MENGENAL BUS ENGKEL, BUS KECIL DENGAN SASIS TRUK

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan angkutan penumpang yang bisa membawa banyak orang dari satu tempat ke tempat lain. Namun pada kondisi jalan yang sempit, bus yang besar tentunya akan kerepotan.

Oleh karena itu, ada angkutan penumpang yang dikenal dengan bus engkel. Bus engkel ini memiliki dimensi yang lebih kecil dari medium bus, namun lebih besar dari angkot atau microbus pada umumnya.

Bus engkel dibuat lebih tinggi agar bisa memuat penumpang yang berdiri. Kemudian tetap ada beberapa kursi untuk duduk. Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, biasanya bus ini beroperasi di pedesaan.

“Bus engkel biasa beredar di jalan yang aksesnya kecil, kemudian sering stop & go. Bus model ini cocok untuk jalan yang sempit,” kata Dimas kepada Kompas.com, Selasa (18/8/2020).

Kemudian asal panggilan engkel dikarenakan bus ini menggunakan sasis dari truk engkel atau truk empat roda seperti Mitsubishi Colt Diesel FE Series. Sasis ini cocok untuk digunakan pada jalan pedesaan yang sempit dengan medan yang naik turun.

Bus engkel ini bisa ditemui pada daerah-daerah pedesaan dekat pegunungan di Jawa Tengah seperti Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kebumen, dan berbagai daerah lainnya. Bus ini menjadi transportasi andalan warga untuk pergi antar kecamatan.

Salah satu karoseri pembuat bus engkel yaitu karoseri Agustus dari Magelang. Bus engkel juga mengikuti zaman dengan menggunakan model double glass. Namun pada bus engkel hanya memasang sekat atau bando tambahan, bukan kaca ganda sebenarnya.

Kemudian keunikan lainnya yaitu memakai lampu depan dan belakang yang sama persisi dengan yang terpasang pada bus besar. Hasilya bus engkel terlihat bagai bus besar yang diperkecil baik panjang dan lebarnya.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita, Informasi Mobil dan Motor, Mobil dan Motor. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *