ANGGOTA POLISI DI SERGAI DITEMBAK PERAMPOK

Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

PERBAUNGAN, Waspada.co.id – Seorang personil Polsek Perbaungan tertembak saat melakukan penggerebekan pelaku pencurian dan perampokan kendaraan, di Dusun II, Desa Citaman Jernih, Kecamatan Perbaungan, Kamis (15/9) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Beruntung, seorang petugas Polsek Perbaungan yang diketahui bernama Aiptu Chairullah Manik selamat usai tertembak dan hanya terkena serpihan peluru pada bagian matanya, sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Kepala Dusun (Kadus) II, Desa Citaman Jernih, Ismail, Sabtu (17/9) membenarkan bahwa ada kasus penembakan terhadap personil Polsek Perbaungan.

Ismail menceritakan, bahwa pada Kamis (15/9) malam sekitar pukul 23.00 WIB, beberapa personil Polsek Perbaungan dipimpin Kanit Reskrim Ipda Zulpan Ahmadi melakukan penggrebekan di rumah seorang janda berinisial L, diduga sebagai tempat persembunyian pelaku yang dikenal dengan sebutan Ade, yang merupakan warga kampung manggis Perbaungan.

“Si L itu bibiknya Ade, waktu penggerebekan si Ade saya pun di lokasi itu,” kata Ismail.

Menurut Ismail, aksi penembakan yang dilakukan oleh pelaku Ade ke arah personil Polsek Perbaungan ini, saat Polisi sudah mengepung rumah milik L, dan memerintahkan agar pelaku menyerahkan diri. Namun pelaku yang saat itu bersembunyi di atas plafon rumah, tiba tiba menembak ke arah Polisi.

Ia pun mengaku mengetahui persis peristiwa itu, karena dirinya pada saat itu menjadi penyangga saat Aiptu Chairullah Manik membuka plafon rumah nya L. ” Tiba-tiba dibuka asbes itu sama polisi, dia (pelaku) langsung nembak,” terang Ismail.

Beruntung kata lsmail tembakan tersebut mengenai helm jenis tactical helmet yang dipakai Aiptu Chairullah Manik pada saat itu. “Kukira pun mati, karena kuat kali suaranya. Tapi untung pakai helm besi itu si polisinya,”ucapnya Ismail.

Kemudian, lanjut Kadus, setelah Polisi melakukan upaya, akhirnya pelaku melemparkan senjata api dan menyerahkan diri, sementara Aiptu Chairullah Manik dilarikan ke Rumah Sakit.

Atas tertangkapnya pelaku Ade ini, Kata Ismail, warga khususnya yang tinggal di Perbaungan memberi apresiasi kepada Polisi, karena menurut Ismail, pelaku selama ini kerap mencuri dan merampok kendaraan dengan membawa senjata api, sudah cukup meresahkan.

“Dia itu tidak pandang bulu pak, mau punya tetangga, punya saudara pun disikat, makanya masyarakat berterima kasih sama Polisi,” tutup Ismail.

Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud, saat dikonfirmasi Sabtu (17/9), membenarkan peristiwa itu. Ali mengatakan, akan menyampaikan hal ini pada Senin mendatang. “Senin mau saya rilis pengungkapan kasus,” kata Kapolres.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Perbaungan Ipda Zulpan Ahmadi ketika dikonfirmasi, Sabtu (17/9) juga membenarkan peristiwa penembakan anggotanya.

“Iya pada saat dilakukan penggrebekan, pelaku berondok di atas asbes, ditembaklah personil ku, cuma kena helm, dan percikannya itu yang kena ke matanya,” kata Zulpan.

“Tapi nanti jelasnya hari Senin kita rilis, biar pimpinan yang jelasin,” tutup Zulpan Ahmadi.(wol/rzk/d1)
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.