PEREMPUAN YAHUDI YAMAN

Oleh Prof. Sumanto Al Qurtuby

Ini adalah foto keluarga Aaron Joseph Zindani, sebuah keluarga Yahudi Yaman (al-Yahud al-Yaman). Di Yaman ada sekelompok Yahudi yang tinggal di kawasan Sanaa dan Amran. Sebelum Islam menaklukkan Yaman, Yahudi pernah menguasai kawasan Semenanjung Arabia bagian selatan ini dan mendirikan Kerajaan Himyar (Mamlakah Himyar) selama lebih dari lima abad. Jadi tidak heran kalau sisa-sisa mereka masih ada hingga kini. Pada saat inilah, banyak suku-suku Arab yang mengalami “Yahudisasi”.

Yang menarik dari kelompok Arab Yaman Yahudi ini adalah kaum perempuannya yang juga mengenakan hijab dan bahkan ada yang mengenakan cadar (niqab/burqa). Sudah tentu mereka juga berbahasa Arab sebagai bahasa komunikasi mereka sehari-hari. Yahudi Yaman bukan satu-satunya kelompok Yahudi yang berhijab/bercadar, ada sejumlah kelompok lain seperti Yahudi Heredi Burqa, Yahudi Lev Tahor, Yahudi Etiopia (Beta Israel), dlsb juga mengenakan pakaian yang sama.

Jika sebagain umat Islam di Indonesia mengklaim busana hijab dan cadar adalah “properti Islam”, maka kelompok Yahudi ini mengklaim hijab dan cadar adalah “properti Yahudi” bukan “properti Islam”. Menurut mereka, seorang perempuan Yahudi yang taat dan saleh harus berhijab.

Silakan direnungkan kembali, apa makna semua ini, saya mau ngajar dulu. Hari ini murid-murid Arabku mau presentasi sejumlah kelompok Kristen dan Yahudi. saya update inponya cin, nggak usah khawatir apalagi mewek kayak habis kalah main togel.

==================
Jika ingin mengoleksi buku-buku Karya Prof. Sumanto bisa dipesan disini
🛒https://bit.ly/Order_buku_Prof_Sumanto

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *