SABAM SIRAIT DIMAKAMKAN SECARA MILITER DI TMP KALIBATA

Jakarta, CNN Indonesia — Jenazah politikus senior PDI-Perjuangan Sabam Sirait dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (3/10).

Dari hasil pantauan prosesi pemakaman yang disiarkan secara virtual, Ketua MPR Bambang Soesatyo menjadi Inspektur Upacara proses pemakaman tersebut.

Pukul 17.26 WIB, terlihat sejumlah anggota TNI mulai menurunkan peti jenazah Sabam. Anggota TNI lain kemudian menembakkan senjata sebagai tanda penghormatan.

Dalam proses pemakaman ini terlihat turut hadir sejumlah tokoh, di antaranya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Sebelum dimakamkan, jenazah Sabam sempat dibawa ke Gedung DPR untuk diberikan penghormatan terakhir. Tercatat, sebelum meninggal, Sabam merupakan anggota DPD RI periode 2019-2024.

Wakil Ketua DPD Mahyudin dalam sambutannya mengatakan, DPD kehilangan sosok Sabam yang kritis dan bijaksana. Menurutny, selama di DPD, almarhum Sabam selalu konsisten dan menunjukkan dedikasi serta komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

“Almarhum Bapak Sabam Sirait merupakan figur yang sangat bijaksana, kritis, pengayom, dan teguh memegang prinsip serta tegas dalam bertindak, disiplin melaksanakan tugas dan merupakan seorang politikus senior serta negarawan sejati yang senantiasa melaksanakan fungsinya sebagai wakil rakyat,” kata Mahyudin.

Sabam Sirait sebelumnya meninggal dunia di RS Siloam Karawaci pada Rabu, 29 September 2021 pukul 22.37 WIB. Sabam yang juga pendiri PDIP itu meninggal dunia di usia 85 tahun.(dmi/arh)
sumber: cnnindonesia.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *