123 PEGAWAI POSITIF COVID-19, KOMINFO PERCEPAT VAKSINASI BOOSTER

Merdeka.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaksanakan vaksinasi dosis ketiga atau booster kepada pegawai. Pelaksanaan vaksinasi ini untuk mencegah penularan Covid-19 varian Omicron.

Menteri Kominfo Johnny G Plate menuturkan, vaksinasi booster ini juga merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas Senin lalu.

“Presiden Jokowi memerintahkan bagi yang divaksin lengkap dan sudah waktunya mendapat vaksin penguat atau booster harus segera divaksin,” ujarnya dikutip dari siaran pers di Jakarta, Sabtu (5/2).

Johnny mengungkap, pertimbangan percepatan vaksinasi booster berkaitan dengan jumlah sivitas Kementerian Kominfo yang terinfeksi Covid-19 meningkat dalam kurun waktu seminggu terakhir.

“Saya sudah perintahkan untuk mengatur pembatasan kerja, tetapi itu belum cukup. Masih ada yang terinfeksi hingga tercatat sekitar 123 orang di kantor pusat. Karena itu, satu langkah yang diupayakan dengan mempercepat pelaksanaan vaksinasi booster ini,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga ini, kata Johnny, upaya menjaga kesehatan setiap orang di tengah kemunculan varian baru. Pemerintah juga telah bersiap mengantisipasi penyebaran Omicron.

“Pemerintah telah bersiap untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian baru. Namun, untuk meningkatkan perlindungan saya memerintahkan agar seluruh pegawai mengikuti vaksinasi booster dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat dalam kegiatan sehari-hari terutama ketika bekerja di kantor,” ucapnya.

Johnny yakin vaksin dosis ketiga terbukti aman dan efektif meningkatkan imunitas tubuh. Sesuai uji klinis pemerintah, pemberian booster untuk subyek penelitian tidak menunjukan efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berat.

“Tidak ada efek samping dan KIPI yang berat, jadi vaksin booster aman dijalani. Semua vaksin yang digunakan di Indonesia aman dan bermanfaat, jadi tidak perlu menunda lagi vaksinasi bagi yang memenuhi syarat,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga di tangani oleh Klinik Pratama Kementerian Kominfo berkerja sama dengan Kementerian Kesehatan. Vaksinasi berlangsung sejak Jumat (4/2) dan dijadwalkan sampai Selasa (8/2).

“Setiap harinya kita vaksinasi sekitar 600 pegawai, dan untuk tahap awal ini kita targetkan semua pegawai di kantor pusat serta yang ada di sekitar Jakarta bisa mengikuti vaksinasi,” ungkap Johnny.

Pemberian vaksinasi dosis ketiga di Indonesia telah dimulai sejak 12 Januari 2022. Pemerintah mengimbau seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi lanjutan agar imunitas terjaga dan penularan Covid-19 terkendali.(mdk/eko)
sumber: merdeka

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *