PEMUDIK MOTOR DIPREDIKSI MULAI PADATI KALIMALANG KAMIS MALAM

Polisi memprediksi pemudik sepeda motor bakal memadati Jalan Kalimalang mulai 28 April (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia — Jalan Raya Kalimalang, Bekasi diprediksi bakal dipadati pemudik roda dua pada Kamis (28/4) malam, atau pada H-4 Lebaran 2022 lantaran cuti bersama lebaran jatuh pada Jumat (29/4).
Hal tersebut disampaikan Kepala Pos Pelayanan Lebaran 2022 Simpang Pangkalan Jati, Ipda Junaedi Efendi.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, mulai peningkatan pada malam hari sebelum cuti bersama. Kalau tahun ini berarti diperkirakan pada Kamis malam,” ujarnya kepadaCNNIndonesia.com di lokasi, Senin (25/4).

Junaedi memperkirakan volume kendaraan yang melewati Jalan Kalimalang selama periode H-4 sampai H-1 lebaran bakal meningkat hingga tiga kali lipat dari kondisi normal. Kondisi itu, kata dia, bisa jadi akan lebih tinggi mengingat dua tahun sebelumnya ada pelarangan mudik akibat Pandemi Covid-19.

Dia memprediksi rombongan pemudik akan mulai memadati ruas-ruas jalan selepas berbuka puasa. Selain waktu tersebut, pemudik juga diprediksi banyak yang melakukan perjalanan setelah subuh hingga pagi hari.

“Waktu favorit diperkirakan masih sama yaitu malam hari selepas berbuka atau tarawih dan pada pagi hari selepas subuh,” tuturnya.

Sementara itu, sejak Jumat (22/4) kemarin sampai Senin (25/4) malam, ia mengatakan masih belum ada peningkatan arus mudik yang berarti. Menurutnya, peningkatan arus kendaraan ketimbang waktu normal hanya 10 persen.

“Kalau peningkatan selama tiga hari ini memang sudah ada. Tapi masih belum besar, cuma sekitar 10 persen saja dari kondisi normal,” ujarnya.

Junaedi memperkirakan puncak arus mudik di jalur arteri ini baru bakal terjadi pada Sabtu (30/4) malam. Oleh sebab itu, guna menghindari kemacetan pada puncak arus mudik, dia menyarankan agar masyarakat dapat pulang kampung lebih awal.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat mudik lebih awal. Tetapi dengan tetap memperhatikan kesiapan diri dan kendaraan,” ujarnya.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan volume kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Jalan Arteri sempat meningkat sejak Jumat (22/4).

Kendati demikian, volume pergerakan kendaraan tersebut kembali menurun pada Minggu (24/4) malam.

“Minggu malam arus sudah menurun lagi di arteri, bahkan tadi malam laporan lalu lintas di arteri cukup lenggang khususnya pemotor,” ujarnya.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah memprediksi kepadatan arus mudik Lebaran akan terjadi pada 28 April-1 Mei 2022. Sementara itu, khusus di Pulau Jawa diperkirakan bakal ada 17 juta pemudik yang menggunakan sepeda motor.(tfq/bmw)
sumber: cnnindonesia

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.