KATA-KATA TERAKHIR PAUS EMERITUS BENEDIKTUS: ‘TUHAN, AKU MENCINTAIMU’

Para jemaat berkumpul di hadapan foto mantan Paus Benediktus di Gereja Santa Maria dell’Anima, di Roma, Italia 31 Desember 2022. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

“Tuhan, aku mencintaimu,” merupakan kata-kata terakhir yang dilaporkan diucapkan Paus Emeritus Benediktus sesaat sebelum ia meninggal dunia, menurut laporan di situs Internet The Vatican News.

Sekretaris pribadi Paus, Uskup Agung Georg Gänswein, mengatakan seorang perawat adalah satu-satunya orang yang bersama Benediktus ketika itu.

“Saya tidak berada di sana ketika itu, tetapi perawat memberitahu saya mengenai hal tersebut tidak lama kemudian,” kata Ganswein. “Inilah kata-kata terakhirnya yang masih dapat dipahami, karena setelah itu ia tidak lagi dapat mengekspresikan diri.”

Jenazah Benediktus disemayamkan di Basilika Santo Petrus dari Senin hingga Rabu dan pemakamannya akan berlangsung pada hari Kamis.

Benediktus, terlahir sebagai Joseph Ratzinger, adalah paus pertama dalam 600 tahun yang mundur dari jabatan tertinggi di Vatikan itu. Pensiunan paus itu tinggal di dalam Vatikan selama hampir 10 tahun.

Ia meninggal dunia pada usia 95 tahun. [uh/ab]
sumber: voa

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.