment

SIAPA ARTIS TERKAYA BERIKUT PUNDI TOTAL HARTANYA, BCL GAK DISANGKA DI ANTARA 7 YANG PALING MENONJOL

TRIBUN-MEDAN.COM – Berapa pundi-pundi uang yang dikumpulkan para artis ternama di Indonesia saat ini?

Menjadi seorang artis membuat kehidupan seseorang menjadi berubah.

Bisa berubah menjadi lebih baik atau bisa juga merubah menjadi lebih buruk.

Namun seringnya, banyak orang yang memilii kehidupan lebih baik setelah menjadi artis.
Baik itu penyanyi, komedian, pemeran sinetron atau film, bahkan bintang iklan.

Banyaknya rupiah yang bisa diraup saat menjadi artis tentu sangat lah banyak dan cukup menjanjikan.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang beberapa penyanyi Indonesia yang mempunyai harta paling banyak.

Nominalnya? tentu sangat fantastis sekali.

Berikut beberapa artis yang memiliki harta terbanyak.

1. Agnes Monica

Penyanyi cantik yang sudah melebarkan sayapnya ke dunia Internasional ini tentu tak perlu ditanyakan lagi.

Agnes Monica menduduki posisi pertama penyanyi Indonesia yang memiliki harta paling banyak.

Diketahui penyanyi yang telah sejak kecil menjajal dunia hiburan ini memiliki Rp. 406 miliar.

Hal ini tentu sebanding dengan karya dan juga penampilan panggungnya.

Bahkan Agnes menjadi salah satu penyanyi dengan bayaran termahal di Asia.

Agnes Monica dulunya sempat berada di posisi ketiga penyanyi terkaya di Asia

Berada di posisi ketiga di bawah Ayumi Hamasaki dan Utada Hikaru, Agnes tercatat memiliki kekayaan sebesar USD 30 juta atau sekita Rp 390 miliar menurut Celebritynetworth.com.

Bagaimana tak kaya, Agnes sudah memiliki penghasilan sejak berusia 6 tahun.

2. Krisdayanti

Setelah penyanyi muda berbakat Agnes Monica, posisi kedua ditempati oleh Diva Pop, Krisdayanti.

Mantan istri Anang Hermansyah ini rupanya juga memiliki kekayaan yang cukup fantastis.

Pada era 90an, KD berada pada masa jayanya hingga awal 2000-an.

Hal ini tentu saja menjadikan ibu empat anak ini sebagai penyanyi dengan nilai kekayaan yang cukup tinggi.

Diketahui, harta kekayaan KD mencapai Rp. 270 miliar.

3. Anggun C. Sasmi

Menyusul rekannya yang merupakan Diva Pop, Krisdayanti, Anggun C Sasmi ternyata juga memiliki harta yang cukup banyak.

Meski telah berpindah kewarganegaraan ke Perancis, namun Anggun tetap bangga dengan tanah kelahirannya Indonesia.

Tak jarang Anggun berkunjung ke Indonesia, bagaimanapun penyanyi yang kini merambah dunia Internasional ini mempunyai darah Jawa.

Diketahui pelantun tembang Crazy ini sebelumnya memiliki kekayaan yang hampir sama dengan Krisdayanti, yakni Rp. 216 miliar.

Sekarang mungkin kekayaan juri Asia,s Got Talent sudah melebih kekayaan krisdayanti, bahkan penyanyi asal Indonesia ini semakin dieknal di tingkat dunia. lagunya sendiri nagkring di Top 10 Billboard Dance Charts.

4. Syahrini

Berbicara memiliki kekayaan super banyak, kurang rasanya jika tak membahas Syahrini.

Yap, siapa sih yang tak kenal dengan penyanyi cantik ini.

Ia bukan hanya dikenal penyanyi fenomenal, tapi juga seorang sosialita kaya dengan beragam barang mewah.

Sebut saja tas, sepatu hingga aksesoris lucu miliknya dibandrol dengan harga jutaan hingga miliaran rupiah.

Meski menurut Celebritynetworth.com kalah dengan Agnes Monica, pelantun tembang Sesuatu ini memiliki kekayaan tak jauh beda dengan penyanyi muda tersebut.

Yap, Syahrini dikabarkan memiliki kekayaan total sebesar Rp. 16 miliar.

Dengan kekayaan tersebut, tak heran jika Syahrini memiliki rumah megah bak istana, mobil sport mewah hingga beragam barang branded dengan harga fantastis.

5. Inul Daratista

Setelah Syahrini, ada satu lagi penyanyi yang juga memiliki kekayaan cukup fantastis. Ialah Inul Daratista, biduan cantik yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur.

Berbeda dengan Syahrini yang sudah kaya turunan, Inul mendapatkan kekayaannya benar-benar dari nol.

Yap, bernyanyi dari satu panggung ke panggung lain.

Kesuksesan Inul dimulai dari goyang ngebornya yang kontroversial. Bermula dari situ, ia pun mulai disoroti dan banyak mendapatkan tawaran bernyanyi.

Enam belas tahun berkarya, kini Inul mendapatkan gelar Ratu dangdut di Indonesia.

Sementara kekayaan yang ia miliki ditafsir mencapai angka Rp 12,5 miliar.

6.Bunga Citra Lestari

Siapa lagi kalau bukan Bunga Citra Lestari. Si cantik ini memang sudah lama malang melintang di dunia hiburan.

Namanya pun sudah melejit pada tahun 1990. Bukan sebagai penyanyi, ibu dari Noah Sinclair ini terkenal sebagai pemain film layar lebar.

Bunga sendiri memutuskan terjun di dunia tarik suara pada tahun 2005 lalu.

Keputusan besarnya tanpa meninggalkan dunia akting membuat namanya makin melejit.

Hampir semua lagu yang dinyanyikan serta film yang dimainkan laris manis di pasaran.

Tak heran jika Bunga termasuk dalam penyanyi terkaya di Indonesia. Kabarnya, artis cantik ini memiliki kekayaan senilai Rp 10 miliar.

7.Ahmad Dhani

Yap, penyanyi selanjutnya yang digosipkan bangkrut adalah Ahmad Dhani. Suami dari Mulan Jameela ini dikabarkan gulung tikar lantaran dikabarkan menjual rumah mewahnya.

Membantah gosip tersebut, pentolan Dewa 19 ini mengatakan akan membeli rumah baru yang lebih mewah dari sebelumnya,.

Sama dengan pernyataan yang diungkapkan oleh Dhani, mantan suami Maia Estianty ini ternyata masih masuk dalam deretan penyanyi kaya.

Yap, dari profesinya sebagai musisi sekaligus pemilik manajemen artis, Dhani memiliki kekayaan sebesar Rp 12,7 miliar. Wah, jadi nggak gulung tikar nih?.(*)
sumber: medan.tribunnews.
fb: Bus Sinabung Jaya

Posted in Berita | Leave a comment