PENGUNGSI BANJIR BANDANG DI LEMBATA NTT KEKURANGAN BANTUAN

TEMPO.CO, Jakarta – Kabupaten Lembata di Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu daerah yang terdampak banjir bandang di NTT pada Ahad, 4 April 2021.

“Untuk saat ini bantuan belum ada sama sekali karena terhambat kondisi laut. Setahu saya belum ada kapal masuk dari luar,” ujar Noni, salah satu relawan dari Yayasan Plan Indonesia, yang ada di lokasi kejadian, saat dihubungi Tempo, Senin, 5 April 2021.

Noni mengatakan saat ini, bantuan masih bertumpu pada uluran tangan masyarakat sekitar dan keluarga korban yang tak ikut terdampak bencana banjir.

Para pengungsi, saat ini lebih banyak dipusatkan di Kantor Lurah di Lewoleba, dan Kantor Camat Ile Ape.

Para pengungsi, kata dia, membutuhkan bantuan makanan dan minuman. Selain itu, yang juga darurat dibutuhkan adalah pakaian layak pakai untuk anak-anak. Termasuk bagi anak perempuan pakaian dalam, pembalut, selimut, tikar, hingga alat tidur. “Karena mereka tidur di lantai saja dengan alat tidur seadanya,” kata Noni.

Noni mengatakan banjir bandang terjadi pada dini hari waktu setempat. Cuaca ekstrim membuat banjir melanda daerah di pulau tersebut. Wilayah yang paling parah terdampak, ada di pesisir pantai yang berada di bawah bukit Gunung Ile Lewotolok yang baru saja erupsi pada November 2020 lalu.

Banjir bandang akhirnya membawa sebagian bebatuan besar dari bukit ke arah pemukiman warga. Menurut Noni, hal ini lah yang membuat wilayah tersebut hancur.

“Ada sebagian masyarakat mengira itu bunyi dari gunung itu. Selama ini kan gempa tektoniknya kan sering. Jadi banyak batu-batuan di kaki gunung sudah ga kuat dan sangat rawan tanahnya. Makanya ada yang bilang ini lahar dingin, ada yang bilang banjir bandang.” kata Noni.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumumkan data korban jiwa bencana alam di NTT per Ahad petang sebanyak 41 orang. Jumlah korban masih terus bertambah seiring pencarian yang masih dilakukan.
sumber: tempo

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *