KEMENKES KLARIFIKASI MUTASI VIRUS YANG MASUK INDONESIA VARIAN B117, BUKAN 1627

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengklarifikasi bahwa 10 kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Indonesia baru-baru ini merupakan penularan dari varian baru B117. Mutasi ganda B1617 dari India disebut belum ditemukan di Indonesia hingga saat ini.

“Pak Menkes cerita B117 yang sudah ditemukan, bukan (B1617),” ujar Nadia lewat pesan singkat, Senin, 26 April 2021.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya menyebut varian baru mutasi  yang diperkirakan menjadi pemicu terjadinya lonjakan kasus di India, juga sudah masuk ke Indonesia. Total, saat ini ada 10 orang yang terinfeksi.

“Mengenai penyebab pertama bahwa mutasi virus baru meningkatkan kasus di India, virus itu udah masuk juga di Indonesia. Ada 10 orang yang sudah terkena virus tersebut,” ujar Budi dalam konferensi pers daring, Senin 26 April 2021.

Namun, Budi tidak merinci varian mutasi virus yang menginfeksi 10 orang ini. Diketahui, di antaranya
ada dua mutasi baru yang memicu lonjakan kasus di India, yakni varian B117 asal Inggris dan varian lokal B1617 yang bermutasi ganda. 

Adapun varian B117 asal Inggris sudah diumumkan masuk ke Indonesia sejak Maret lalu. Hingga awal April lalu, diumumkan temuan 10 kasus.
sumber: tempo

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *