PEKERJAAN TAK SELESAI, KONTRAKTOR GAPURA SELAMAT DATANG KOTA MEDAN KENA SANKSI

Foto: Pembangunan Gapura Selamat Datang Kota Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Pembangunan tiga Gapura Selamat Datang (batas kota) yakni Simpang Kampunglalang, Amplas dan Medan Tuntungan yang berbiaya Rp9,4 miliar tahun anggaran 2023 diduga bakal diperpanjang masa pengerjaannya selama 50 hari ke depan.

Pasalnya, kontraktor yang memenangkan proyek pembangunan ketiga gapura selamat datang ini tak kunjung rampung menyelesaikan, meskipun sudah diberi waktu 50 hari kerja.

“Iya, tiga gapura batas kota itu memang belum rampung dikerjakan pihak kontraktor. Tahun ini sudah lewat 50 hari, tapi belum selesai juga. Ya itulah, manusia berencana, tapi Tuhan juga yang menentukan. Kalau yang kita lihat, banyak terkendala masalah cuaca,” ucap Kadis Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis, Selasa (7/2).

Endar menambahkan, Pemko Medan kembali memberi waktu kepada pihak kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan tiga gapura batas kota tersebut.

Berdasarkan aturan, perpanjangan dapat diberikan 20 hari sampai 40 hari selepas habis masa waktu perpanjangan pertama (50 hari).

“Saat ini kita perpanjang, sesuai aturan dapat diperpanjang sampai 40 hari di tahun ini (2023) atau paling lama akhir bulan Maret ini. Harapan kita bisa selesai lebih cepat dari itu,” ujarnya.

Meskipun demikian, sambung Endar, Pemko Medan tetap memberikan sanksi denda atau penalti terhadap keterlambatan pekerjaan tiga gapura batas kota tersebut.

“Sanksi denda 1 permil perhari tetap diberikan, tidak bisa tidak. Kan aturannya sudah jelas. Jadi selain harus menyelesaikan pekerjaannya, mereka juga harus membayar denda, dan itu sudah mereka ketahui sejak awal,” katanya.

Mengenai pembayaran sisa anggaran proyek yang belum tuntas, Endar mengatakan akan diajukan kembali di P-APBD Tahun Anggaran 2023. Sebab, anggaran 2022 sudah tutup buku.

“Kita yakin bulan ini juga selesai lah tiga gapura itu. Karena memang kita lihat sudah mau selesai kok, sudah tinggal finishing saja,” pungkasnya. (wol/mrz/d2)
Editor AGUS UTAMA
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo, Taneh Karo Simalem. Bookmark the permalink.