MELANDAI, APAKAH DKI JAKARTA SUDAH ‘BERSIH’ DARI COVID-19

Jakarta, CNBC Indonesia –┬áKasus konfirmasi positif Covid-19 di DKI Jakarta per 15 Agustus 2021 mencapai 840.442 kasus. Dari angka tersebut sebanyak 817.764 sudah sembuh.

Sehingga, jumlah kasus Covid-19 aktif di DKI Jakarta saat ini mencapai 9.656 kasus (yang masih dirawat/isolasi).

Tingkat kesembuhan di DKI Jakarta mencapai 97,3% dan tercatat 13.022 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,5%.

Sementara, positivity rate dan tingkat kematian di DKI Jakarta ini jauh di bawah nasional. Untuk informasi di tingkat nasional positivity rate mencapai 15% sedangkan DKI Jakarta 7,7% sedangkan kematian tingkat nasional 3,1%.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras begitu banyak pihak dan dengan dukungan kedisiplinan begitu banyak warga Jakarta, kita semua berhasil menurunkan kurva kasus aktif kembali ke bawah 10 ribu dalam waktu kurang dari satu bulan sejak puncak gelombang kedua (pada awal Juli 2021). Kasus aktif bisa turun signifikan karena kita semua bisa menekan penambahan kasus baru,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Puncak penambahan kasus baru harian terjadi pada 12 Juli 2021 dengan angka 14 ribu lebih kasus. Kini, tepat sebulan kemudian, penambahan kasus baru harian turun hinga 1/14-nya. Hal itu juga dikarenakan pengawasan pelaksanaan PPKM level 4 secara ketat oleh seluruh jajaran, mulai dari Forkopimda, aparat wilayah, dipadukan dengan kecepatan melacak warga yang terinfeksi agar cepat diisolasi, mampu menurunkan laju kasus baru harian secara tajam mempengaruhi laju penularan.

“Artinya pandemi melandai, tapi belum benar-benar terus berkurang ke depannya. Masih ada risiko putar balik atau naik lagi, bila mobilitas penduduk Jakarta tiba-tiba kembali tinggi. Ini tentu harus kita jaga. Momentum penurunan nilai Rt harus terus dilanjutkan,” terang Anies.(dru)
sumber: cnbc

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *