SELAIN BALI, 5 PULAU INDAH INI TAK KALAH ROMANTIS BUAT RAYAKAN VALENTINE DI INDONESIA

Merdeka.com – Valentine memang paling seru dirayakan bersama pasangan. Apalagi jika hari kasih sayang tersebut bertepatan dengan momen spesial lainnya, seperti bulan madu atau perayaan hari jadi pernikahan, maka semakin sayang untuk dilewatkan. Inilah kenapa banyak pasangan tertarik merayakannya sembari menikmati liburan romantis.

Bicara liburan romantis sendiri, rasanya memang tak bisa dipisahkan dari Bali. Pulau satu ini memang menawarkan banyak keindahan alam, keberagaman kuliner, kekayaan budaya, hingga resort mewah yang bikin betah berlama-lama menikmati liburan romantis bersama pasangan.

Namun, tahukah Anda, selain Bali ada pulau indah di seluruh Indonesia yang tak kalah romantis buat merayakan Valentine. Di mana saja?

1. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Di kalangan wisatawan, nama Belitung memang sudah begitu terkenal. Pulau ini pas dijadikan destinasi liburan romantis untuk merayakan Valentine bersama pasangan, karena menawarkan keindahan pantai dengan hiasan formasi batu granit yang begitu menakjubkan. Nikmati keindahan pemandangan bawah laut di Pulau Lengkuas, hingga melihat hiu-hiu berseliweran dengan jelas di bawah perairan jernih Pulau Nangka. Lengkapi liburan ke Belitung dengan melihat langsung birunya Danau Kaolin.

2. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Tak ingin wisata yang jauh-jauh dari Jakarta? Tenang, masih ada Kepulauan Seribu yang tak kalah indah untuk dijadikan destinasi liburan romantis bersama pasangan saat Valentine. Ada spot romantis bernama Jembatan Cinta di Pulau Tidung, ada pula Pulau Pramuka yang menawarkan keindahan wisata bahari. Sementara jika ingin menikmati bulan madu romantis yang intim dan jauh dari hiruk pikuk, bisa berkunjung ke Pulau Macan. Bukan saja menawarkan keindahan alam, tetapi juga fasilitas penginapan yang lengkap dan nyaman.

3. Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

Dekat dengan Bali, Lombok bisa menjadi alternatif liburan romantis bersama pasangan kala Valentine tiba. Sebab, keindahan alamnya benar-benar tak perlu diragukan. Terlebih Lombok juga menjadi salah satu destinasi prioritas #WonderfulIndonesia juga. Ada banyak pantai-pantai indah yang tak dikerumuni wisatawan, seperti Pantai Semeti, Telawas, Munah dan Segui. Lombok juga punya gili-gili cantik, seperti Trawangan, Meno, Air dan banyak lagi lainnya, lengkap dengan penginapan dari vila, hotel, sampai resor, sehingga pas dikunjungi bersama orang tersayang.

4. Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur

Sedikit ke timur lagi ada Pulau Sumba, yang kini tengah menjadi primadona baru banyak pasangan untuk berbulan madu. Pulau ini menawarkan sisi eksotis tersendiri. Mulai perbukitan hijau dan asri seperti Bukit Warinding, hingga birunya laut yang begitu magis jelang matahari terbenam maupun terbit macam Pantai Mbawana, Pantai Walakiri, hingga Laguna Waikuri. Selain itu, Sumba juga menawarkan kelestarian budaya hingga resor kelas dunia untuk menikmati liburan romantis bersama pasangan, seperti Nihi Sumba dan Lelewatu Resort Sumba.

5. Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

Sebelah timur Sumba, ada pula Labuan Bajo yang tak kalah terkenal dan mengagumkan keindahan alamnya. Ciri khas dari Labuan Bajo adalah wisata bahari dengan konsep Live on Board yang jadi favorit banyak wisatawan. Labuan Bajo juga menawarkan atraksi wisata lain, seperti berfoto di Bukit Cinta, bersenang-senang di Air Terjun Cunca Wulang, hingga snorkeling santai di Pulau Manjarite. Jangan lewatkan pula mengunjungi Pink Beach dan berenang di Goa Rangko yang begitu fenomenal.

Itulah beberapa pulau indah #DiIndonesiaAja yang tak kalah romantis buat rayakan Valentine selain Bali. Menariknya lagi, berbagai destinasi wisata tersebut juga sudah mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), yaitu sertifikasi yang diberikan kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Selama berlibur ke berbagai destinasi wisata tersebut, Anda bisa menginap di hotel atau vila lokal, serta mencicipi makanan di restoran yang ada di sekitar tempat wisata. Bukan hanya memberikan kesenangan pada diri maupun pasangan, tetapi secara tak langsung juga turut berkontribusi dalam memajukan ekonomi nasional yang sempat terdampak situasi pandemi.

Demi membantu pariwisata Indonesia kembali bangkit, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga mendorong pemerintah daerah melakukan identifikasi berbagai potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya sekaligus memperkuat pengembangan potensi sumber daya manusia (SDM) dalam upaya penciptaan lapangan kerja.

“Pariwisata bisa dijadikan lokomotif. Kami melihat bahwa pariwisata menjangkau daerah yang terpencil, menimbulkan multiplier effect yang cukup luas untuk membuka lapangan kerja,â€� ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Supaya bisa tetap update dan mendapatkan inspirasi tempat wisata terbaru di tanah air selain Bali sekaligus informasi produk ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja, jangan lupa untuk follow akun Instagram @pesonaid_travel dan mengikuti kegiatan pesona punya kuis (PUKIS). Buruan segera rencanakan liburan romantis bersama pasangan untuk merayakan Valentine yang sudah di depan mata dari sekarang. Serta, tetap utamakan protokol kesehatan yang berlaku di tempat wisata.(mdk/tmi)
sumber: merdeka

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *