POLDA SUMUT AKAN BONGKAR KUBURAN PENGHUNI KERANGKENG BUPATI LANGKAT

Polda Sumut akan bongkar kuburan penghuni kerangkeng milik Bupati Langkat diduga korban aniaya.

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumut akan membongkar kuburan penghuni kerangkeng milik Bupati Langkat Nonaktif, Terbit Rencana Perangin-angin, diduga menjadi korban penganiayaan.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, mengaku penyidik telah mendatangi kuburan yang diduga korban dugaan penganiayaan terhadap penghuni kerangkeng di rumah Bupati Langkat.

Menurutnya, penyidik bersama dengan dokter forensik rencananya akan membongkar kuburan itu. “Kalau dibongkar apa kepentingan dan hasil yang di dapat nanti tim sedang bekerja dengan dokter forensik. Kemungkinan ada (dibongkar),” katanya, Rabu (9/2).

Panca mengungkapkan, tim gabungan telah memintai keterangan sejumlah 63 lebih saksi terkait hal ini.

“Progres teman-teman, sudah memeriksa 63 lebih saksi baik orang yang pernah tinggal di lokasi tersebut, ataupun keluarganya ataupun orang-orang yang mengetahui dugaan tindak pidana yang terjadi selama di tempat tersebut,” ungkapnya.

“Tahapan itu sudah ada di reserse, bekerjanya seperti itu dari mulai penyelidikan nanti akan dilakukan gelar perkara untuk menentukan apakah perkara ini layak untuk ditingkatkan ke penyidikan, termasuk juga melakukan pemeriksaan kepada siapapun yang kita butuhkan untuk memberikan keterangan terkait perkara tersebut,” tambah Panca.

Sebelumnya, Polda Sumut dan Komnas HAM akan terus melakukan investigasi memeriksa siapapun yang terlibat dalam tindak pidana kasus kerangkeng manusia tersebut.

Panca menuturkan, sejak kasus kerangkeng di rumah Bupati Langkat terungkap, jajaran Dit Reskrimum dan Dit Reserse Narkoba Polda Sumut telah melakukan penyelidikan serta pendalaman.

“Dari hasil pendalaman didapatkan fakta dan temuan, yang ternyata sama dengan apa yang menjadi fakta dan temuan dari penelusuran Tim Komnas HAM,” pungkasnya.(wol/lvz/d1)
Editor: SASTROY BANGUN
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Taneh Karo Simalem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *