CARA CERDAS CHINA

China punya aturan enam hal soal harta. Pertama, orang tempatkan uangnya di bank kena pajak. Kalau tiga tahun uang disimpan begitu saja. Ya habis dimakan pajak. Tetapi kalau uang itu dipakai untuk instrument investasi diluar bank akan bebas pajak. Kecuali atas keuntungan saja. Dengan demikian uang tidak menumpuk di bank dan bank focus sebagai agent pembangunan yang hidup dari fee, bukan dari rente. Ya, kamu tidak mau berbagi lewat investasi, ya negara bantu bagikan.

Kedua, orang dilarang punya emas diatas ditentukan negara. Sebagai gantinya negara menjual emas aspal ( Tungsten). Ini metal mendakati emas. Warna sama dengan emas. BIaya produksinya hanya 0,2% dari emas. Namun dihargai sama dengan emas. Investasi pada emas semacam ini bebas pajak. Dapat diperjual belikan secara bebas sesuai harga emas asli. Dengan skema ini, negara dapat berhutang kepada rakyat tanpa bunga.

Ketiga, pajak progressive. China menerapkan pajak kekayaan yang bersifat progressive. Semakin banyak kepemilikan pribadi, seperti rumah, kendaraan, dan lain lain semakin besar pajaknya. Akibatnya orang malas untuk menumpuk harta pribadi. Mereka lebih suka menginvestasikan uang agar bebas pajak. Dengan demikian mereka dapatkan kebebasan financial. Dan negara dapatkan likuiditas untuk pembangunan. Swasta juga dapat likuditas untk proyek.

Keempat, kurs dan statisitik. China adalah negara yang tidak pernah publikasi indikator ekonominya secara resmi. Jadi orang menduga duga saja. Terutama soal kurs, orang buta. Suka suka pemerintah aja menetapkan kurs. Apa yang terjadi? uang tidak jadi komoditi yang bisa jadi spekulasi. Sehingga negara bisa kendalikan makro dan mikro ekonomi secara bebas untuk kemajuan negara.

Kelima, pengendalian uang beredar bagi PNS. China melarang PNS makan di restoran mewah. Bagi pngusaha restoran yang mengizinkan akan kena ban. Pembelian diatas 10,000 yuan harus ada KTP. Bagi toko yang melanggar dicabut izinnya. Akibatnya PNS sudah sulit korupsi ? mau belanja kemana.? Mau simpan dimana ? Keluar negeri? China menerapkan cross border ketat.

Nah, terakhir dalam jangka panjang pemerintah akan terapkan uang digital, sehingga tidak ada lagi rakyat bisa menyembunyikan uang dan hartanya. Semua pasti kena pajak, pasti terukur semua. Dan pasti mudah pemerintah menambah dan mengurangi uang beredar tanpa terdeteksi. Makro ekonomi jadi aman.
Erizeli Jely Bandoro & fb

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.