SIKSA KUBUR VS BADARAWUHI BERSAING JADI RAJA FILM LEBARAN, SAINGI KKN?

Foto: Siksa kubur kkn di desa penari twitter

Jakarta, CNBC Indonesia – Dua film Indonesia bersaing ketat menjadi raja film libur Lebaran tahun ini yakni Siksa Kubur dan Badarawuhi di Desa Penari.

Merujuk pada akun @kknmovie, film Badarawuhi di Desa Penari sudah ditonton 1.031.707 orang hanya tiga hari setelah film itu tayang.

Pada penayangan pedana pada Kamis (11/4/2024), film garapan Kimo Stamboel ini langsung ditonton oleh 344.507.

Larisnya film Badarawuhi di Desa Penari semakin mengukuhkan MD Pictures sebagai raja film Lebaran. Rumah produksi pimpinan Manoj Punjabi ini pernah menggebrak film nasional dengan menjadikan film KKN Desa Penari sebagai film terlaris sepanjang masa dengan jumlah penonton lebih dari 10 juta pada musim Lebaran 2022.

Badarawuhi di Desa Penari merupakan prekuel dari KKN Desa Penari dan berlatar belakang puluhan tahun sebelumnya.

Film ini bercerita mengenai asal usul siluman ular Badarawuhi yang merupakan sosok paling ditakuti di desa misterius di Pulau Jawa tersebut.

Film lain yang menggebrak lebaran tahun ini adalah Siksa Kubur. Film garapan Joko Anwar ini ditonton 257.871 orang di hari perdana penayangannya pada 11 April 2024.

Film ini bercerita mengenai obsesi Sita untuk membuktikan bahwa siksa kubur tidak nyata. Film yang dibintangi Reza Rahardian ini ramai dibicarakan di media sosial, terutama terkait ending film.

Siksa Kubur dan Badarawuhi di Desa Penari diperkirakan akan terus mendatangkan banyak penonton hingga libur Lebaran usai pada Senin pekan ini.

Lebaran, Musim Panen Film Indonesia
Larisnya film yakni Siksa Kubur dan Badarawuhi di Desa Penari Membuktikan jika libur Lebaran masih menjadi periode manis bagi industri perfilman nasional.

Libur Lebaran adalah musim panen rezeki bagi industri perfilman Indonesia. Puluhan rumah produksi Tanah Air pun selalu menyiapkan film khusus untuk Lebaran.

Amerika Serikat memiliki liburan musim panas sebagai periode andalan untuk mengeluarkan film blockbuster. Produsen China memanfaatkan libur musim semi untuk merilis film-film terbaik dan terlarisnya.

Pada musim panas dan semi, jutaan penonton akan berbondong-bondong mendatangi bioskop. Lamanya waktu liburan serta berkumpulnya keluarga menjadi salah satu alasan mengapa bioskop laris manis pada periode tersebut.

Indonesia juga memiliki periode khusus yakni libur Lebaran di mana jutaan warga Indonesia biasanya menghabiskan libur untuk berkumpul, berwisata, ataupun mendatangi bioskop.

Libur Lebaran adalah salah satu musim liburan yang paling lama yakni lebih dari seminggu. Pada periode tersebut, masyarakat Indonesia juga tak segan menghabiskan uang untuk berbelanja atau mencari kesenangan lain mengingat ada Tunjangan Hari raya (THR).

Dengan alasan itu pula, rumah produksi saling sikut untuk mengeluarkan film khusus selama periode Lebaran tersebut karena ada peluang filmnya dilihat banyak penonton.

Pengecualian terjadi pada 2020 dan 2021 di mana pandem Covid-19 masih menggila.

Fenomena Film Libur Lebaran: KKN Desa Penari & Larisnya Film Hantu

KKN Desa Penari menjadi salah satu fenomena pada libur Lebaran 2022.
Film garapan MD Pictures tersebut mampu menyedot lebih dari 10 juta penonton. Hingga kini, KKN Desa Penari masih menjadi film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak.

Ada sejumlah faktor mengapa KKN Desa Penari mampu mendatangkan begitu banyak penonton. Selain tayang selama Libur Lebaran, gaung film tersebut sudah kencang sebelum rilis pada 30 April 2022 yakni dari seutas cerita di Twitter.

Film KKN: Di Desa Penari dibintangi aktor dan aktris seperti Fajar Nugraha, Aghniny Haque, Calvin Jeremy, Adinda Thomas, Tissa Biani, Ahmad Megantara, Kiki Narendra, Aulia Sarah, Aty Cancer dan Diding Boneng. Doc.MD Pictures
Film KKN: Di Desa Penari dibintangi aktor dan aktris seperti Fajar Nugraha, Aghniny Haque, Calvin Jeremy, Adinda Thomas, Tissa Biani, Ahmad Megantara, Kiki Narendra, Aulia Sarah, Aty Cancer dan Diding Boneng. Doc.MD Pictures

Musim libur Lebaran 2022 juga menjadi yang pertama di mana masyarakat Indonesia berlebaran tanpa dibatasi oleh aturan ketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
Libur Lebaran pada 2022 juga terbilang panjang yakni 10 hari.
Masyarakat Indonesia yang sudah haus liburan dan memiliki libur panjang pun banyak yang kemudian mendatangi bioskop.

Hal tersebut tercermin dari banyaknya film yang tembus di atas 500.000 penonton pada periode Lebaran 2022. Selain KKN Desa Penari, terdapat pula film Kuntilanak 3 (1,3 juta), dan Gara-Gara Warisan (574.830).

Yang luar biasa, film KKN Desa Penari pada periode libur Lebaran 2022 mampu mengalahkan andalan Hollywood Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Film bertema hantu masih menjadi favorit masyarakat Indonesia selama periode Lebaran.

Penelusuran CNBC Indonesia Research menunjukkan 5 dari tujuh film terlaris selama periode Lebaran bertema hantu. Hanya ada satu film bertema religi yakni Buya Hamka volume 1.

Berikut tujuh film terlaris Lebaran di Indonesia:

sumber: cnbc

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.