KRONOLOGI PEMBUNUHAN 4 PETANI DI POSO OLEH KELOMPOK TERORIS MIT

Kelompok Teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), membunuh 4 orang warga di Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Selasa (11/5) pagi. Keempat warga tersebut merupakan petani di desa setempat.

“Benar, kejadiannya tadi pagi Selasa (11/5), sekitar pukul 07.30 WITA. Awalnya, Satgas Madago Raya temukan 2 orang. Selanjutnya dalam penyisiran ditemukan lagi 2 orang, dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, dihubungi media ini, Selasa (11/5).

Didik mengatakan, untuk dua korban lainnya ditemukan jarak sekitar 200 meter dari lokasi pertama ditemukannya 2 korban. Dengan inisial korban masing-masing MS (52), SS (61), P dan L.

Berikut kronologi aksi pembunuhan MIT di Poso kepada petani yang dihimpun Tim PaluPoso:

Suasana warga di lokasi sekitar pembunuhan petani di Poso, Sulawesi Tengah, Selasa 11 Mei 2021. Foto: Tim PaluPoso

Pukul 07.00 WITA

Saksi yang merupakan warga Desa Kalimago berangkat ke kebun. Sebelum tiba di kebunnya, saksi melihat anggota MIT yang dipimpin Qatar bersama 4 orang lainnya mengarah ke kebun saksi.

Karena saksi hafal wajah Qatar, kelompok MIT Poso itu, maka ia langsung melarikan diri. Kemudian sempat singgah di Pondok salah satu korban untuk mengajak lari, namun dijawab oleh salah satu korban tidak usah lari itu bukan MIT. Itu paling aparat.

Pukul 09.00 WITA

Saksi tiba di Desa Kalimago, langsung menyampaikan kepada warga kemudian warga langsung menghubungi petugas di wilayah setempat. Kemudian petugas yang ada di wilayah setempat langsung merapat ke TKP dan menghubungi Satgas Madago Raya yang ada di wilayah Napu.

Pukul 10.00 WITA

Petugas ditemani warga merapat ke TKP dan sampai di kawasan perkebunan warga korban MIT, terdapat satu motor Vega R milik saksi, yang rencananya diduga akan dibakar oleh kelompok MIT.

Pukul 11.00 WITA

2 orang anggota Densus 88, bersama satu orang anggota Polsek Napu didampingi warga mengecek Pondok milik korban MS dan mendapati Korban MS dengan luka kepala terpisah dengan badan di dalam pondok kebunnya. Dan korban lainnya inisial SS terdapat tergeletak di depan pondok kebun dengan luka digorok di leher tidak putus.

Pukul 11.20 WITA

Pasukan gabungan TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Madago Raya tiba di TKP dan masuk menutup jalan yang di perkirakan dilewati oleh kelompok MIT tersebut.

Pukul 13.40 WITA

Helikopter milik TNI tiba di TKP untuk mengevakuasi Korban di Perkebunan Puho, pondok perkebunan korban SS.

Pukul 13.45 WITA

Proses evakuasi korban selesai menuju lapangan bola Desa Kalimago.
sumber: kumparan

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *