INI ALASAN AHOK ROMBAK MASSAL RIBUAN PEJABAT DKI

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki alasan khusus mengenai rencananya merombak massal ribuan pejabat DKI. Basuki mengatakan, perombakan itu akan dimulai dari pejabat eselon IV, III, hingga II.

“Kami ingin pejabat struktural dan fungsional semuanya itu melayani masyarakat,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Pada Kamis (21/8/2014) lalu, DPRD telah mengesahkan Rancangan Perda (Raperda) Organisasi Perangkat Daerah. Raperda itu telah sah menjadi perda, dan Pemprov DKI segera mengimplementasikannya dengan membuat peraturan turunan dalam bentuk peraturan gubernur (pergub).

“Sistem lurah dan camat semuanya berubah. Nanti semua (pejabat) harus dilantik ulang,” ujar Basuki.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta I Made Karmayoga mengatakan, setidaknya ada 2.000 lebih pejabat yang terkena perombakan dan dilantik secara bersamaan pada September mendatang, atau sebelum Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo resmi dilantik sebagai presiden RI pada 20 Oktober mendatang.

Di lingkungan Pemprov DKI Jakarta terdapat 8.009 jabatan. Namun, setelah DPRD mengesahkan Perda tentang Organisasi Perangkat Daerah, jumlah itu dirampingkan menjadi 6.826 jabatan. Dari jumlah itu, sekitar 40 persen di antaranya akan dirombak. Biasanya, pelantikan pejabat eselon IV dan III dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DKI. Sementara itu, Gubernur hanya melantik pejabat eselon II dan eselon I.

“Khusus perombakan masal ini, ribuan pegawai akan dilantik oleh Pak Gubernur (Jokowi) karena pimpinan menginginkan adanya sebuah perubahan,” ujar Made.

Tidak semua pejabat dimutasi. Ada yang promosi jabatan, turun golongan, atau hanya menjadi staf. Jabatan yang akan dirombak mulai dari lurah, camat, kepala seksi, kepala bidang, wali kota, kepala badan, kepala biro, hingga kepala dinas.
sumber : kompas

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

PEREMPUAN YANG DIMADU RENTAN JATUH SAKIT

Jakarta (ANTARA News) – Pakar kesehatan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr Ari F Syam, mengatakan perempuan yang dimadu atau istri yang suaminya menikah lagi, rentan mengalami gangguan kesehatan.

“Berbagai penelitian yang dilakukan di Suriah, Palestina, Turki, Jordania, dan Kuwait menyebutkan bahwa istri pertama akan mempunyai masalah kesehatan, keluarga dan masalah ekonomi yang lebih besar dibandingan pada perempuan dalam perkawinan monogami,” ujar Ari, di Jakarta, Sabtu.

Penelitian yang dilakukan terhadap perempuan Suriah, diketahui perempuan yang mengalami poligami mengalami penurunan kepuasan hidup dan kepuasan perkawinan.

“Para perempuan yang mengalami poligami akan mengalami permasalahan gangguan jiwa yang berdampak juga buat kesehatannya. Mereka lebih mudah jatuh ke dalam depresi, gangguan psikosomatik, mudah mengalami kecemasan dan juga bisa mengalami paranoid,” kata dia.

Tetapi secara umum fungsi keluarga perempuan yang mengalami poligami ternyata tidak ada perbedaan dengan perempuan monogami, demikian kesimpulan penelitian yang dipublikasikan di World Journal Psychiatry tahun 2013.

Penelitian lain yang dilakukan di Jordania menyebutkan perempuan yang mengalami poligami akan merasa rendah diri, menjadi tidak berharga, mengalami gangguan psikosomatik dan gangguan somatisasi.

Penelitian di Turki yang juga membandingkan kehidupan perempuan yang dipoligami dan monogami mendapatkan bahwa perempuan yang dipoligami ternyata lebih mudah mengalami gangguan kejiwaan, lebih mudah mengalami stres dibandingkan perempuan yang monogami.

“Berbagai penelurusan artikel ilmiah ini mendapatkan bahwa memang akhirnya para istri yang dimadu akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan dibandingkan dengan perempuan yang tidak dimadu,” jelas dia.

Survei yang dilakukan oleh Chung dan Kim dari Universitas Yonsei Korea Selatan di Jurnal PlosOne melihat hubungan antara perkawinan dan kepuasan perkawinan dengan kesehatan. Ternyata pasangan yang puas dalam perkawinannya akan lebih sehat daripada seseorang yang belum menikah.

Tetapi seseorang yang menikah namun tidak puas dengan perkawinannya, ternyata mempunyai permasalahan kesehatan yang sama dengan orang yang tidak menikah.

“Hal inilah yang menghasilkan kesimpulkan bahwa kepuasan perkawinan merupakan hal yang pentingnya untuk kesehatan dibandingkan perkawinan itu sendiri,” terangnya.(Ant)

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima | Leave a comment

16 RS DITUNJUK SEBAGAI PUSAT REHABILITASI NARKOBA

Yogyakarta (ANTARA News) – Sebanyak 16 rumah sakit di Indonesia ditunjuk sebagai pusat rehabilitasi narkoba, kata Kepala Badan Narkotika Nasional, Anang Iskandar.

“Rumah sakit itu di antaranya di Aceh, Semarang, Jakarta, Makassar, Ambon, Jambi, Yogyakarta, Batam, dan Pontianak,” katanya di Yogyakarta, Rabu.

Pada sosialisasi bahaya narkoba, ia mengatakan 16 rumah sakit tersebut dijadikan “pilot project”.

“Direncanakan tahun depan semua rumah sakit milik pemerintah akan dijadikan sebagai pusat rehabilitasi. Kini peraturannya sedang dibahas,” katanya.

Menurut dia, pengguna dan pecandu narkoba tidak lagi dikenai hukuman penjara, melainkan akan dimasukkan ke dalam pusat rehabilitasi.

“Semua pengguna dan pecandu narkoba yang memiliki ketergantungan psikis wajib direhabilitasi,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan kesepakatan bersama antarkementerian dan lembaga hukum, negara menjamin semua pengguna dan pecandu narkoba untuk rehabilitasi. Biayanya yang membayar negara agar mereka sembuh.

“Peraturan bersama yang disepakati BNN, Kemkes, Mahkamah Agung, Kemsos, Kemkumham, dan Polri itu diharapkan bisa mencegah, melindungi, dan menyelamatkan bangsa dari penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Menurut dia, jumlah pengguna narkoba di Indonesia sekitar 4,2 juta orang terdiri atas 1,1 juta orang coba pakai, 1,9 orang teratur pakai, dan 1,2 juta pecandu narkoba.

“Jika dibiarkan dan tidak direhabilitasi akan menjadi masalah kita bersama. Cara pendekatannya pun berbeda, kelas berat ada rawat inap, telanjur pakai bisa rawat jalan dan konseling,” katanya.

Selain untuk mengurangi jumlah penguna narkoba, aturan itu juga diharapkan mampu mengurangi jumlah tahanan atau napi narkoba.

“Ada 18.905 tahanan narkoba yang berada di lembaga pemasyarakatan,” katanya.(Ant)

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

DUA PEKERJA PODOMORO CITY MEDAN TEWAS TERPENTAL

DIDUGA CURI LISTRIK

MEDAN, SUMUTPOS.CO – Pembangunan superblok prestisius Podomoro City Medan makan korban. Dua pekerjanya tewas setelah terpental dari ketinggian sekira 15 meter saat memasang jaring pembatas rangka baja. Sementara dua orang lagi luka Peristiwa ini terjadi si lokasi yang akan berdiri apartement, condominium, office tower, dan luxury shopping mall itu sekira pukul 10.00 WIB. Awalnya dua orang pekerja proyek dari PT Nusa Raya Cipta (NRC) masing-masing, Uskal Simangunsong (34) dan Lamhot Rumapea (25) hendak memasang jaring pada tiang atau rangka baja di ketinggian 10-15 meter. Keduanya bekerja di dekat trafo milik Capital Building.

Ketika sedang bekerja, secara tiba-tiba trafo bertegangan tinggi itu meledak. Kedua pekerja tersebut terpental hingga terjatuh menimpa kedua pekerja lain di bawahnya, Asdin Simbolon (32) dan Frans Lumbanraja.

Para pekerja proyek lainnya yang melihat langsung berhamburan dan menghampiri korban. Melihat keempat korban luka-luka, para pekerja proyek itu membawa ke RS Putri Hijau Medan untuk diberikan perobatan. Namun, Uskal dan Lamhot tak dapat diselamatkan lantaran tewas dalam perjalanan. Sementara Asdin dan Frans masih dalam perawatan intensif di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit tersebut.

“Aku lagi di basement Capital Building. Enggak lama aku dengar trafo meledak satu kali. Lalu aku berlari ke tembok pembatas dan melihat 2 orang jatuh dan bertumpuk,” kata Ready, seorang pegawai Capital Building.

Ia mengaku, peristiwa tersebut terjadi antara pukul 10-11 siang. “Setahuku mereka lagi mau pasang jaring bang,” ucapnya sembari berlalu.

Petugas Polsek Medan Barat yang mendapat kabar bergerak ke lokasi. Petugas kemudian memintai sejumlah keterangan pekerja. Seorang petugas Polsek Medan Barat, Aiptu SM Gultom membenarkan dua orang pekerja tewas. Namun, ia belum mengetahui penyebab pasti tewasnya kedua korban.

DIDUGA CURI LISTRIK

“Iya ada dua tewas dan dua luka-luka. Mereka di RS Putri Hijau. Untuk penyebabnya belum bisa dipastikan. Kemungkinan mereka curi arus listrik,” ujar Gultom sembari membawa mobil patroli menuju RS Putri Hijau Medan.

Sementara itu, Herlin Pardede, mandor proyek membantah bahwa kedua pekerja yang tewas disebut-sebut hendak mencuri arus listrik. “Mereka tidak ada mencuri arus listrik tetapi sedang memasang jaring,” kata Herlin.

Ia menyebut, jaring yang hendak dipasang kedua korban tak lain untuk menghindari bahan bangunan yang nantinya dikhawatirkan berserakan ke Capital Building.

“Kejadiannya pas saya lagi di belakang. Mereka mau masang jaring pengamanan supaya sisa material tidak jatuh ke samping. Jadi, pas mau pasang jaring dan belum pasang tali pengaman (body septy), tiba-tiba trafo milik Capital Building meledak. Saya pun enggak tahu kok bisa meledak. Lalu mereka terpental dan terjatuh,” ujar Herlin.

Selanjutnya, sambung Herlin, para pekerja itu dibawa ke RS Putri Hijau Medan. “Dua orang pekerja tewas di tempat karena jatuh dari ketinggian, sedangkan dua orang lagi luka-luka dan masih dirawat,” ucapnya.

Heri Ardiansyah, Kepala Pengawas Proyek yang dikonfirmasi mengaku bahwa tewasnya dua pekerja tersebut adalah murni kecelakaan kerja. “Mereka itu pekerja baja yang mau pasang jaring. Kalau mereka kerja enggak pakai pengaman (body safety), pasti saya suruh pulang. Semua sudah kita siapkan kok pengamanannya,” kata Heri.

Ia juga mengaku, akibat insiden ini pihaknya akan bertanggung jawab penuh terhadap para korban. “Kita bertanggung jawab penuh. Soal biaya pengobatannya sampai sembuh kita yang tanggung,” tukasnya.

Petugas PLN, Sayugo Julianto yang sempat ditanya Sumut Pos membenarkan bahwa trafo tersebut sedang ada gangguan. Namun, ia tak menjelaskan gangguannya seperti apa. “Yang jelas ada gangguan pokoknya,” ucap Sayugo.Disinggung apakah proyek tersebut mencuri arus listrik, Sayugo enggan menjawab. “Enggak tahu saya kalau soal itu, tanya saja sama yang di dalam,” tambahnya. (ris/rbb)
sumber: sumutpos

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima | Leave a comment

DANDIM 0205/TK DIDUGA TURUT BERPERAN SENGSARAKAN WARGA KARO?

KARO, Bor2News- Komandan Kodim 0205/TK Inf Letkol Asep Sukarna secara tidak langsung telah sukses menyegsarakan sebagian warga Karo khususnya yang berdomisili di seputaran Kabanjahe. Alasannya, pimpinan terotorial ini diduga membebaskan sebagian personil menggiati kegiatan ilegal seperti judi bola, jekpot dan dadu kopyok . Sadisnya, peran yang dilakoni oknum anggotanya juga bermotif tipu menipu bermodus judi.
Seperti yang dilakukan salah satu anggota unit intel Kodim 0205/TK Serka Menak Gultom. Bintara yang disebut-sebut telah lama menggiati judi Jekpot dan dadu kopyok ini ternyata berperan sebagai bandar judi bola. Namun pada item judi bola, Serka Menak diduga memanfaatkan jabatan intel`nya memainkan ‘tipu muslihat’ terhadap pemasang melalui calo yang direkrutnya.
Abraham Nycholas Situmorang (34) warga Jln Jamin Ginting Gg UPT Kabanjahe adalah oknum yang direkrut Serka Menak dengan bujuk rayu menjanjikan imbalan persentase memuaskan. Anggukan Abraham mengikuti jejak Gultom pada pertandingan sepak bola piala dunia tepatnya Juni 2014 lalu, justru menimbulkan suasana buruk di tengah keluarganya.
Pasalnya, hadiah ‘tebakan pemenang’ yang dipasang jaringan Abraham tidak dibayar oleh Serka Menak Gultom selaku bandar judi bola. Akibatnya, para pemasang judi bola mendesak Situmorang dengan ancaman berbagai cara. Desakan bertubi-tubi tidak hanya lewat phone seluler, sebagian yang merasa ditipu langsung mendatangi rumah hunian Situmorang, sehingga sepanjang hari anak dan istrinya dihantui ketakutan.
“Aku tidak tau lagi mengatasi ini bang, hampir setiap hari mereka yang dapat hadiah mendesak saya lewat hp bahkan sebagian datang ke rumah kontrakan saya. Saya sangat menyesal mengiakan bujukan pak Menak Gultom kemarin untuk bergabung di judi bola nya. Tiga hari lalu, saya bersama keluarga coba datangi ke kantornya tapi para pimpinan di kodim 0205/TK tidak ada respon,” ujar Abraham.
Lanjut ayah 2 anak itu, masalah tersebut sudah pernah dilanjuti saudaranya dengan menelpon Dandim 0205/TK Letkol Inf Asep Sukarna, tapi sesuai pengakuan abang saya bahwa pimpinan pak Menak jsutru megarahkan ke Pasi Intel Kodim. Pasi intel kembali menyarankan kami agar hal ini diselesaikan secara keluarga. Tapi Menak Gultom selalu bilang bahwa ini adalah ‘TIKOTI’. “Inikan tikoti, “ujar Abraham menirukan suara Gultom, Kamis (14/8) di Kabanjahe.
Sementara itu, Lamhot Situmorang saudara dari Abraham, kepada sejumlah wartawan, Kamis (14/8) membenarkan pernyataan adiknya. Dia mengaku, bahwa dirinya pernah memarahi Abraham karena mengikuti ajakan Menak. Lamhot juga menuding Dandim 0205/TK Letkol Inf Asep secara tidak langsung sudah turut berperan menyengsarakan saudaranya. Karena menurutnya, Dandim 0205/TK telah memberikan keleluasaan terhadap anggotanya melakukan aktivitas judi.
“Sikap pembiaran yang diimplemntasikan Dandim terhadap anggotanya untuk menggiati aksi-aksi judi di Karo, sudah merupakan turut berpartisipasi merusak mental generasi karo terlebih-lebih merusak keharmonisan rumah tangga adiknya (Abraham). Kita cerita fakta, silahkan kawan-kawan lihat fenomena di Jln Sudirman Kabanjahe persis diseputaran Kesdim 0205/TK, segala bentuk judi bertaburan disana. Inilah kenyataannya bahwa Dandim telah melakukan pembiaran,”ujarnya kesal.
Lanjutnya, terkait sikap Gultom, awalnya dirinya bersama rekan-rekannya pernah menyikapi mencari solusi positif, tapi Serka Menak menunjukkan sikap sepele. Bahkan dirinya pernah menghubungi Dandim 0205/TK Letkol Asep lewat phone seluler dengan tujuan agar semuanya kondusif, tapi hasilnya nihil. “Sikap untuk mengkondusifkan yang saya upayakan bertujuan agar kemitraan tetap terjaga, dan sedikit-sedikit kekurangan yang merupakan kejanggalan tidak mencuat vulgar.
Tapi kalau sudah seperti ini situasinya, kita juga siap membuka segala bentuk kejanggalan yang terjadi di bumi turang yang berkaitan dengan pihak Dim 0205 /TK. Seperti masalah penanganan pengungsi dll, sekecil apapun indikasi penyimpangannya kita pahami kok,” tutup Lamhot yang juga berprofesi sebagai penulis dan aktivis salah satu LSM di Kab Karo. (L010).
sumber : borbornews

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

PENGIRIM PELURU TERORIS KE ACEH DISERGAP

Boim Diduga Terlibat Perampokan CIMB Niaga Medan

Jakarta-andalas Tim Densus 88 menangkap tiga orang terduga teroris di salah satu ruko di Jalan TB Suwandi, Lingkar Selatan, Ciracas, Kota Serang, Selasa (26/8) sekira pukul 09.00 WIB.

Seorang diantaranya Hamzah alias Boim yang diduga terlibat dalam pengiriman peluru untuk pelatihan teror di Pegungan Jantho, Aceh. Boim juga disinyalir juga terlibat dalam perampokan CIMB Niaga, Medan pada 18 Agustus 2010 lalu.

“Keterlibatan tersangka Hamzah alias Boim adalah pengiriman peluru untuk pelatihan militer di Jalin Jantho, Aceh,” kata Karopenmas Polri Brigjen Boy Rafli Amar, di Jakarta, Selasa (26/8).

Selain Hamzah, tim Densus 88 yang melakukan penyergapan itu juga berhasil menangkap dua rekannya yakni Dani dan Zahro.

“Keduanya bersama tersangka saat ditangkap,” kata Boy seraya menambahkan tiga orang itu selanjutnya diboyong ke Mabes Polri untuk diperiksa intensif guna pengembangan penyidikan.

Di lokasi terpisah, Kapolres Serang AKBP Yudi Hermawan mengatakan petugas mengamankan lima orang dari tempat pengerebekan tersebut. “Dari penggerebekan yang dilakukan, Densus 88 mengamankan 1 orang yang diduga tersangka teroris, 1 istrinya, dan 3 orang saksi. Untuk tersangka selengkapnya masih kita tutupi karena masih dalam pengembangan Densus 88,” katanya.

Pihak Polres Serang hanya membantu mengamankan lokasi sekitar tempat kejadian perkara (TKP) untuk membantu kelancaran operasi penggerebekan yang dilaksanakan tim Densus 88.

“Polres Serang hanya memback-up Densus 88 dalam pengamanan penggrebekan teroris. Terkait jaringan teroris pihak Polres Serang tidak memiliki wewenang dalam hal tersebut, biar Densus yang menangani,” jelasnya.

Penggerebekkan sekaligus penangkapan Boim dan rekan-rekannya ini berlangsung cepat yakni sekira 1 jam. Hingga saat ini, ruko tingkat dua berwarna cat cream sudah dipasang police line dan dijaga oleh aparat kepolisian dari Polres Serang.

Arus lalu lintas di depan ruko ini pun sempat tersendat karena para pengendara kendaraan yang berhenti untuk melihat bahkan mengambil gambar dari ruko yang diduga dihuni oleh teroris tersebut. (in/bd/dk/ma)
sumber : harianandalas

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

DINAS PENDIDIKAN SIANTAR SALURKAN UANG PEMBINAAN OSN

Pematang Siantar-andalas Dinas Pendidikan Kota Siantar memberikan uang pembinaan (tali asih) kepada siswa SD dan SMP yang ikut dalam kegiatan O2SN dan OSN yang diselenggarakan di Kabupaten Karo, tepatnya di Berastagi.

Dalam hal ini, Kabid Dikdas Jhonson Tampubolon pada pertemuan dengan seluruh peserta O2SN dan OSN mengatakan, para peserta yang mengikuti kegiatan sengaja diundang ke Kantor Dinas Pendidikan Siantar untuk memberikan tali asih kepada seluruh peserta O2SN dan OSN.

Untuk O2SN yang mendapat uang pembinaan adalah para siswa yang menang dalam pertandingan olahraga, yakni Juara 1, 2, dan 3. Dalam pemberian tali asih ini tidak ada masalah atau kendala buat SD.

Jhonson menyebutkan, untuk OSN yang diikuti tingkat SMP jumlahnya 14 orang dan untuk meratakan pembagian tali asih ini kepada seluruh peserta karena dalam OSN dilakukan secara serentak dan semua peserta juga telah terpilih provinsi.

Ketika dikonfirmasi, salah seorang siswa SD 125538 Jalan Bendungan Kelurahan Aek Nauli Kecamatan Siantar Selatan Mawar menuturkan, kehadirannya karena diminta datang ke kantor Dinas Pendidikan untuk menerima uang pembinaan karena ikut dalam O2SN dilaksanakan diBerastagi.”Kami diundang untuk mendapatkan uang pembinaan dari Dinas Pendidikan, karena saya ikut O2SN yang di Berastagi,”katanya.

Mawar merasa senang karena bisa mendapatkan bantuan dari Dinas Pendidikan. Pasalnya, uang tersebut sangat bermanfaat untuk kebutuhan sekolah. Dia tak pernah membayangkan akan menerima uang pembinaan, karena O2SN sudah lama selesai.

“Tidak disangka mendapat uang pembinaan, aku merasa senang karena uangnya bisa digunakan untuk membeli peralatan sekolah. Dapat uang pembinaan ini baru kali ini saya rasakan,”kata Mawar lugu.(LN)
sumber : harianandalas

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

PRAMUKA BINAAN KODIM 0205/TK JUARA ‘SIBOLANGIT LOVE COUNTRY’

Kabanjahe-andalas Pramuka ‘Saka Wira Kartika’ binaan Kodim 0205/TK berhasil meraih juara umum perlombaan gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sibolangit, yang diselenggarakan sejak 22 Agustus 2014-24 Agustus 2014 di SKB Sibolangit, Deli Serdang.

Perlombaan tingkat penegak dan pandega meraih juara umum dari 15 perlombaan yang diperebutkan. Ini merupakan prestasi sangat menggembirakan yang ditunjukkan adik–adik pramuka yang selama ini melaksanakan latihan di Makodim 0205/TK.

Demikian dikatakan Dandim 0205/TK, Letkol Inf Asep Sukarna kepada wartawan, Senin (25/8) di kantornya. Prestasi ini pasti membawa nama harum Tanah Karo termasuk sekolah tempat adik-adik belajar. Ini adalah buah dari kerja keras, latihan yang keras, disiplin dan semangat tinggi disertai dengan doa.

Prestasi yang diraih ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga kedepan “Pramuka Saka Wira Kartika” 0205/TK tetap dapat menunjukkan yang terbaik. Baik dalam pendidikan formal maupun dalam pendidikan nonformal di masa mendatang,”harap Dandim.

Dandim menambahkan, jenis perlombaan terdiri dari, Tata Upacara Penegak, Legislatif Drafting, Debatting Club, Folk Song dan LKBB. Perlombaan diikuti 20 tim dari berbagai Kwartir.

Materi perlombaan yang diraih terdiri dari, Tim A Saka Wira Kartika: juara II Folk Song, iuara II Debatting Club, juara III Legislatif Drafting, juara III LKBB.Tim B Saka Wira Kartika : juara I Folk Song, juara I Debatting Club, juara II Lotup dan juara II Legislatif Drafting.

“Saya selaku pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0205/TK mengucapkan terima kasih kepada adik-adik pramuka juga kepada instruktur dan pamong, Serda Joyo Batu Bara, Kopda Miswanto, Sahlan Dani, Imaduddin Nasution ST dan Farida Ariani Br Pelawi SPd MM Kons yang telah bekeja keras, melatih dan membina serta dapat menunjukkan yang terbaik,”katanya.

Sekolah yang tergabung dalam Saka Wira Kartika Kodim 0205/TK, SMA Neg 1 Kabanjahe, SMA Neg 2 Kabanjahe, SMA Neg 1 Tiga Panah, Madrasah Aliyah Negeri Kabanjahe, SMA Muhammadyiah Kabanjahe dan SMK Al-Karomah Berastagi.(RTA)
sumber : harianandalas

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

TANGKAP, PENGUSAHA JUDI KETANGKASAN DI AIDO MINI PLAZA SIBOLGA

Sibolga-andalas Kepolisian Resort (Polres) Sibolga diminta agar segera menangkap pengusaha, yang menyediakan permainan judi ketangkasan berupa mesin jackpot di lantai III Aido Mini Plaza di Jalan Diponegoro Kecamatan Sibolga Sambas.

Salah seorang pengunjung Berto Situmorang ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, judi ketangkasan diduga modus yang dijalankan, pengunjung yang datang bermain menukarkan uang dengan koin yang sudah disediakan di lokasi permainan.

“Setelah pemain mendapatkan kemenangan lewat permainan, akan dibayarkan sesuai keuntungan tersebut,”ujarnya, Senin (25/8) di Sibolga. Terkadang hasil dari keuntungan permainan dibayarkan kepada pemain di luar ruangan lokasi ketangkasan, agar tidak mencurigakan.

Hanya saja, di tengah gencarnya pemberantasan perjudian toto gelap (togel) di daerah Sibolga oleh kepolisian, pengoperasian lokasi yang terindikasi perjudian berkedok ketangkasan ini, terkesan kurang mendapat perhatian dari jajaran Polres Sibolga.

Padahal, Kapolda Sumatera Utara dengan tegas menolak dan menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk memberantas segala bentuk aksi perjudian yang terjadi di daerah. Sama seperti judi togel, judi ketangkasan itu sesuai hukum tidak diperbolehkan.

Diminta kepada Kapolres Sibolga AKBP Guntur Agung Supono agar serius memberantas Judi berkedok ketangkasan yang ada di Aido Mini Plaza lantai III tersebut dan bila penting tangkap pengusaha yang menyediakannya.

Jangan hanya judi togel saja yang secara serius diberantas. Lokasi judi ketangkasan yang ada di lantai III Aido Mini Plaza yang terindikasi menjadi sarang perjudian harus diusut juga.”Sebab, segala bentuk unsur perjudian tentu saja menyangkut moral dari seseorang dan bisa berdampak pada efek domino terjadinya kriminalitas yang lain,”ungkapnya.

Berto menilai, bukan hanya berdampak pada moral dan mental seseorang, namun bisa memengaruhi lingkungan dan daerah. Untuk itu, diminta aparat hukum agar mengawasi lokasi-lokasi yang terindikasi menjalankan aksi perjudian berkedok ketangkasan.”Hal ini menjadi tugas aparat penegak hukum untuk mengawasi. Tentu saja butuh tekad bersama dalam memberantas aksi perjudian di daerah ini,”tegasnya (HAS)
sumber : harianandalas

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment

PENERIMAAN SISWA BARU AJANG CARI DUIT

Kepala SMPN 1 Kabanjahe Layak Dicopot

Kabanjahe-andalas Kepala SMP Negeri 1 kabanjahe diminta copot. Pasalnya, sekolah yang tergolong favorit dan persis berada di depan kantor Bupati Karo itu dituding masyarakat dalam penerimaan siswa baru (PSB) Tahun Ajaran 2014/2015, menyalahi peraturan telah ditetapkan.

Hal itu terungkap saat beberapa orang tua maupun siswa yang pernah mendaftar ke SMPN 1 kabanjahe tersebut mengetahui, ada siswa baru diterima dan telah bersekolah padahal nilai SKHU nya di bawah ketentuan, hanya 8,10.

Dan, saat awal penerimaan siswa/i baru di SMP Negeri 1 sesuai aturan yang telah ditentukan di sekolah tersebut. Bahwa, siswa/i yang bisa dapat diterima dengan nilai SKHU (surat keterangan hasil ujian) paling rendah 8,22. Dengan demikian pada pendaftaran saat itu banyak sekali orang tua maupun siswa yang nilai SKHU-nya di bawah rata-rata 8,22 menjadi kalang kabut mencari sekolah lainnya sebagai tempat mendaftar.

“Anak saya waktu pendaftaran PSB kemarin di SMPN 1 Kabanjahe nilai SKHU-nya 8,16. Detik-detik terakhir menjelang penutupan, Kepala Sekolah Johari Barus bilang, tarik saja berkas pendaftaran, cari sekolah lain dulu nanti dipindah lagi kemari. SKHU terendah diterima 8,22,”ujar Sri Ulina Br Ginting (38) menirukan ucapan Kepsek Johari Barus.

Ternyata setelah saya selidiki, SKHU dengan nilai rata-rata 8,10 pun ada yang diterima. Tak pelak lagi orang tua dan siswa merasa ditipu, menganggap kepala sekolah Johari Barus telah melakukan pembohongan publik, yang dampaknya dapat mencoreng dunia pendidikan di Tanah Karo.

Terlebih sekolah tersebut adalah sekolah favorit tingkat SLTP/sederajat se Kabupaten Karo. Bukan itu saja kinerja Kasek Johari Barus yang sudah delapan bulan menjabat sejak dari Pelaksana tugas (Plt) hingga definitif di SMP negeri 1 Kabanjahe dinilai amburadul dan minim prestasi.

Orang tua siswa lainnya, Nenni Br Purba (35) warga Kabanjahe yang turut mengetahui pembohongan publik dilakukan Johari, mengharapkan Kadis Pendidikan Kabupaten Karo agar menelusuri ‘permainan’ Kasek di sekolah tersebut.

“Bila Kadis Pendidikan tidak melakukannya, patut dicurigai Kadis “merestui” permainan Kasek yang sangat memalukan dan mencoreng citra dunia pendidikan daerah ini,” ketusnya.

Karena kalau dibiarkan berlarut larut, tanpa sanksi dan efek jera, percayalah sekolah-sekolah lainnya akan melakukan hal yang sama di tahun-tahun mendatang. Untuk itu, harap orang tua siswa, Plt Bupati Karo Terkelin Berahmana SH harus turun tangan, agar ke depan tidak ada lagi yang menjadikan PSB sebagai ajang cari duit.

“Kalau memang Johari dianggap belum mampu memimpin dan meningkatkan mutu pendidikan terlebih menerapkan pelajaran Kurikulum tahun 2013, sebaiknya diberlakukan Baperjakat untuk mencari dan menempatkan Kasek yang dianggap sudah layak dan mampu meningkatkan mutu pendidikan disekolah itu,” ujar Nenni mengharap.

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Kasek Johari Barus, awalnya terkesan mengelak, dengan alasan masih ada yang penting dikerjakan atas kunjungan PPL. Namun diminta waktunya agar bersedia 5 menit saja memberikan keterangan, akhirnya Johari mempersilahkan wartawan masuk ke ruang kerjanya.

Saat ditanya menyangkut persoalan di atas, Johari terlihat bingung dan mengaku belum mengetahui secara rinci nama dan jumlah siswa/i yang bersekolah saat ini. Dia mengatakan, bilapun ada nantinya siswa/i diterima walau di bawah nilai SKHU sudah ditentukan, itu akibat adanya siswa tidak mendaftar ulang.

“Nanti saya lihat dulu, data nama dan jumlah siswa kita yang baru, karena tidak saya hafal semua namanya. Kalaupun ada siswa yang diterima di bawah nilai SKHU yang sudah ditentukan, itu pengganti siswa yang tidak hadir dalam pendaftaran ulang,”ujarnya terkesan membenarkan diri. (RTA)
sumber : harianandalas

Posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo | Leave a comment