5 NEGARA INI PENYUMBANG SAMPAH PLASTIK TERBESAR DI DUNIA, INDONESIA URUTAN KE-3

Sejumlah pemulung memindahkan limbah plastik di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Senin, 1 Juni 2020. Menurut data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, usai Lebaran rata-rata jumlah sampah yang datang ke TPST Bantargebang menurun dari tahun 2019 yaitu 7.145 ton per hari menjadi 6.602 ton per hari. ANTARA/Fakhri Hermansyah

TEMPO.CO, Jakarta – Permasalahan sampah menjadi isu global yang mengkhawatirkan seiring perkembangan zaman di era modern. Gaya hidup modernitas membuat penggunaan plastik semakin meningkat. Namun, pemakaian produk plastik yang semakin bertambah ini tidak dibarengi dengan manajemen pengelolaan sampah plastik yang sesuai. Akibatnya, kondisi ini memperburuk jumlah sampah plastik di dunia. Negara-negara berikut merupakan penghasil sampah plastik terbesar di laut.

India
Sebagaimana dilansir dari laman euronews.com, pada 2020, India menjadi negara terburuk penghasil sampah plastik di lautan. Setidaknya, India menghasilkan 126,5 juta kilo sampah plastik pertahunnya. Berat sampah plastik di India setara dengan 250 ribu lumba-lumba hidung botol.

Cina
Dilansir laman binus.ac.id, penghasil sampah plastik terbesar di laut berikutnya dipegang oleh negara tirai bambu. Cina setidaknya menghasilkan 70,7 juta kilogram sampah plastik pertahunnya yang menyumbat laut secara global.

Indonesia
Peringkat tiga sebagai negara yang menghasilkan sampah plastik terbesar di dunia diduduki oleh Indonesia. Dijelaskan dalam laman indonesia.go.id, pada 2020, Indonesia menghasilkan sampah plastik sebanyak 67,8 juta ton atau terdapat 185.753 ton sampah setiap harinya dihasilkan oleh 270 juta penduduk. Melansir laman forbes.com, Indonesia menghasilkan sampah plastik di laut sebanyak 56,3 juta kilogram, bahkan Sungai Citarum dinobatkan sebagai sungai paling tercemar di dunia.

Amerika Serikat
Amerika Serikat turut menyumbang sebahai negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Pada 2018, sampah plastik menyumbang sebanyak 12 persen dari 292 juta ton limbah padat perkotaan di AS, dengan total sekitar 35,7 juta ton. Hal itu menjadikan AS menempati peringat ketiga di antara negara-negara pesisir yang membuah sampah plastik ke laut secara ilegal, sebagaimana dijelaskan laman nationalgeographic.com

Brasil
Laporan terbaru World Wildlife Fund (WWF) menyatakan bahwa Brazil adalah produsen sampah plastik terbesar keempat di dunia. Setidaknya, sebanyak 38 kilogram sampah plastik dihasilkan oleh negara yang memiliki Hutan Amazon ini.
sumber: tempo

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *