VAKSIN ASTRAZENECA DIGUNAKAN, KETUA MUI JATIM PENERIMA SUNTIKAN PERDANA

TEMPO.CO, Jakarta – Vaksin AstraZeneca sudah mulai digunakan dalam program vaksinasi Covid-19. Suntikan perdana dilakukan salah satunya kepada Ketua MUI Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil.

“Saya divaksin AstraZeneca. Ayo seluruh umat Islam jangan ragu-ragu. Vaksinasi hukumnya wajib,” kata Hasan dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Selasa, 23 Maret 2021.

Berbeda dengan MUI Pusat, Ketua MUI Jawa Timur itu sependapat dengan PWNU Jawa Timur yang menyatakan vaksin AstraZeneca halal. Alasannya, PWNU Jatim menilai tripsin yang merupakan enzim babi hanya digunakan sebagai katalis untuk pengembangbiakan virus corona. Unsur najis itu tidak dicampurkan, sehingga para kiai NU sepakat bahwa vaksin AstraZeneca suci.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi sikap MUI dan para kiai di Jawa Timur tersebut. Jokowi juga meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi menggunakan vaksin Covid-19 AstraZeneca di sejumlah kabupaten di Jawa Timur, kemarin.

Beberapa lokasi vaksinasi Covid-19 yang dipersiapkan di antaranya, Kabupaten Sidoarjo, seperti di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, RSUD Sidoarjo, 18 puskesmas dan 10 rumah sakit swasta rujukan Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi menggunakan Vaksin AstraZeneca di Kabupaten Jombang selain bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang, juga akan dilaksanakan serentak di seluruh Puskesmas di Kabupaten Jombang
sumber: tempo

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *