MOBIL TOYOTA BUAYA TAHUN 70-AN YANG MASIH GAHAR ANGKUT BATU 12 TON DI GUNUNG

Merdeka.com – Bagi para pecinta otomotif mungkin sudah tidak asing lagi dengan mobil Toyota A-Series. Kendaraan jenis truk berat ini sempat jadi primadona pada era 70-an.

Mobil pabrikan asal Jepang ini juga dikenal dengan nama Toyota Buaya. Julukan itu berasal dari moncong depannya yang mirip seperti binatang predator tersebut.

Meski tergolong kendaraan lawas, mobil Toyota Buaya rupanya masih eksis dipakai untuk mengangkut batu seberat 12 ton oleh masyarakat di Padalarang. Hal tersebut seperti yang terlihat dalam video di kanal Youtube TJAP KALENG ROMBENG. Intip potretnya:

Mobil Toyota Buaya

Toyota Buaya dulunya merupakan jenis mobil yang sempat jadi primadona di tahun 70-an. Selain tampilannya yang gahar, mobil jenis ini juga memiliki spesifikasi mesin yang sangat bagus di masa tahun populernya.

Toyota Buaya juga merupakan truk serba bisa. Sebab, mobil ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pemakai, seperti menjadi truk tangki, truk peti kemas, juga bisa digunakan untuk mengangkut hasil pertanian.

Ada dua tipe Toyota A-SeriesĀ  yang pernah dikeluarkan, pertama Toyota FA100 dengan mesin bensin 6 silinder berkapasitas 3.878cc dan 4.230cc. Kedua adalah tipe DA100 yang menggunakan mesin diesel 6 silinder inline berkapasitas 6.494cc.

Melansir dari lamanĀ otosia, disebutkan jika mesin DA100 pada Toyota Buaya dapat menyemburkan tenaga sebesar 100 Ps pada 2.800 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 45 kg-m pada 1.400 rpm. Kemudian, kecepatan maksimum dari Toyota Buaya ini mencapai 90 km/jam.

Potret Gaharnya Mobil Toyota Buaya Digunakan Angkut Batu

Melansir dari video yang diunggah di kanal Youtube TJAP KALENG ROMBENG, membagikan video yang merekam potret mobil Toyota Buaya saat tengah membawa muatan di area tambang batu.

Meski tampilan luar dari mobil tersebut kini sudah tak sebagus kendaraan keluaran terbaru, nyatanya mobil lawas itu masih bisa digunakan untuk membawa muatan batu seberat 12 ton.

“Ayo ikuti perjalannya (mobil) lagi isi batu beratnya sampai 12 ton. Inilah perjuangan mobil-mobil tua yang suka bawa batu di daerah Padalarang,” kata sopir truk dalam video.

Meski tergolong kendaraan lawas, mobil ini masih sanggup membawa berton-ton batu melewati jalanan berbatu yang menanjak.

“Nanti lihat mobil ini (Toyota Buaya) di jalan-jalan berbatu. Pokoknya bener-bener amazing mobil ini luar biasa,” tambah sopir truk.(mdk/khu)
sumber: merdeka

This entry was posted in Berita, Informasi Mobil dan Motor, Mobil dan Motor. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *