STANDAR HARGA DALAM PEMERIKSAAN SWAB RT-PCR DI FASYANKES

Kementerian Kesehatan menetapkan standar harga dalam pemeriksaan Swab RT-PCR di fasyankes sebesar Rp 494.000 untuk Pulau Jawa dan Bali serta Rp 525.000 untuk luar Pulau Jawa dan Bali dengan hasil pemeriksaan keluar maksimal 1×24 jam sejak pengambilan swab.

Adapun sesuai Surat Edaran Dirjen Pelayanan Kesehatan No HK.02.02/I/2845/2021 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Swab-RT PCR, terjadi penurunan harga sebesar 45% dibandingkan sebelumnya. Hal Ini menempatkan harga RT-PCR di Indonesia menjadi yang termurah kedua di ASEAN setelah Vietnam.

Penetapan batasan tarif tertinggi ini berdasarkan hasil evaluasi pemerintah dengan mempertimbangkan komponen jasa pelayanan, komponen bahan habis pakai dan reagen, komponen biaya administrasi, dan komponen biaya lainnya.

Harapannya dengan harga yang lebih terjangkau dapat meningkatkan pengujian (testing) kasus COVID-19 sebagai bagian dari kegiatan memutus mata rantai penularan COVID-19.

Besaran tarif tertinggi hanya berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan Swab-RT PCR atas permintaan sendiri dan tidak berlaku untuk kegiatan contact tracing atau rujukan kasus ke RS.

Kebijakan ini berlaku mulai 17 Agustus 2021. Seluruh fasilitas pelayanan kesehatan diimbau untuk mengikuti ketetapan tersebut.

sumber: Kementrian Kesehatan RI

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *